Ramuan Pengobatan Madu Untuk Asma

CARA MENCEGAH ASMA DAN MEMBUAT RAMUAN PENGOBATAN MADU HERBAL UNTUK PENYAKIT ASMA

Pengertian Pengobatan Madu Untuk Asma

Asma adalah gangguan pernafasan yang bersifat alergis atau peka terhadap sesuatu yang masuk kedalam tubuh ( sistem organ pernafasan ) , seperti debu atau udara dingin. Penderita penyakit ini akan mengalami kesulitan bernafas dan rasa sesak dalam dada dan biasanya disertai dengan batuk ketika bernafas disertai bunyi yang tinggi tetapi terdengar menyempit (ngik-ngik atau ngok-ngok ) . Nama lain penyakit asma adalah bengek, mengi.

Asma ( dalam bahasa Yunani ásthma, “terengah” ) merupakan peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran napas yang bersifat reversibel, dan spasme bronkus. Gejala umum meliputi mengi, batuk, dada terasa berat, dan sesak napas. ( sumber:  http://id.wikipedia.org/wiki/Asma  )

Ramuan Pengobatan Madu Untuk Asma RumahMaduJogja

Ramuan pengobatan madu untuk asma adalah salah satu cara mudah murah alami untuk mencegah terjadinya asma dam terapi pengobatan alami penyakit asma dengan memanfaatkan beberapa ramuan herbal atau tanaman obat berkhasiat dengan madu murni mentah untuk meredakan, mempercepat kesembuhan penderita penyakit asma.

Penyebab Penyakit Asma

Pemicu atau penyebab kambuhnya penyakit asma adalah berupa kelelahan pikiran, kelelahan jasmani, perubahan lingkungan hidup yang tidak menentu seperti cuaca, kelembaban, temperatur, polusi udara, asap, terutama asap yang ditimbulkan rokok juga bau-bauan yang merangsang atau menyengat hidung penderita asma.

Asma ditandai dengan adanya episode berulang dari mengi, sesak napas, dada terasa berat, dan batuk. Dahak bisa saja terbentuk di paru-paru karena batuk tetapi sulit untuk dikeluarkan. Selama masa penyembuhan setelah serangan mungkin terbentuk apa yang disebut mirip nanah yang disebabkan oleh tingginya kandungan sel darah putih yang disebut eosinofil. Gejala biasanya memburuk pada waktu malam atau pagi hari atau sebagai respons terhadap kegiatan olah raga atau udara dingin. Pada sejumlah penderita asma ada yang jarang menunjukkan gejala, sebagai respons terhadap pemicu, sedangkan sejumlah penderita asma yang lain mungkin menunjukkan gejala yang nyata dan persisten.

(  sumber:  http://id.wikipedia.org/wiki/Asma  )

Gejala Penyakit Asma

Gejala penyakit asma diawali dengan kesulitan bernafas, rongga dada menggelembung, kelenjar ludah hanya sedikit menghasilkan sedikit air ludah yang sangat kental, penderita merasa lemah, kadang mukanya berubah menjadi kebiruan, dan penderita asma akut bisa sampai pingsan.

Apa yang sebaiknya dilakukan Penderita Asma ?

Untuk anda yang menderita asma sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini :

  1. Mandi dengan air hangat.
  2. Hindari tempat dingin atau udara dingin
  3. Jauhkan benda-benda yang dapat memicu atau menimbulkan asma.
  4. Jangan merokok
  5. Jangan minum minuman beralkohol dan es.
  6. Lakukan olah raga khusus pernafasan.

Ramuan Pengobatan Madu Untuk Asma

Bagaimana cara mengobati penyakit asma secara tradisional ?

Cara mengobati penyakit asma sebaiknya adalah dengan cara tradisional dan alami sebab obat tradisional penyakit asma mudah untuk dibuat dan cukup mudah diperoleh di lingkungan sekitar kita. Dan tentunya yang alami lebih baik dari selainnya. Khasiat Madu sebagai obat sudah tidak diragukan lagi. Riset atau penelitian tentang madu sudah banyak dilakukan dengan hasil yang memuaskan.

