Ramuan Pengobatan Madu Kolesterol

Apa Ramuan Pengobatan Madu Kolesterol

Kolesterol ialah molekul yang ditemukan dalam sel. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Kolesterol adalah zat lemak yang sangat penting dalam pembentukan dinding sel pada tubuh manusia dan hewan.

Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke. Kolesterol adalah suatu jenis lemak yang ada dalam tubuh dan dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol dan trigliserida.

Kolesterol adalah suatu substansi seperti lilin yang berwarna putih, secara alami ditemukan di dalam tubuh. Sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh (Nurrahmani, 2012).

Kolesterol merupakan prekursor hormon-hormon steroid dan asam lemak dan merupakan unsur pokok yang penting di membran sel. Zat ini hanya ditemukan pada hewan. Sterol yang serupa ditemukan pada tumbuhan, tetapi sterol tumbuhan normalnya tidak diabsorpsi dan saluran cerna. Kebanyakan kolesterol dalam diat terkandung di dalam kuning telur dan lemak hewani (Ganong, 1995).

Ramuan Pengobatan Madu Kolesterol adalah suatu penjelasan langkah-langkah untuk membuat atau meracik ramuan pengobatan madu dan tanaman obat dengan tujuan mencegah dan atau mengobati penyakit kolesterol (lemak jahat). Efek Farmakologi ramuan pengobatan madu kolesterol adalah dengan cara memperlancar peredaran darah sehingga mengakibatkan kadar kolesterol jahat di dalam pembulu darah menurun atau menghilang bertahap.

Membuat Ramuan Pengobatan Madu Kolesterol

Jika kadar kolesterol di dalam darah melebihi dari nilai normal, maka risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke akan lebih besar. Kelebihan kolesterol dapat menyebabkan mengendapnya kolesterol pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang dikenal sebagai aterosklerosis (proses pembentukan plak pada pembuluh darah).

Jika penyempitan dan pengerasan ini cukup berat, sehingga menyebabkan suplai darah ke otot jantung tidak memadai, maka timbul sakit atau nyeri dada yang disebut sebagai angina. Dan bila berlanjut akan menyebabkan matinya jaringan otot jantung yang disebut infark miokard. Jika infark miokard meluas, maka akan timbullah gagal jantung.

Dengan membuat dan mengkonsumsi ramuan pengobatan madu kolesterol maka, diharapkan akan mencegah dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam pembulu darah sehingga akan membuat tubuh lebih sehat serta mencegah terjadinya gagal jantung yang berakibat pada kematian mendadak. Beberapa cara membuat ramuan pengobatan madu kolesterol adalah :

1.Madu Bawang Putih

Madu saja sebenarnya sudah memiliki fungsi kandungan untuk mengendalikan kadar kolesterol jahat di dalam pembulu darah serta dapat menguatkan dan menyehatkan jantung. Tetapi, dengan menggunakan madu murni mentah asli lebah dan bawang putih maka, akan memperoleh manfaat yang lebih sempurna untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol.

Cara membuat ramuan pengobatan madu kolesterol bawang putih adalah : Siapkan 1-2 siung bawang putih biasa/tunggal dan 2-3 sendok makan madu murni mentah. Kemudian blender atau lumatkan dan campurkan madu dengan bawang putih yang telah dikupas kulitnya. Setelah selesai dan tercampur dengan rata, Anda dapat mendiamkan dahulu selama ±1jam/simpan di dalam kulkas. Setelah di diamkan maka, Anda dapat memakan madu bawang putih secara langsung 1-2 sendok makan sekali makan maksimal 3 kali sehari. Lakukan selama 2-3 minggu berturut-turut untuk pengobatan dan makan seminggu sekali (1-2sdm 3xsehari) untuk pencegahan dan pengendalian. (Baca: Khasiat/Manfaat Supplemen Madu Bawang Putih)

2.Madu Kayu Manis

Kadar kolesterol darah juga dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ounce (16 kali 28 gram kira kira 1 pon = 454 gram) air teh.

Ramuan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari juga dapat meringankan gangguan kolesterol.

