Ramuan Pengobatan Madu Jantung Rematik

Apa Ramuan Pengobatan Madu Jantung Rematik

Membuat Ramuan Madu Jantung RematikPenyakit Jantung Rematik (PJR) atau dalam bahasa medisnya Rheumatic Heart Disease (RHD) adalah komplikasi dari demam rematik disebabkan karena terjadi kerusakan pada seluruh jantung dan selaput nya dan biasanya terjadi setelah serangan demam rematik. Demam rematik adalah penyakit peradangan (inflamasi) yang dapat timbul sebagai komplikasi dari infeksi pada tenggorokan (faringitis) yang tidak diobati atau tidak ditangani dengan baik. Disebut dengan penyakit jantung rematik karena peradangan yang terjadi pada jantung diakibatkan oleh komplikasi dari demam rematik yang ditandai dengan adanya cacat pada katup jantung.

Reumatoid Heart Disease (RHD) adalah suatu proses peradangan yang mengenai jaringan-jaringan penyokong tubuh, terutama persendian, jantung dan pembuluh darah oleh organisme streptococcus hemolitic-b grup A (Pusdiknakes, 1993).

Ramuan Pengobatan Madu Jantung Rematik adalah penjelasan tentang langkah-langkah untuk membuat ramuan pengobatan dengan madu dan beberapa tanaman obat dengan tujuan mencegah dan atau mengobati penyakit jantung rematik.  Cara terbaik untuk mengatasi penyakit jantung rematik adalah dengan mencegah demam rematik itu sendiri. Seseorang yang pernah mengalami demam rematik biasanya akan lebih mudah untuk mengalami hal yang serupa sebagai pemicu awal adanya penyakit jantung rematik.

Penyebab terjadinya penyakit jantung reumatik diperkirakan adalah reaksi autoimun (kekebalan tubuh) yang disebabkan oleh demam reumatik. Infeksi streptococcus β hemolitikus grup A pada tenggorok selalu mendahului terjadinya demam reumatik baik demam reumatik serangan pertama maupun demam reumatik serangan ulang.

Membuat Ramuan Pengobatan Madu Jantung Rematik

Untuk membuat ramuan pengobatan jantung rematik maka, anda harus memperhatikan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat ramuan pengobatan madu jantung rematik. Kualitas bahan-bahan ramuan pengobatan madu jantung rematik ini juga akan mempengaruhi efektifitas dan efisiensi pengobatan dan pencegahan penyakit jantung rematik.

Cara Membuat Ramuan Pengobatan Madu Jantung Rematik

1) Bahan Ramuan Pengobatan Jantung Rematik :

-10 lembar daun sembung
-1/2 genggam daun sangket
-6 lembar daun kacapiring
-3 gelas air dan madu asli secukupnya

2) Cara Membuat Ramuan Pengobatan Madu Jantung Rematik :

Sipkan semua bahan dan cuci semua bahan sampai bersih, lalu rebus sampai mendidih dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas.Gunakan panci dari tanah liat jika ada untuk hasil lebih bagus.

Setelah dingin, saring dan dapat ditambahkan dengan madu murni mentah asli lebah secukupnya (atau ±2-3 sendok makan untuk setiap ramuan)

3) Aturan Pemakaian

Minum ramuan pengobatan madu jantung rematik ini 2 kali sehari 1 gelas sekali minum sampai sembuh atau gejala berkurang. Untuk pencegahan anda dapat minum ramuan ini 1kali 1 gelas setiap 1 -2 minggu .

Untuk optimalkan ramuan pengobatan madu jantung rematik maka, hindari udara dingin di malam hari, mandi malam hari. Lakukan olahraga rutin dan bertahap untuk memperkuat jantung. Minum madu murni mentah asli lebah pada pagi hari sebelum makan dan minum yang lain untuk menjaga dan memperkuat otot jantung Anda.

Jika kita lihat diatas bahwa penyakit jantung rematik sangat mungkin terjadi dengan adanya kejadian awal yaitu demam rematik (DR). Pencegahan yang terbaik adalah bagaimana upaya kita jangan sampai mengalami demam rematik (DR) (terserang infeksi kuman Streptococcus beta hemolyticus). Fungsi kandungan madu salah satunya adalah sebagai anti bakteri,anti jamur dan anti virus. Maka, madu bermanfaat mencegah infeksi kuman/bakteri.

Hasil riset atau uji penelitian ilmiah merekomendasikan bahwa madu mentah (bukan madu olahan) mempunyai efek yang positif bagi penderita penyakit jantung. Dalam waktu relative singkat, madu dapat menurunkan kolesterol dan yang paling dramatis adalah menurunkan tingkat CRP terhadap orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Tampaknya CRP mempunyai peranan penting penyebab penyakit jantung selain kolesterol.

“Dengan mengkonsumsi madu memiliki efek yang positif untuk para penderita penyakit jantung, karena manfaat dari madu untuk kesehatan jantung ini adalah mampu menurunkan tingkat CRP yang disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti halnya merokok.”

Jadi mengkonsumi sukrosa, glukosa dan fruktosa bisa menurunkankan resiko penyakit jantung, Penelitian ini merekomendasikan memakan madu bukan hanya aman tetapi pada kenyataanya justru menyehatkan jantung.


Daftar Pustaka :
  • Albert, DA, Harel, L, Kurrison, T. The treatment of rheumatic carditis. A review and metaanalysis. Medicine 1995; 74:1.
  • Meira, ZM, Goulart, EM, Colosimo, EA, Mota, CC. Long term follow up of rheumatic fever and predictors of severe rheumatic valvar disease in Brazilian children and adolescents. Heart 2005; 91:1019.
  • Purbaya,Rio,J,.“Mengenal dan Memanfaatkan Madu: Khasiat Madu Alami”, Bandung: Pionir Jaya, 2002
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Suranto, Adji, dr, SPA,.Khasiat dan Manfaat Madu Herbal, Jakarta : Agromedia Pustaka,2004.
  • Suriawira,U.,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000
  • Tim Penulis Martha Tilaar Innovation Center: “Budidaya Secara Organik Tanaman Obat Rimpang”. Penebar Swadaya, 2002Hamad, Said. Terapi Madu, Depok : Pustaka Iman,2007.
  • Udjianti, Wajan. Keperawatan Kardiovaskuler. Jakarta: Salemba Medika,2010
  • Winarno, F.G. Madu, Teknologi, Khasiat, dan Analisa, Jakarta : Ghalia Indonesia ,1982
  • http://jantung.klikdokter.com/

Artikel Terkait :

Related posts