Mengubah Nektar Jadi Madu

Nektar Madu Lebah

Nektar dan Madu

Secara sederhana nektar adalah cairan yang berasal dari sari bunga tanaman/pohon. Nektar ini memiliki komposisi kimia yang berbeda-beda yang juga dipengaruhi oleh lingkungan/tempat hidup tanaman/pohon tersebut. Dan nektar ini secara alami hanya dapat di ambil oleh lebah atau serangga lain (kupu,semut,dll) di musim bunga.

Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah dengan komposisi/kandungan tertentu dengan bahan dasar adalah nektar. Madu dapat memiliki rasa, aroma beranekaragam sesuai dengan sumber asal nektar bunganya sebagai bahan baku dasar madu oleh lebah.

Zat Yang Mengubah Nektar Jadi Madu

zat pengubah nektar jadi madu oleh lebahNektar bunga rata-rata manis (ada kandungan zat gula). Kemudian zat apa yang merubah nektar menjadi madu?

Zat khusus pada lebah yang berfungsi dalam proses pemecahan gula adalah cairan saliva lebah (semacam air ludah lebah) yang mengandung enzim-enzim hidrolase. Enzim invertase yang ditambahkan oleh lebah pekerja ketika meminum (menghisap nektar) dan memuntahkan kembali “nektar” ke sarang. Cairan saliva lebah ini berfungsi untuk mengubah sukrosa menjadi dekstrosa ( gukosa ) dan levulosa( fruktosa ).

Macam Nama Madu Sesuai Nektar-nya

Pada saat ini masyarakat umum lebih mengenal Madu Arab, Madu Yaman, Madu Kalimantan atau Madu Sumbawa. Padahal mutu dan kualitas madu sangat tergantung pada asal nektar bunga yang dimacam nama madu sesuai asal nektarhisap oleh lebah. Sehingga penamaan yang lazim dikenal saat ini adalah bukan hanya lagi dari asal tempat diproduksinya madu oleh lebah madu seperti yang disebutkan diatas.

Tetapi dari asal nektar juga mempengaruhi seperti ; Madu Bunga Randu ( Ceiba petandra ), Madu Bunga Kopi ( Coffea arabica ), Madu Bunga Klengkeng ( Euphoria longana sp ), Madu Bunga Rambutan ( Nephelium lappaceum ), Madu Aneka jenis bunga atau multiflora ( Mix Flower ), Madu Bunga Durian ( Durio sp ), Madu Bunga Kelapa ( Cocos nucifera ),dan lain-lain.

Berdasarkan dari sumber asal bunga ( nektar ), maka madu dapat di bagi menjadi dua yaitu madu monofloral ( dari satu jenis asal nektar atau dominan dari satu jenis asal nektar tumbuhan tertentu, biasanya ada pada madu ternak dari lebah ternak ) dan madu multifloral ( dari berbagai sumber asal nektar dan biasanya ada pada madu hutan dari lebah hutan ( Apis dorsata )).

Sekilas Lebah Mengubah Nektar Jadi Madu

Proses pembuatan madu oleh lebah adalah tahapan-tahapan perubahan nektar hingga menjadi madu (yang siap konsumsi). Masing-masing madu dari aneka jenis tumbuhan tersebut biasa dihasilkan oleh lebah ternak yang memiliki aroma yang khas dan khasiat yang berbeda-beda. Saat ini ada sekitar tujuh spesies lebah madu yang dikenal dengan sekitar 44 subspesies. Semua spesies ini termasuk dalam genus Apis.

Mereka memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Selain itu mereka juga membuat sarang dari lilin, yang dihasilkan oleh para lebah pekerja di koloni lebah madu.

Untuk memproduksi madu satu kilogram saja, seekor lebah harus mengangkut muatan 120.000 sampai 150.000 kali. Seandainya, jarak bunga dengan sarang lebah sejauh 1,5 km, lebah tersebut harus terbang 3 km untuk tiap kali muatan, dan untuk 1 kilo gram madu akan ditempuh 360.000 sampai 450.000 km. Hal ini berarti 8,5 sampai 11 kali garis tengah bumi.

Artikel Terkait :

Related posts