Perbedaan Madu Mentah Dengan Madu Olahan

Perbedaan Madu Mentah Dengan Madu Olahan Proses Pasteurisasi

INILAH PERBEDAAN MENGEJUTKAN MADU MENTAH DENGAN MADU OLAHAN / MADU PROSES

Madu Mentah Dan Serbuk Sari

Madu mentah dengan madu olahan memiliki cukup banyak perbedaan tetapi, tidak banyak orang yang mengetahui dan memahami perbedaan ini.Dengan mengetahui perbedaan ini maka, akan lebih memudahkan konsumen atau pengermar madu asli lebah untuk menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak produsen komersial madu yang tidak memiliki jejak serbuk sari (bee pollen) dan kurangnya vitamin menguntungkan serta kandungan enzim-enzim lebah diantara sejumlah hasil madu alami yang hilang karena pasteurisasi dan pengolahan.

Pengolahan atau proses pada madu yang masih mentah asli lebah (raw honey) akan mempengaruhi kandungan nilai gizi dan juga menghilangkan serbuk sari alami pada larutan madu mentah serta merusak enzim lebah. Fakta mengejutkan perbedaan madu mentah dengan madu olahan akan membuat anda berpikir ulang untuk menentukan pilihan anda akan madu sebagai suplemen alami.

Mau membeli madu mentah (raw honey) atau madu olahan (pemanasan, pengeringan, pasteurisasi dan penyaringan ultra) itu adalah pilihan Anda, tetapi mempelajari apakah madu mentah ada cara konsumen yang cerdas sebelum memutuskan untuk membeli madu !

Perbedaan Madu Mentah Dengan Madu Olahan

kelebihan & kekurangan madu mentah

Kebanyakan madu yang berwarna emas dan jernih yang Anda lihat di toko lokal Anda sudah mati dan jauh dari menawarkan akan kesehatan pembangkit tenaga alami yang anda harapkan manfaatnya .

Madu mentah sendiri memiliki kelebihan tertentu dibandingkan dengan madu olahan. Tetapi, madu mentah juga ada kekurangan meskipun tidak sama dengan kekurangan akan manfaat kesehatan, kecantikan dan pengobatan yang terdapat pada madu mentah.

Kekurangan madu mentah itu seperti; penampilan yang kalah menarik dari pada madu olahan, labil karena menghasilkan gas.

Bagaimana perbedaan madu mentah dengan madu olahan ini, kami harapkan akan dapat membantu para pembeli, pecinta/konsumen madu di dalam menentukan nilai manfaat madu yang akan di pilihnya. Kami (rumahmadujogja.com) berusaha untuk membahas hal ini seobyektif mungkin.

Olahan madu bukan madu sama sekali dan jika Anda menginginkan jenis manfaat kesehatan , Anda harus tetap berpegang pada hal-hal yang nyata yaitu madu mentah alami apa adanya. Perbedaan madu mentah dengan madu olehan ini sangat signifikan.

RainForest Madu Hutan Mentah Rasa Lembut Ringan

Berikut perbedaan madu mentah dengan madu olahan :

1. Madu Mentah Mengandung Serbuk Sari

Di Amerika Serikat (USA), Food and Drug Administration (FDA) mengatakan bahwa "setiap produk yang telah disaring secara “Ultra” dan tidak lagi mengandung serbuk sari tidak disebut madu" . Namun, FDA tidak memeriksa madu yang dijual di Amerika Serikat untuk melihat apakah mengandung serbuk sari atau tidak ."

Penyaringan Ultra Madu Olahan

Penyaringan Ultra adalah prosedur teknologi tinggi untuk menyaring madu dimana madu dipanaskan , kadang-kadang disiram hingga turun dan kemudian dipaksa pada tekanan tinggi melalui filter yang sangat kecil untuk menghapus serbuk sari , yang yang merupakan satu-satunya tanda sangat mudah mengidentifikasi sumber madu . Ini adalah spin – off dari teknik yang telah disempurnakan oleh Cina.

Mengapa Menghapus Serbuk Sari ?

serbuk sari pada madu mentahDengan melakukan penyaringan ultra berulang-ulang memang akan membuat tampilan madu jadi lebih bersih, jernih dan kelihatan menarik.

Tetapi apakah penyaringan ini memang harus dilakukan ?

Bee Pollen atau serbuk lebah sendiri adalah komponen penting dan bagian dari madu sebagai produk lebah itu sendiri. Dan madu yang mengandung serbuk sari secara alami ini menjadikan madu tersebut lebih kaya akan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Jika hanya untuk membuat tampilan madu menjadi jernih dan produk-produk madu olahan yang lebih terstandarisasi baik menurut standart mutu produk olahan madu dari perusahaan madu, lembaga-lembaga pengawasan pangan,organisasi pengawas kesehatan pangan dunia,maupun negara-negara yang memiliki standar mutu kwalitas pangan yang berbeda-beda, Apakah harus sampai menghilangkan dan mengurangi manfaat madu karena telah di olah.

