Sifat Antibakteri Madu Asli Lebah

Madu adalah makanan dan atau minum yang dihasilkan oleh lebah dengan kandungan sifat antibakteri. Penelitian-penelitian tentang madu yang bermanfaat sebagai antibakteri sudah banyak dihasilkan dan dipublikasikan, tetapi jelas masih dan akan selalu tidak ada yang paham/mengerti semuannya.

Oleh sebab itu pembelajaran baik bersama/sendiri dan publikasi berkelanjutan adalah cara memahami akan sifat antibakteri madu asli lebah.

Berita madu  dengan sifat antibakteri (antimikroba) mulai banyak di dokumentasikan akan sifat penyembuhan madu di bagian awal abad ke-20.

Hal ini sempat berhenti dengan pengembangan antibiotik (kimia obat), tetapi baru-baru ini perkembangan resistensi terhadap antibiotik telah menyebabkan kebangkitan kembali kepentingan sifat antimikroba/antibakteri yang terkandung di dalam madu asli lebah.

Perbedaan Sifat Antibakteri Madu

Rahasia Sifat Antibakteri Madu Asli Lebah

Rahasia apa yang terdapat di dalam madu yang menjadikan madu memiliki sifat antibakteri alami ?

Agen antimikroba yang efektif di dalam madu mampu untuk mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Ternyata…oHh… ternyata agen antimikroba ini berisi enzim yang menghasilkan hidrogen peroksida yang diyakini menjadi alasan utama untuk aktivitas antimikroba dari madu.

Dengan demikian, madu adalah media perawatan alami yang berguna dan tepat untuk luka dan luka bakar. Luka, lecet dan luka bakar dapat tercakup dan tercukupi oleh kandungan zat-zat di dalam madu untuk mencegah bakteri memasuki luka dan mempercepat penyembuhan.

Madu juga dapat membantu mengobati jerawat ringan dengan menyerang bakteri yang menyebabkan radang pada kulit (kelenjar minyak) dan juga bermanfaat untuk melembabkan kulit untuk membantu peremajaan (antioksidan).

Kelebihan ; “Sifat Antibakteri Madu Asli Lebah” tidak membuat resistensi , jadi aman untuk konsumsi jangka panjang dan terus-menerus. Madu lebih efektif dan efisien merawat/mengobati luka bakar, lecet bahkan borok pada penderita diabetes.

Kadar Sifat Antibakteri Madu Asli Lebah

Jenis-jenis madu sangat berbeda-beda di dalam potensi antimikroba mereka, bervariasi dapat sebanyak hingga seratus kali lipat.

Contoh; seperti madu berasal dari semak Manuka, ditemukan dalam kelimpahan di Selandia Baru, mengklaim potensi tertinggi sifat antimikroba tersebut sesuai penelitian dari mereka yang kemudian mereka publikasikan pula.

Intinya dan secara umum semua madu asli lebah bersifat antibakteri, tetapi madu yang murni dan mentah akan lebih bagus-efektif-efisien untuk penggunaan dan pemanfaat fungsi sifat anti bakteri madu tersebut.

Demikian penjelasan singkat dari saya , semoga berguna bagi nusa dan bangsa. (by:*BN-AHN).

⇒ INFORMASI PRODUK MADU SILAHKAN HUBUNGI KAMI :

RumahMaduJogja.ComToko Online: Madu Murni Mentah Asli Lebah

Jl. Bantul, Mrisi 07/27, Tirtonirmolo, Kasihan,
Bantul, Yogyakarta – Indonesia
Phone:  +62-274-666-0880
HandPhone: +62-815-999-8042 (SMS/WA)

Artikel Terkait :

Related posts