3.Madu Jeruk Nipis

Minuman madu jeruk nipis selain enak juga dapat menurunkan kadar lemak jahat atau kolesterol jahat dengan cara membersihkan sumbatan akibat lemak yang menempel pada aliran pembulu darah. Anda cukup minum madu jeruk nipis 1 gelas setiap hari dengan takaran 1 butir jeruk nipis ukuran sedang ditambahkan dengan 1-2 sendok makan madu murni mentah kemudian larutkan dengan air matang dingin. Minum madu jeruk nipis sebelum makan dan minum yang lain pada pagi hari untuk hasil optimal. (Baca: Fungsi/Manfaat Madu Jeruk Nipis/Lemon)

Penyebab Kolesterol, Gejala Kolesterol Dan Cara Mencegah Kadar Kolesterol Tinggi

1.Penyebab Kolesterol

Ada banyak hal yang menjadi penyebab atau pemicu timbulnya kolesterol tinggi dalam darah. Penyebab meningkatnya kadar kolesterol paling banyak disebabkan oleh asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, pola hidup yang tidak sehat dan seimbang, gaya hidup yang salah dan kebiasaan buruk yang menjadi rutinitas sehari-hari.

Berikut ini ada 2 faktor penting yang menjadi penyebab dari kolesterol yang semakin meningkat, diantaranya adalah :

1. Faktor yang tidak dapat dikontrol

a. Keturunan. Apabila ada keluarga yang berkolesterol tinggi, maka besar kemungkinannya anak memiliki bakat unutk mempunyai kolesterol yang tinggi, resiko adanya suatu gangguan kesehatan biasa 6 kali lebih besar menimpa anak dibanding orang tua.

b. Usia. Setelah usia 20, kolesterol cenderung meningkat. Pada pria, kolesterol akan mudah naik setelah umur 50 tahun. pada wanita, kolesterol akan mudah untuk naik setelah menopause.

2. Faktor yang dapat dikontrol

a. Makanan telalu banyak lemak jenuh, seperti mentega, biskuit, dan fast food (makanan siap saji)
b. kelebihan berat badan
c. Kurang berolahraga
d. Merokok
e. Gaya hidup yang tidak sehat
f. Stress
g. Diabetes mellitus
h. Minum kopi berlelbihan
i. Diet yang salah
j. Obesitas

Adapula penyebab lainnya dari timbulnya kolesterol jahat dalam tubuh atau darah, yaitu :

1. Konsumsi makanan yang tidak sehat

Banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat hanya akan membuat tubuh semakin mudah terserang penyakit dan mengalami banyak keluhan gangguan kesehatan. Makanan yang umumnya kita konsumsi sehari-hari pastinya mengandung lemak, namun lemak tak selamanya buruk bagi tubuh asalkan kadar lemak yang kita peroleh dari berbagai sumber makanan tak melebihi batas normal. Banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak atau lemak jenuh akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh yang salah satunya adalah kolesterol.

2. Kurang aktivitas fisik

Terlalu banyak diam atau jarang bergerak hanya akan membuat tubuh semakin lemah dan fungsi kerja organ tubuh tidak optimal. Lakukanlah olahraga fisik minimal 2-3 kali dalam seminggu selama 30 menit per session. Olahraga yang teratur dan sesuai dengan kemampuan dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Merokok

Rokok yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan tubuh yang juga mempengaruhi sistem kardiovaskular dalam berbagai cara, termasuk menurunkan kadar oksigen dan memicu kerusakan pada jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Adam Gepner dari sebuah University of Wisconsin School of Medicine and Public Health di Madison, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa rokok dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah dan membunuh kolesterol baik.

4. Umur dan jenis kelamin

Umur dan jenis kelamin juga mempengaruhi seseorang untuk terserang kolesterol. Kolesterol dulu menghinggapi seseorang ketika usia tua, namun kini usia muda pun rentan dengan kolesterol yang secara perlahan mulai meningkat. Umumnya kolesterol hinggap pada pria ketika memasuki usia 40 tahun keatas dan pada wanita umumnya ketika memasuki masa menopause.

5. Berat badan berlebih

Jika seseorang kelebihan berat badan identik dengan tubuh yang menyimpan banyak lemak dan kalori. Seseorang yang kelebihan berat badan pastinya rentan terhadap suatu penyakit, bahkan penyakit kolesterol pun siap mengintai. Semakin banyak lemak dan kolesterol yang terkandung dalam darah, semakin buruk keadaan dan tingkat kesehatan akan mengalami gangguan. Untuk itu disarankan melakukan diet sehat, mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh.