Disini para peneliti atau ilmuwan bidang pangan hendaknya perlu mengkaji lebih lanjut dan lebih jauh lagi akan cara teknik menjadikan madu yang bersih dan menarik secara penampilan tetapi, tanpa mengurangi nilai kandungan gizi alami madu asli lebah tersebut.

Tanda Madu Mentah Mengandung Serbuk Sari

Kita hanya bisa berasumsi untuk mencegah sebagian besar masyarakat dari mendapatkan semua manfaat yang ditemukan dalam madu mentah . Penghapusan semua serbuk sari dari madu ” tidak masuk akal ” dan benar-benar bertentangan dengan memasarkan produk kualitas tertinggi” ( Mark Jensen , Presiden Asosiasi Produsen Madu Di Amerika , Sumber Berita Keamanan Pangan )

Saya tidak tahu apakah ada produsen AS yang ingin melakukan itu . Penghapusan semua serbuk sari hanya dapat dicapai dengan ultra- penyaringan dan proses filtrasi ini tidak apa-apa tetapi biaya uang dan mengurangi kualitas madu , “ kata Mark Jensen .

” Dalam penilaian saya (Mark Jensen) , itu cukup aman untuk mengasumsikan bahwa setiap madu yang melalui proses penyaringan secara “ultra” yang terdapat di rak-rak toko adalah madu olahan dan itu bahkan lebih aman untuk berasumsi bahwa memasuki negara uninspected dan melanggar hukum federal, “ tambahnya .

2. Kandungan Anti Fungal, Anti Bakteri, Anti Viral

antijamur antibakteri antivirus madu mentahMadu mentah secara alami mengandung zat anti viral, anti fungal/jamur dan anti bakteri. Pengolahan/pasteurisasi pada madu mentah akan mempengaruhi kandungan zat anti viral, anti fungal dan antibakteri madu mentah.

Dimana madu olahan secara nyata sesuai penelitian independen modern membuktikan jika kandungan zat anti viral, anti fungal/jamur, anti bakteri akan rusak, berkurang bahkan hilang pada madu yang telah  diproses (pemansan, pengeringan, pasteurisasi/condenced, penyaringan ultra).

Padahal kandungan ini penting perannya dalam manfaat akan kesehatan dan kecantikan.

3. Anti Carsinogenic Madu Mentah

Madu mentah mengandung zat anti kanker (anti carsinogenic) yang sangat efektif dan efisien untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Madu mentah juga dapat mencegah sel-sel kanker berkembang lebih lanjut menjadi lebih parah dan ganas. Pada madu proses maka, zat carsinogenic ini akan berkurang bahkan menghilang sehingga, anda akan kehilangan manfaat madu yang seharusnya.

Madu Hutan DeepForest Cocok Untuk Terapi Pengobatan MADU

4. Madu Mentah Menaikkan Imun Alami

Kandungan zat-zat anti bakteri seperti hidrogen peroksida akan mematikan dan mecegah bakteri dan jamur berkembang biak dan hidup pada madu mentah. Madu mentah apa adanya secara alami mengandung propolis yang juga adalah zat antibakteri pada madu.

Madu mentah akan meningkatkan sistem imun tubuh secara alami dan signifikan tanpa membuat resistensi. Inilah perbedaan antibiotik pada madu dengan antibiotik kimia. Dengan konsumsi madu mentah secara tepat dan benar maka, sistem imun akan naik dan mencegah mudah sakit.

5. Madu Mentah Mengandung Royal Jelly

https://i0.wp.com/www.permaculturenews.org/images/shocking_differences_between_comparison61_n_6.jpg?zoom=2

Royal jelly sebagai makanan khusus ratu lebah yang kaya akan nutrisi secara alami sudah ada pada madu mentah asli lebah.

Maka, anda juga akan memperoleh manfaat lebih madu mentah dari pada madu olahan.

Rasa royal jelly yang asam pedas juga akan menjadi ciri khusus yang akan nampak dan terasa pada madu mentah.

(Lihat gambar infografis disamping ini : Perbedaan mendasar Madu Mentah dan Madu Olahan/Proses)

Bagaimana, Mengejutkan ya ? Dengan kandungan dan manfaat yang sangat jauh berbeda...

Masihkah kamu setia dengan madu olahan/proses/saring ULTRA ??

