Ternak Lebah Madu Budi Daya

PENGERTIAN/ARTI KATA “TERNAK LEBAH”

Ternak lebah (atau apikultur, dari bahasa Latin apis, lebah) adalah perawatan koloni lebah madu yang menetap di sarangnya oleh manusia. Seorang peternak lebah (atau apiaris) beternak lebah untuk mengumpulkan madu dan produk-produk lain dari sarangnya (termasuk lilin lebah, propolis, pollen, dan royal jelly), memolinasi ladang, atau menghasilkan lebah untuk dijual ke peternak lainnya. Tempat lebah diternakkan disebut apiari atau “ladang lebah”.

JENIS-JENIS LEBAH TERNAK YANG DI BUDI DAYAKAN

Pilihan Lebah Ternak

Apis Cerana-Jenis-Lebah-Ternak-AsiaBagi yang ingin memulai usaha ternak lebah madu budi daya, ada beragam jenis lebah madu yang layak dibudidayakan. Ternak lebah madu budi daya dapat menjadi pekerjaan yang baik dan menyenenagkan jika anda memiliki dasar pengetahuan yang memadai untuk ternak lebah madu budi daya.

Ada standart minimal yang harus dipenuhi oleh calon petani/peternak sebelum memulai usaha ternak lebah madu budidaya. Jenis-jenis lebah madu budi daya ada cukup banyak.

Jenis Lebah Sesuai Asal

Jenis-jenis lebah sesuai asal-usul penyebaran ada 4 diantaranya lebah dari jenis lebah hutan (Apis dorsata), lebah lokal (Apis cerana), lebah klanceng (Apis florea) dan lebah unggul (Apis mellifera). Untuk di ternak maka jenis lebah unggul, sesuai namanya, yang paling disenangi pasar.

Jenis ini lebih produktif dibandingkan lebah lokal, juga lebih jinak. Racun pada sengatnya sangat cocok untuk pengobatan berbagai penyakit. Lebah yang dibudidayakan oleh kebanyakan peternak di dunia ini, awalnya, berasal dari daratan Eropa. Lebah hutan (Apis dorsata) hingga, saat ini belum dapat diternak karena karakter lebah hutan sendiri yang sulit dan agresif.

CARA TERNAK LEBAH BUDIDAYA AGAR KEUNTUNGAN OPTIMAL

Apis-mellifera-jenis-lebah-ternak-eropa-baratDalam beternak lebah madu agar menghasilkan keuntungan yang optimal, seorang peternak lebah madu harus mempunyai minimal 100 kotak koloni lebah madu budi daya.

Bagaimana cara ternak lebah budidaya agar keuntungan optimal / maksimal? Modal utama yang diperlukan dalam beternak lebah madu adalah pengetahuan dasar dalam beternak lebah madu budi daya.

Cara memperoleh ilmu pengetahuan tentang ternak lebah madu budi daya bisa anda peroleh dari :

  1. Membaca buku-buku beternak lebah madu budi daya
  2. Ikut forum diskusi dan seminar tentang ternak lebah madu budi daya
  3. Kursus dan atau ikut pelatihan ternak lebah madu budi daya
  4. Menjadi anggota kelompok tani lebah madu ternak
  5. Magang /  Menjadi karyawan dahulu sebagai peternak lebah

Adapun investasi modal tetap yang diperlukan dalam kegiatan budidaya lebah madu selama beberapa periode pemanenan adalah alat-alat produksi dan koloni lebah madu minimal 40 kotak, meskipun idealnya adalah 100 kotak koloni lebah madu. Peternak lebah madu di pulau Jawa, umumnya, menggembalakan lebah madu ke perkebunan karet, kapuk, rambutan, lengkeng, mangga, kopi, dan duwet, sehingga dihasilkan madu berdasarkan spesifikasi jenis bunga.

Pengetahuan dan Pengalaman di dalam beternak lebah madu (budidaya lebah) sangat menentukan kemajuan usaha Anda dan menentukan Produk Madu yang dihasilkan. Untuk dapat menghaslkan produk madu yang berkualitas dan terjaga (madu ternak murni mentah alami) maka, konsistensi-idelisme-pengetahaun dan kesabaran akan sangat membantu.


Daftar Pustaka :

Artikel Terkait :

Related posts