Tip Hilangkan Mual Ketika Hamil Dengan Cepat Mudah Murah

Tip Hilangkan Mual Ketika Hamil Dengan Cepat Mudah Murah

Perasaan mual ketika hamil biasa terjadi dimasa awal kehamilan. Dan hampir semua ibu yang pernah hamil pernah mengalami mual-mual (rasa ingin muntah). Mual (morning sickness) dialami oleh sebanyak 70% dari seluruh ibu hamil. Mual dan muntah pada trimester pertama masa kehamilan menjadi gangguan juga. Dalam kasus yang berat morning sickness dapat menyebabkan penurunan berat badan, malnutrisi atau komplikasi kesehatan yang serius, sehingga dapat memengaruhi perkembangan janin.

Memang saat hamil muda sampai kehamilan berumur tiga bulan, ibu hamil masih mengalami kerawanan. Janin masih sangat rentan untuk gugur, oleh sebab itulah saat hamil muda ibu hamil harus menjaga kehamilannya. Tidak hanya janin yang rentan untuk gugur, ibu hamil mudah mengalami mual dan muntah. Ibu hamil indera penciumannya lebih peka, rasa mual mudah timbul jika ibu hamil mencium sesuatu yang menusuk penciumannya.

Sebab Mual Ketika Hamil

Sedikitnya ada lima alasan mengapa ibu hamil mengalami mual-mual dan ingin muntah. Beberapa diantaranya adalah:

1.Hormon Meningkat

Penyebab asam lambung bisa naik dan kambuh sewaktu-waktu dikarenakan hormon di dalam tubuh meningkat. Hormon yang meningkat itu adalah hormon estrogen. Hormon ini sangat mempengaruhi kondisi asam lambung seseorang. Saat asam lambung meningkat maka timbullah rasa mual. Hormon estrogen akan banyak dikeluarkan saat pagi hari, oleh sebab itulah banyak ibu hamil yang merasakan mual saat pagi hari. Ibu hamil yang tidak memiliki asam lambung, biasanya dia tidak akan mengalami mual dan muntah di pagi hari.

2.Hormon HCG

HCG merupakan hormon yang bisa mendeteksi kehamilan seseorang. Berikut ini hal-hal yang berhubungan dengan HCG :

Saat tes urin, testpack akan mengidentifikasi adanya hormon HCG di dalam rahim.

Jika hormon HCG di dalam rahim telah terbentuk, maka hasilnya akan positif. Jika tidak, hasilnya akan negatif.

HCG adalah hormon yang diciptakan oleh plasenta atau ari-ari bayi.

Sebelum janin terbentuk, ari-ari bayi terbentuk terlebih dahulu. Hormon yang dihasilkan oleh plasenta bisa menimbulkan perubahan di dalam rahim ibu.

Perubahan itulah yang menyebabkan tanda kehamilan, yang menyebabkan ibu hamil muda menjadi mual.

3.Metabolisme Berubah

Di dalam tubuh seseorang, sering terjadi metabolisme. Metabolisme di dalam tubuh bisa mempengaruhi sistem imun tubuh. Begitu pula saat hamil muda, metabolisme di dalam tubuh berubah. Metabolisme terjadi lebih lambat dibandingkan sebelum terjadinya kehamilan. Hal itulah yang menyebabkan seseorang terkena mual dan muntah.

4.Pencernaan Terdesak

Ada yang mual saat kehamilan muda, namun ada juga rasa mual yang ditimbulkan saat kehamilan justru sudah membesar. Saat hamil besar dan baru merasakan mual, penyebabnya adalah perkembangan janin yang mendesak organ pencernaan dan saluran cerna. Saluran cerna dan organ pencernaan semakin terdesak karena memberikan ruang kepada janin untuk tumbuh dan berkembang.

5.Psikologis

Faktor yang berpengaruh terhadap mual ibu hamil adalah psikologis. Perasaan tertekan dan belum siap memiliki momongan menjadi pemicu utama ibu hamil merasakan mual.

Tip Atasi & Hilangkan Mual Saat Hamil

Hilangkan Mual Ketika Hamil Dengan Ramuan Herbal Alami

Minuman tertentu juga bisa bermanfaat untuk mengatasi bahkan menghilangkan rasa mual. Minuman yang bermanfaat untuk mengatasi rasa mual adalah sebagai berikut ini :

  • Jahe hangat plus madu. Saat mual, banyak pihak medis maupun non medis yang menyuruh ibu hamil untuk mengkonsumsi minuman jahe. Jahe mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk mengatasi rasa mual. Zat itu membuat bau jahe khas dan terasa hangat di perut. Sebelum meminum jahe hangat plus madu, ciumlah dulu aromanya yang segar. Aroma jahe bisa membuat tubuh dan pikiran rileks, stamina terjaga, asupan energi tercukupi dari madu.
  • Teh daun mint ditambah madu asli. Teh dengan kandungan mint di dalamnya bisa mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Mint mengandung menthol, menthol rasanya dingin. Sama halnya dengan buah-buahan dingin, rasa dingin pada menthol lebih bisa diterima usus dibandingkan dengan teh dengan rasa biasa.  Manfaat madu plus daun mint selain itu juga bagus untuk kesehatan hati (liver)
  • Madu Air hangat dengan perasan lemon. Air hangat dengan perasan lemon bisa membuat rasa mual teratasi. Air hangat lebih bisa diterima oleh usus dibandingkan air putih dingin. Dicampurkan dengan lemon yang mengandung vitamin C, rasa mual yang dialami akan segera hilang. Madu dan Lemon memang banyak manfaatnya.

Atasi Mual Dengan Langkah Ini

  1. Ketika bangun dari tidur, Jangan langsung beranjak dari tempat tidur, tetapi tenangkan diri dulu baru bangun secara berlahan-lahan.
  2. Hiruplah udara pagi hari yang segar agar lebih santai
  3. Makan dengan cara sedikit demi sedikit
  4. Hindari makanan yang menimbulkan gas seperti; Kol,Nangka,Durian,dll
  5. Cukup minum air
  6. Hindari stress . Stress merupakan aktivitas berbahaya untuk ibu hamil yang bisa membuatnya cepat mual dan muntah. Penyebabnya adalah :
    • Saat stress, mental dan psikis ibu hamil terganggu.
    • Psikis yang terganggu bisa membuat ibu hamil mudah mengalami lelah.
    • Lelah bisa membuat ibu hamil cepat merasakan mual.
    • Psikis yang kacau dan terganggu akan berpengaruh pada syarat otak. Syaraf otak akan tegang dan berpengaruh pada sistem syaraf yang dibawahinya termasuk syaraf perut dan usus.
  7. Hindari bau-bauan yang menyengat sehingga memicu rasa mual.

Itulah Tip Hilangkan Mual Ketika Hamil Dengan Cepat Mudah Murah, semoga berguna.

Artikel Terkait :

Related posts