Pilih Madu Asli Lebah Atau Madu Asli Manusia

Pilih Madu Asli Lebah Atau Madu Asli ManusiaMadu, baik jenis madu lebah hutan (Apis dorsata) atau madu lebah ternak (Apis meliferra,Apis cerana,Apis trigona,dll) yang berasal (asli) dibuat/diproduksi oleh lebah tentu saja memiliki ciri-ciri madu asli yang secara umum sama meskipun jika dipelajari lebih lanjut, detail lagi akan ada perbedaan-perbedaan khusus antara madu asli lebah yang satu dengan madu asli lebah yang lainnya.

Sekarang banyak juga manusia yang dapat membuat “madu”. Manusia jika dapat membuat madu yang menyerupai madu yang dibuat oleh lebah tidak masalah ya, sebenarnya apabila , manusia yang membuat tersebut tidak kemudian mengatasnamakan madu buatan manusia ini sebagai madu buatan lebah. Bisa-bisa kena pelanggaran hak cipta yang telah ditetapkan oleh pencipta langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya. Tapi,selama ini si lebah memang belum pernah mematenkan hak ciptanya juga (menurut aturan yang dibuat si manusia) maka, banyak manusia yang melanggar dan seenaknya sendiri menjual madu buatan sendiri kemudian di akui sebagai madu lebah asli. Pencemaran nama,baik dong…haha..begitulah adanya.

Hebatnya madu buatan manusia ini lebih banyak penggemarnya lho,…Apa karena pembelinya sesama manusia jadi ada kesamaan visi dan misi ? mungkin. Jika tidak ya, manusia sedang membodohi manusia yang lainnya.

MADU ASLI LEBAH ATAU MADU ASLI MANUSIA

Sungguh besar untung yang diperoleh dari hasil produksi dan bisnis jual-beli madu asli 100% buatan manusia ini. Memang selama ini yang banyak ditemukan madu asli buatan manusia ini dibuat dari bahan-bahan dasar yang aman (food grade) jadi jarang ada keluhan konsumen yang mengemuka dan banyak.

Sebenarnya madu buatan manusia ini sudah diberi nama tersendiri juga oleh para produsen madu asli manusia. Mereka menyebutnya sebagai sirup madu , tetapi banyak juga pedagang penjual madu yang “nakal” dan hobi berspekulasi dengan menjual sirup madu ini dan mengatasnamakan sebagai madu asli lebah.

SIRUP MADU, MADU SINTETIS ADALAH MADU ASLI MANUSIA

Sirup madu ini sebernarnya adalah lebih tepat disebut madu sintetis yang dibuat oleh manusia (perancang/penemu formulasi sirup madu ini) sebagai madu alternative untuk memenuhi permintaan pasar akan madu yang tidak dapat dipenuhi oleh madu asli produksi buatan lebah madu. Makanya dibuatlah sirup madu. Ya, intinya sama seperti makanan dan minuman sintetis/buatan lainnya.

Tetapi, disini karena sangat banyaknya yang menjual madu palsu alias sirup madu yang kemudian di atasnamakan sebagai madu lebah maka, Konsumen sendiri juga menjadi bingung mana madu asli lebah madu dan mana madu asli manusia. Yang lebih parahnya lagi madu yang asli lebah madu di sangka adalah madu palsu dan madu yang asli buatan manusia malah dikira sebagai madu asli lebah. Sungguh,mak nyooos kali (sambil tepuk jidad sendiri-sendiri ya, jangan jidad tetangga, disangka penganiayaan nanti…hehe).

Oleh sebab itu, Konsumen penggemar madu lebah sebaiknya mempelajari juga tentang seluk beluk madu dan lebah agar lebih paham dan mencegah salah sangka, salah pilih. Ya, Semoga semua segera di sadarkan saja untuk menjadi orang yang benar-benar memakai akal budi dan hati dan tidak digunakan untuk membohongi diri sendiri dan orang lain. Setelah anda mengetahui maka tentukan sendiri pilihanmu, “madu asli lebah atau madu asli manusia”. Selamat Bangun Tidur dan Semoga Mengerti.


Daftar Pustaka :

  • Masun, Sadyi,M,.Jeli Memilih Madu, Penerbit: Adicita Karya Nusa,2005.
  • Sarwono,B., Lebah Madu, Jakarta: Agro Media Pustaka,2001
  • Purbaya,Rio,J,.“Mengenal dan Memanfaatkan Madu: Khasiat Madu Alami”, Bandung: Pionir Jaya, 2002
  • Winarno,F.G, Madu,Teknologi, Khasiat dan Analisa, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1982.

Artikel Terkait :

Related posts