Perbedaan Madu Hutan Dan Madu Ternak

Apa Perbedaan Madu Hutan Dan Madu Ternak?

Perbedaan sumber asal nektar (makanan) lebah akan mengakibatkan perbedaan kandungan madu. Beda kandungan madu akan beda fungsi manfaat madu. Beda kualitas madu juga akan mengakibatkan beda harga jual beli madu!

Inilah Perbedaan Madu Hutan dan Madu TernakUntuk mengetahui apakah perbedaan madu hutan dan madu ternak maka, kita sedikit jelaskan (definisi/batasan pengertian) tentang apa yang dimaksud dengan madu hutan dan madu ternak pada artikel ini "Perbedaan Madu Hutan Dan Madu Ternak"

Madu Hutan yang dimaksud didalam artikel ini adalah madu yang berasal (hasil produksi oleh ...) jenis lebah hutan yaitu Apis dorsata dan tidak selainnya. Jadi jika ada madu dari jenis lebah seperti Apis trigona yang di ternak di hutan (walaupun bukan hutan liar asli alami seperti hutan jati,hutan randu, dll) maka, Tidak kita sebut atau kita beri pengertian sebagai madu hutan.

Madu Ternak yang di maksud di dalam artikel ini adalah madu yang berasal dari (hasil produksi oleh ...) jenis lebah ternak yaitu seperti ; Apis cerana, Apis melifera,Apis trigona (lanceng/klanceng),dll. Jadi, jika ada madu dari jenis lebah ternak baik yang tertulis pada jenis di atas dan atau selain jenis di atas yang dapat di ternak atau di budidayakan maka, Madu hasil jenis lebah tersebut kita sebut sebagai madu ternak.

Inilah Perbedaan Madu Hutan Dan Madu Ternak

Dengan mengetahui perbedaan madu hutan dan madu ternak maka, Anda akan dapat memilih madu yang tepat dan benar sesuai dengan KEBUTUHAN Anda

1.Beda Jenis Lebah

Perbedaan madu hutan dan madu ternak yang pertama adalah beda asal madu yang di hasilkan yaitu; Madu hutan berasal dari jenis lebah hutan (Apis dorsata) sedangkan madu ternak berasal dari jenis lebah ternak.

Untuk lebah ternak atau budidaya ada beberapa jenis, Tetapi yang paling sering di ternak atau di budidayakan adalah dari jenis lebah Apis cerana, Apis meliferra dan Apis trigona (lanceng/Klanceng).

Madu asli lebah hutan (wild honey) hingga saat ini belum dapat di budi dayakan karena sifat jenis lebah hutan (Apis dorsata) sehingga akan mempengaruhi jumlah madu hutan yang dihasilkan dan waktu panen.

2.Beda Sarang Lebah

Perbedaan madu hutan dan madu ternak yang kedua menurut RumahMaduJogja adalah beda sarang lebah yaitu perbedaan susunan bangunan bentuk sarang lebah-nya (jenis lebah).

Bentuk susunan bangunan sarang lebah hutan adalah tersusun dari beberapa tingkat sedangkan madu jenis lebah ternak ada yang susunan bangunan sarang lebah-nya satu tingkat dan ada yang tidak beraturan (berbentuk tertentu).

Perbedaan madu hutan dan madu ternak yang lain pada sarang lebah adalah untuk madu hutan tempat sarang lebah hutan ada di pohon (ranting,batang) dan ada juga yang di buat oleh lebah hutan di celah-celah batu.

Sedangkan sarang lebah ternak adalah berada di dalam kotak stup (glondong) tempat penangkaran (rumah buatan oleh manusia) sehingga, waktu dan proses panen lebih mudah dan cepat dari pada madu hutan.

3.Beda Kandungan Madu

Perbedaan madu hutan dan madu ternak yang ketiga adalah pada kandungan madu atau komposisi khusus madu yang dihasilkan. Setiap madu secara umum memiliki kandungan yang sama, Tetapi secara khusus juga memiliki perbedaan kandungan komposisi madu yang di hasilkan dari jenis lebah yang berbeda-beda.

Perbedaan khusus kandungan madu ini di sebabkan oleh beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi komposisi kandungan madu seperti:

1.—Perbedaan sarang lebah (tempat dan geografis)

Misalkan pada perbedaan letak posisi sarang lebah yang di buat oleh lebah akan mempengaruhi jumlah kandungan air alami yang di kandung di dalam madu hutan. Perbedaan letak geografis sarang lebah masuk iklim tropis, subtropis juga akan mempengaruhi karakter madu itu sendiri secara khusus dan umum.

2.—Perbedaan sumber makanan lebah (vegetasi tanaman)

Kemudian tentang perbedaan sumber makanan lebah seperti pada madu ternak dimana lebah ternak diberikan suplemen tambahan (sirup gula, tetes tebu dll) maka, hal ini juga akan mempengaruhi kandungan madu secara khusus. Tentu hal ini akan berbeda jika lebah mencari makanan langsung dari sumber bunga-bunga (nektar) yang alami pada tanaman atau pohon. 