Ramuan pengobatan madu untuk merupakan pilihan tepat, sederhana, mudah, murah dengan efek samping minimal. Madu obat asma dibuat dengan dipadukan tumbuhan obat berkhasiat yang sudah banyak dikenal. Proses terapi madu memang memerlukan ketelitian dalam memilih dan membuat ramuan madu obat asma serta kesabaran untuk memperoleh hasil terapi madu yang relatif lama. Dengan fungsi madu yang sudah tidak diragukan lagi maka, terapi madu obat asma harus dilakukan dengan tertib,disiplin untuk hasil yang optimal. Lebih bagus lagi jika anda juga mengkonsultasikan dengan dokter, tabib atau sinshe terpercaya yang ahli dibidangnya.

Kemudian bagaimana khasiat madu sebagai obat terapi pada penderita asma ? Berikut ramuan jamu atau herbal tradisional dan madu asli untuk menyembuhkan dan mengobati penyakit asma  :

  • Ramuan Pertama Pengobatan Madu Untuk Asma

Bahan-bahan yang digunakan :

– 5 siung bawang putih ( bawang lanang jika ada )

– 1 sendok makan madu murni ( madu hutan jika ada )

Cara membuatnya :

Bawang putih yang sudah anda siapkan diiris kecil-kecil lalu direbus dengan 1 gelas air, dan biarkan menjadi 1 gelas air. Kemudian masukan madu ke dalam ramuan tersebut, lalu aduk hingga rata.

Cara menggunakanya :

Setelah ramuan jadi diminum sekaligus pada waktu pagi dan sore hari. Lakukan berturut-turut selama satu minggu atau sampai keadaan membaik ( sembuh ) .

  • Ramuan Kedua Pengobatan Madu Untuk Asma

Bahan-bahan yang digunakan :

– 25 gram temu lawak

– 10 gram jahe

– 10 daun jinten

– 10 daun tanjung

– 15 gram gula aren asli

– 5 gram kayu manis

Cara membuatnya :

Semua bahan yang telah dipersiapkan direbus menjadi satu dengan 1 liter air, dan biarkan hingga menjadi 1 liter.

Cara menggunakannya :

Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari dan setiap minum sebanyak 2 cangkir.

  • Ramuan Ketiga Pengobatan Madu Untuk Asma

Bahan-bahan yang digunakan :

– Kencur secukupnya

– 2 sendok makan madu ( tawon gong / hutan jika ada )

– 1 butir telur ayam kampung

– Jeruk nipis ( bukan jeruk lemon )

Cara membuatnya :

Kencur dicuci bersih, lalu di parut dan di peras. Hasil perasan kencur tersebut dicampur dengan madu murni asli lebah dan telur ayam ( ayam kampung atau organik lebih baik ) kemudian di kocok hingga merata .

Cara menggunakannya :

Setiap anda meminum ambil 1 gelas dicampur dengan madu asli dan air jeruk nipis . Diminum setiap sore atau malam hari sebelum anda tidur.

  • Ramuan Keempat Pengobatan Madu Untuk Asma

Bahan-bahan yang digunakan:

-Pare ukuran sedang 3 buah

– Madu 1-2 sendok makan

Cara Membuatnya:

Ambil buah pare, lalu cuci sampai bersih, setelah dicuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus, saringlah untuk diambil airnya. Tambahkan satu sampai dua sendok makan madu, dan diaduk hingga rata. Minum ramuan sehari satu kali secara rutin. Lakukan selama 3 bulan berturut-turut atau hingga sembuh.

Pencegahan Penyakit Asma

Setiap penderita penyakit asma, hendaknya mengetahui bagaimana cara-cara mencegah timbul, kambuhnya penyakit asma agar supaya penyakit tersebut paling tidak dapat lebih terkendali. Kesembuhan penderita asma tentu yang lebih diharapkan, tetapi pencegahan untuk mencegah penyakit asma agar tidak terjadi juga merupakan hal yang tidak kalah penting selama dalam proses terapi alami pengobatan penyakit asma.