2.Gejala-Gejala Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala. Hal ini membuat kita sulit untuk mengetahui kapan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk pertama kali. Umumnya, kadar kolesterol tinggi diketahui secara tidak sengaja saat menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Ada empat alasan utama mengapa Anda mungkin menjalani pemeriksaan kolesterol dan cara mengatasi kolesterol tinggi.

–  Anda mungkin ditawari pemeriksaan kolesterol sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatna umum (general check) untuk menilai risiko kardiovaskular Anda (skrining).

– Anda mungkin disarankan unutk menjalani pemeriksaan tersebut karena anda memiliki faktor risiko kardiovskular lain atau mengidap penyakit kardiovaskular. ]

–  Anda menunjukkan gejala dislipidemia (misalnya deposir kolesterol pada kelopak mata atau tendon).

–  Anda memiliki kerabat yang baru saja didiagnosis memiliki kolesterol tinggi.

Gejala-gejala kolesterol tinggi pada umumnya tidak begitu tampak. Baru bila kadar kolesterol sangat meningkat, tampaklh bercak-bercak kuninig tebal yang khas pada kulit, terutama pada kelopak mata, di siku dan tumit. Disebabkan kadar kolesterol tinggi seringkali tidak menimbulkan gejala, orang sering kali tidak sadar bahwa mereka meyandang hiperkolesterolemia familial atau kelainan lipid turunan lainnya. Mereka tidak sadar sampai mereka (atau anggota keluarganya) mengalami episode penyakit jantung yang serius, umumnya pada usia yang lebih dini dari biasanya. Prosedur skrining saat ini sedang dievaluasi untuk memperbaiki keadaan ini dan menyediakan bantuan medis bagi orang yang tidak menyadari bahwa mereka memerlukan bantuan.

Gejala kolesterol tinggi muncul juga dapat diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat, banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kadar kalori tinggi, lemak jenuh, obesitas yang tidak terkendali, merokok dan kurang olahraga.  Penyebab lainnya yang memunculkan gejala kolesterol tinggi ini adalah diet tinggi lemak jenuh, kolesterol dan kalori berlebihan, sirosis, diabetes mellitus, penurunan fungsi kelenjar tiroid, hiperaktivitas kelenjar pituitari, gagal ginjal, penyalah gunaan alkohol  secara akut, pemakaian obat-obatan tersebut dan faktor keturunan.

Beberapa gejala penyakit kolesterol tinggi adalah :

1. Nyeri Di Kaki : Gejala ini merupakan gejala umum atau klaudikasino, yaki adalah nyeri yang terasa dibagian kaki atau juga munculnya rasa kurang nyaman pada bagian kaki. Hal ini bisa diakibatkan karena tersumbatnya oleh arteri sehingga aliran darah yang seharusnya masuk ke kaki mengalami hambatan. Dan sebagain orang yang sudah melaporkan bahwa kaki mereka menjadi terasa berata atau juga menjadi terasa lelah saat sedang digunakan. Dan kemudian rasa sakit ini bisa menyebar menuju ke seluruh kaki, betis, paha, bahkan sampai bokong. Kemudian gejala ini akan hilang jika Anda melakukan gerakan atau juga berjalan, dan akan timbul lagi jika sedang digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Kram yang terjadi di malam hari : Disaat tidur, orang dengan gangguan kolesterol tinggi biasanya akan merasakan kram dibagian tumit, jemari kaki atau juga pada kaki bagian bawah. Dan rasa sakit ini akan hilang jika posisi dari kaki digantung atau berada pada posisi yang lebih tinggi dibandingkan badan. Mudahnya adalah angkatlah kaki Anda disaat tidur selama beberapa menit sampai kram yang muncul tadi hilang dengan perlahan. Dan kaki bisa Anda sandarkan di dinding.

3. Kuku berubah : gejala kolesterol tinggi lainnya adalah kuku berubah. Hal ini disebabkan karena kuku tidak mendapatkan asupan darah yang cukup akibat dari sirkulasi darah yang mengalami gangguan, dan akan terjadi suatu perubahan misalnya seperti kuku yang semakin menebal dan juga tumbuh menjadi lebih lambat saat Anda potong.