6. Madu Mentah Stabilkan / Normalkan Kadar Gula Darah

Inilah perbedaan madu mentah dengan madu olahan, dimana madu mentah akan menjadi sumber energi yang baik dan menstabilkan kadar gula darah. Hal ini akan berbeda pada madu proses karena yang sering ada pada madu proses adalah adanya zat gula tambahan yang bukan berasal dari lebah.

7. Struktur Air Madu Mentah Meniru Bentuk Rumah Lebah

struktur air madu mentah

Bentuk struktur air alami pada madu mentah murni asli lebah akan menyerupai dengan bentuk bangunan rumah lebah. Bentuk segi enam yang nampak pada madu mentah akan menjadi ciri tersendiri pada madu mentah ini. Apalagi jika dilihat dibawah mirkoskop akan semakin jelas.

8. Madu Mentah Turunkan Kolesterol LDL

Untuk yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol LDL yang tinggi dan tidak stabil maka, madu mentah (raw honey) akan sangat bermanfaat untuk Anda. Mengapa madu mentah berguna untuk penderita kolesterol darah ? Karena  madu mentah asli mengandung zat yang mampu menurunkan dan menstabilkan kadar kolesterol Anda.

Jadi tidak hanya menurunkan saja jika kolestereol Anda tinggi tetapi, akan menjaga kolesterol Anda tetap stabil (normal). Hal ini sesuai dengan hasil penelitian kepustakaan yang kami (rumahmadujogja.com) peroleh.

9. Kandungan Anti Inflamasi Madu Mentah

Kandungan antibakteri, antijamur, anti virus pada madu mentah ini juga berkaitan dengan kandungan anti inflamasi (radang) pada madu mentah. Hal utama yang membuat madu mentah bermanfaat sebagai anti inflamasi adalah kandungan melittin di madu mentah.

10. Mencegah Penyakit Jantung

madu mentah cegah sakit jantungFungsi kandungan yang luar biasa pada madu mentah berdasarkan pada penelitian dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Kandungan enzim alami lebah pada madu mentah akan membuat otot-otot jantung menjadi lebih kuat sehingga kerja organ jantung lebih bagus.

11. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Pencernakan

Ulcus dan radang lambung atau maag dapat dicegah dan diobati dengan menggunakan madu mentah. Raw honey bagi kesehatan pencernakan dapat ditingkatkan dengan mencegah pengendapan makanan karena, kandungan dari asam lebah yang berpengaruh baik terhadap bakteri di usus. Hal ini membuat pencernakan jadi optimal pula. Selain itu secara alami madu mentah menurunkan tingkat asam lambung yang berlebih dan menstabilkannya sehingga pas untuk terapi pengobatan maag. Dan untuk menyempurnakan kesehatan sistem pencernakan Anda maka, metabolisme pencernakan (BAB) akan jadi lancar dengan rutin konsumsi madu mentah.

Contoh Produk Madu Mentah:
CeibaHoney ASHLIY Brand
SialangHoney ASHLIY Brand

Jual Produk Madu Mentah Murni Asli Lebah Terbaik

Demikian artikel dari RumahMaduJogja.COM yang berjudul "Perbedaan Madu Mentah Dengan Madu Olahan", semoga dapat dipahami dengan baik dan benar. Tolong bantu dibagikan jika bermanfaat dan suka :) Terima Kasih.


Daftar Pustaka :
  • Chemical composition of royal jelly. Honeybee Sci3.Thirta, E. 2012. Ciri madu asli. www.dir.groups.yahoo.com. [ 10 Juni 2012]
  • Siregar, H. C. H. 2002. Pengaruh metode penurunan kadar air, suhu dan lama penyimpanan terhadap kualitas madu randu. Tesis Program Pascasarjana. IPB. Bogor.
  • Sutami, A. 2003. Pengaruh waktu penyimpanan dalam refrigerator terhadap komposisi kimia madu asli dan madu palsu. Skripsi Jurusan Ilmu Produksi  Ternak, Fakultas Peternakan, IPB. Bogor. Takenaka, T. 1982
  • Tosi, E., R. Martinet, M. Ortega, H. Lucero & E. Re. 2007. Honey diastase activity modified by heating. Food Chemistry 106 (2008)
  • What the difference between raw unpasteurized honey dan pasteurized processed golden honey (www.preventdisease.com)
  • White, J. W. 2000. Isotope ratio testing of honey: Demistifying the internal standard test, American Bee Journal 140
  • White, J. W. 1994. The role of HMF and diastase assays in honey quality evaluation. Bee World, 75(3)
  • White, J.W.1992. Quality evaluation of honey : Role of HMF and diastase assays. Technical Seminar of Honey Standard, Testing Procedures, and Quality Control. May 25, 1992. Riyadh, Saudi Arabia.

Artikel Terkait :

Related posts