Ada beberapa cara-cara sederhana untuk mencegah datangnya serangan penyakit asma, diantaranya adalah :

1. Menjaga Kesehatan Jiwa dan Raga Penderita Asma

Bagaimana cara-cara anda ( penderita asma ) memelihara kesehatan jiwa dan raga penderita asma  akan mempengaruhi intensitas serangan asma tersebut. Menjaga kesehatan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari usaha untuk pengobatan penyakit asma. Penderita asma akan lebih jarang kambuh atau terserang asma jika memiliki kesehatan yang prima. Cukup asupan nutrisi, gizi pada makanan dan minuman sangat dibutuhkan. Olahraga yang rutin, cukup dan teratur juga penting terutama olahraga latihan pernafasan. Istirahat yang cukup dan mencegah terjadinya stres dan faktor-faktor pemicu stres dan ketegangan pikiran karena seorang penderita asma sangat pikirannya tegang atau tidak relaks dapat membuat kinerja organ-organ tubuh terganggu sehingga, dapat memicu kambuhnya penyakit asma.

Banyak dan cukup meminum air putih akan membuat dan mencegah timbulnya dahak pada saluran pernafasan sehingga pernafasan juga akan lebih lancar. Tips untuk penderita asma, biasakan meminum satu gelas air putih dingin ( bukan air es, dingin sesuai suhu lingkungan ) di pagi hari dengan di campur beberapa sendok makan madu asli ( sesuai kebutuhan ) sebelum makan dan minum yang lain ( keadaan perut masih kosong ) dapat mencegah timbulnya dahak dan berbagai serangan penyakit yang lain.

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan Penderita Asma

Kondisi tempat tinggal, lingkungan penderita penyakit asma sangat mempengaruhi intensitas serangan asma terjadi. Seberapa sering penyakit asma kambuh dapat juga dikendalikan dari faktor lingkungan tempat tinggal penderita asma. Lingkungan yang bersih, sehat akan mencegah serangan asma. Jika penderita asma sering dirumah ada baiknya memperhatikan ventilasi udara, kelembapan rumah dan jumlah cahaya sinar matahari yang dapat masuk rumah. Bersihkan rumah dari debu dan kotoran serta bau-bau menyengat yang dapat memicu kambuhnya asma setiap hari. Hindari perabotan rumah tangga yang dapat menyimpan debu dan kotoran lain. Jika perlu gunakan AC agar suhu dan kelembapan ruangan dapat lebih terkontrol.

Jika penderita asma berada diluar rumah maka pengenalan penderita asma terhadap lingkungan yang akan atau sering dikunjungi hendaknya diperhatikan hal-hal seperti diatas. Apa ada kemungkinan lingkungan yang akan dikunjungi tersebut dapat menjadi faktor-faktor kambuhnya penyakit asma. Memang dibutuhkan sedikit observasi sebelum anda penderita asma mendatangi suatu tempat.

3. Menghindari Hal-hal Penyebab Kambuhnya Asma

Menghindari hal-hal yang dapat memicu datangnya atau kambuhnya penyakit asma atau yang dikenal sebagai faktor alergen yaitu faktor-faktor yang membuat asma terjadi, kambuh. Pengetahuan tentang faktor alergen ini, memang harus diketahui dan dipahami oleh penderita asma. Dengan mengetahui apa saja faktor alergen asma pada dirinya maka serangan asma dapat dicegah dan diminimalisir. Faktor alergen pada penderita asma yang satu dan yang lainnya secara umum sama, tetapi ada juga faktor alergen khusus yang hanya dapat memicu penderita asma yang satu dan tidak untuk yang lain.


Daftar Pustaka :
  • Hamad, Said. Terapi Madu, Depok : Pustaka Iman,2007.
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Suranto, Adji, dr, SPA,.Khasiat dan Manfaat Madu Herbal, Jakarta : Agromedia Pustaka,2004.
  • Suriawira,U.,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000
  • Winarno, F.G. Madu, Teknologi, Khasiat, dan Analisa, Jakarta : Ghalia Indonesia ,1982

Artikel Terkait :

Related posts