4. Kulit yang ikut berubah : Dokter biasanya sering melakukan pemeriksaan kolesterol pada orang yang sering merasakan beberapa gejala kolesterol tinggi untuk memastikan lebih jelas dengan cara mengangkat dan juga menggantung atau juga meletakkan kaki diatas bangku atau juga meja

3.Cara Mencegah Kadar Kolesterol Tinggi

Pada dasarnya kolesterol dapat diturunkan dan dicegah sebelum beranjak menjadi kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat mengancam penyakit yang dibawa karena kolesterol itu muncul. Sebenarnya kolesterol dapat diturunkan tanpa harus menggunakan obat-obatan medis atau obat-obatan kimia, karena banyak cara untuk mencegah dan menurunkan kolesterol agar tetap terkendali.

Kolesterol dalam darah akan semakin meningkat, hal ini disebabkan oleh adanya asupan makan yang banyak mengandung lemak jenuh dan gaya hidup yang cenderung tidak teratur dan seimbang. Penyumbang kolesterol yang paling tinggi yang telah diolah menjadi bahan makanan tertentu umumnya banyak berasal dari sumber produk hewani, seperti daging, susu dan telur.

Tubuh memang memerlukan kolesterol untuk membantu membentuk dinding sel, sebagai bahan dasar dari pembentukan hormon-hormon steroid dan sebagai sumber energi bagi tubuh. Kolesterol secara alami telah dihasilkan oleh tubuh yang berasal dari organ hati yang menyumbang kolesterol hingga 80 % dan 20 % lainnya berasal dari sumber makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Umumnya mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh tidak menunjukkan gejala apapun, namun ketika dilakukan suatu pemeriksaan pada tes laboratorium akan terlihat bahwa kadar kolesterol dalam darah telah melebihi batas normal. Jika kadar koloesterol dalam darah meningkat naik, akan menimbulkan efek negatif pada tingkat kesehatan dan gangguan penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol seperti sakit jantung, stroke, maupun penyempitan pembuluh darah.

Sumber makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah semakin meningkat seperti kuning telur, cumi-cumi, otak sapi, telur puyuh dan minuman yang sangat berbahaya adalah minuman beralkohol, seperti bir, tuak, dan minuman yang dibuat dengan ragi.

Makanan untuk mencegah kolesterol tinggi adalah :

1.Buah apel

Makanan untuk mencegah kolesterol tinggi jenis ini adalah karena buah apel megandung serat larut dan tidak larut yang sangat tinggi. Maka tubuh Anda akan jauh lebih sehat jika lebih sering makan buah ini. Sehingga Anda tidak usah takut untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Kedua serat yang ada didalam buah apel ini kemudian akan melakukan kerja sama untuk membantu menurunkan kolesterol, mencegah terjadinya arteri yang mengalami pengeresan, dan juga untuk membantu melindungi tubuh dari serangan jantung serta penyakit stroke.

2. Cuka apel

makanan untuk mencegah kolesterol tinggi lainnya adalah cuka apel. Cuka apel membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Dan menurut salah satu penelitian yang sudah dilakukan, cuka apel yang dikonsumsi atau diminum dengan teratur membantu menurunkan kolesterol tinggi dan membantu meningkatkan kolesterol baik.

3. Buah alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah dengan kadnungan asam oleat dan juga lemak tidak jenuh, serta mengandung kandungan serat pangan yang bisa membantu dalam meningkatkan kolesterol sehat. selain itu bersamaan dengan membantu menurunkan kolesterol buruk.

4. Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan untuk mencegah kolesterol tinggi yang lain dengan kandungan yag baik yang ada didalamnya. Salah satu penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pengaruh buruk akibat dari kolesterol tinggi yang bisa diminimalisir olehh beta-glucan, misalnya jenis serat yang hadir didalam gandum. Dan sekitar dari 4%-10% kadar kolesterol yang sudah terbukti membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi

Tindakan pertama untuk menghindari kolesterol tinggi dan dengan demikian memperkecil risiko terhadap PJP adalah mejaankan diet yang ketat dan konsekuen. Di samping itu perlu sekali untuk berhenti merokok dan secara teratur melakukan gerak badan atau olahraga.

Diet sehat. Sebagai pedoman untuk diet yang sehat dapat diikuti anjuran-anjuran dari Dewan Gizi negara Barat (termasuk negeri Belanda dan AS). Diet hendaknya cukup bervariasi dengan jumlah kalori terbatas sampai 2.200-3.000 kkal untuk pria, tergantung dari usia, berat badan dan perkerjaan ringan atau berat yang dilakukan dan untuk wanita 1.800-2.300 kkal.

Lemak. Hendaknya dibatasi sampai 30% dari jumlah kalori total (energi %), yakni rata-rata 30-50 gra minyak, margarin diet (becel) atau mentega, tidak terhiutang lemak yang terdapat dalam daging, ikan, susu, dan telur. Juga tidak termasuk lemak “tersembunyi” dalam makanan lainnya seperti kue-kue, biskuit, cake, kacang tanah dan cokelat. Lemak ini biasanya mengandung sepertiga sampai separuh dari lemak tak jenuh.

Pengobatan kolesterol tinggi dianjurkan melalui pengobatan medis maupun non medis sebagai berikut :

1. Berhenti merokok

2. Hindari konsumsi minuman alkohol secara berlebihan

3. Berolahraga secara teratur untuk meningkatkan kadar HDL dan trigliserida

4. Jalani gaya hidup sehat ddengan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol

5. Tingkatkan konsumsi karbohidrat kompleks, buah dan sayu-sayuran

6. Konsumsi makanan berserat yang diketahui dapat mengurangi penyerapan lemak di usus halus, sehingga memicu terjadinya penurunan kadar lemak dalam darah.

7. Minyak ikan yang mengandung asam lemak omega 3 dalam beberaopa kasus dapat menurunkan kadar kolesterol darah

8. Jika ada riwayat hiperlipidemia dalam keluarga, periksa kolesterol darah secara berkala minimal dua kali setiap semester atau (2 kali dalam 6 bulan ). Hal ini untuk menghindari berbagai komplikasi yang tidak diinginkan.

9. Bila terapi non farmakologis telah dilakukan selama 3-6 bulan tetapi kadar lemak belum normal, sebaikbya dikonsultasikan dengan tenaga ahli herbal sebelum meminum obat antihiperlipidemia.

Kunci penting dalam mengatur kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengatur pola makan dan akitvitas fisik. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh diantaranya :

1. Pengaturan pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak

2. Memperbanyak makanan berserat

3. Memperbanyak makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti sayur dan buah

4. Menghindari rokok dan minuman alkohol

5. Lakukan olahraga secara teratur

Jika tidak mungkin untuk banyak bergerak (aktivitas fisik), siasati dengan pola makan yang tinggi serat. Misalnya serat yang larut seperti agar-agar dan havermut, serat tidak larut, misalnya sayur-sayuran, serta makanan yang mengandung fitosterol (kolesterol alami).


Daftar Pustaka :
  • Almatsier, Sunita. 2004. Prinsip Dasar I/mu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka
    Utama.
  • Ganong, William F. 2013. Buku Ajar Fisiologis Kedokteran. Jakarta: EGC.
  • Kartikawati. Ch Erni. 2012. Panduan Praktis Kolesterol &Asam Urat. Ungaran:
    V-media,
  • Lars Heslet.1991.kolesterol(judul asli: cholesterol). Penerbit Kesaint Blanc.jakarta
  • Nurrahmani, Ulfah. 2012. Stop!Kolesterol Tinggi. Yogyakarta: Familia.
  • Prof. dr. Soetjiningsih, SpA(K), IBCLC. 1987. Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya. Penerbit CV. SAGUNG SETO, Jakarta
  • Purbaya,Rio,J,.“Mengenal dan Memanfaatkan Madu: Khasiat Madu Alami”, Bandung: Pionir Jaya, 2002
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Soeharto, Iman Ir. 2004. Serangan Jantung dan Stroke Hubungannya dengan Lemak & Kolesterol. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  • Suranto, Adji, dr, SPA,.Khasiat dan Manfaat Madu Herbal, Jakarta : Agromedia Pustaka,2004.
  • Suriawira,U.,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000

Artikel Terkait :

Related posts