3.—Perbedaan habitat (ekosistem) lebah.

Dan yang terakhir adalah perbedaan ekosistem hutan yaitu keanekaragaman tumbuhan, pohon di hutan akan mempengaruhi keanekaragaman kandungan komposisi madu hutan yang dihasilkan. Dan jauh dekatnya dari sumber polusi akan mempengaruhi kandungan madu dan kualitas madu baik untuk madu lebah hutan atau madu lebah ternak.

Kandungan madu hutan murni mentah apa adanya secara alami mengandung bee pollen, propolis dan royal jelly dan hal ini tentu akan berbeda untuk madu proses atau madu olahan .

4.Beda Manfaat Madu

Perbedaan madu hutan dan madu ternak terkait dengan manfaat madu berkaitan erat juga dengan perbedaan kandungan madu. Secara singkat setiap makanan atau minuman dengan kandungan atau komposisi yang berbeda akan memberikan manfaat atau fungsi yang berbeda juga baik secara umum dan khusus.

Demikian juga dengan madu hutan dan madu ternak karena berbeda kandungan madu maka, manfaat madu juga dapat menjadi berbeda. Maka, fungsi kandungan madu sesuai dengan apa kandungan madu itu sendiri.

5.Beda Karakter Madu

Perbedaan madu hutan dan madu ternak yang kelima adalah perbedaan karakter madu atau sifat madu yang di hasilkan. Madu hutan memiliki karakter madu (rasa, aroma, warna) yang lebih beragam. Rasa madu hutan pada umumnya akan lebih tajam dan kaya rasa (manis, asam-manis, manis-pahit, asam-pahit) serta cenderung tidak akan selalu sama persis karena produk alam dan alami. Aroma bau tumbuh-tumbuahan, nektar bunga yang sedap dan bermacam-macam dengan warna madu yang juga lebih beragam karena berasal dari sumber nektar yang beragam.

Berdasarkan vegetasi tanaman sumber makanan lebah maka, madu hutan cenderung-kebanyakan menghasilkan jenis madu multiflora (dari beragam bunga). Sedangkan madu lebah ternak kebanyakan mengasilkan jenis madu monoflora seperti madu bunga randu, madu bunga kelangkang, madu bunga karet, madu bunga kopi, madu bunga kaliandra, madu bunga sonokeling, madu bunga durian, madu bunga jeruk, madu bunga stroberi.

Perbedaan asal nektar yang berakibat ke perbedaan kandungan  madu secara khusus akan mempengaruhi cepat lambat proses kristalisasi madu !

Kemudian beda madu hutan dan ternak (karakter madu) di kandungan air, yaitu; pada madu hutan indonesia (sumatera ,kalimantan, nusa tenggara) kebanyakan lebih tinggi dari pada madu ternak sehingga madu hutan murni mentah akan terlihat lebih encer. Madu yang di sama-sama di panen di musim kemarau (panas) secara signifikan akan tetap beda jumlah kadar air dimana madu ternak akan lebih kental 1%-4% dari pada madu hutan.

Karakter madu hutan pada penampilan juga akan terlihat lebih keruh karena bee pollen, propolis, royal jelly yang ikut terlarut di dalam madu hutan murni mentah tidak di proses untuk di pisahkan (untuk dijual sendiri) seperti yang sering dilakukan pada madu ternak. Madu hutan rata-rata di panen dengan cara diperas (tradisional) dan di tiriskan.

6.Beda Harga Madu

Perbedaan madu hutan dan madu ternak yang keenam adalah pada harga madu (harga jual dan harga beli madu). Madu hutan secara khusus memiliki harga jual yang lebih mahal dari pada madu ternak. Perbedaan jenis lebah, sarang lebah, kandungan madu, manfaat madu, karakter madu pada madu hutan atau madu ternak akan mempengaruhi harga jual dan harga beli madu.

Perbedaan harga jual beli madu ini pantas untuk dibandingkan dengan syarat memiliki kualitas madu yang sama/sangat mendekati dilihat dari; kadar air madu, kadar abu, HMF, enzim diastase, kadar gula pereduksi (di hitung sebagai glukosa), sukrosa, kadar keasaman (PH), jumlah padatan yang tidak larut dalam air, jumlah cemaran logam (timbah (Pb), tembaga (Cu)) dan jumlah cemaran arsen (As).

Dari 10 parameter di atas baik SNI 01-3545-2004/2013 maka, hasil uji lab akan menentukan pula Grade (kualifikasi) madu tersebut.

Untuk mendapatkan MADU HUTAN atau MADU TERNAK dengan Kualitas PREMIUM, Madu ASLI 100% MURNI MENTAH ALAMI yang telah TERBUKTI dan TERUJI Lab dan ber-GARANSI Anda bisa beli⇒ DISINI

Setelah mengetahui perbedaan madu hutan dengan madu ternak maka, bagaimana manfaat madu hutan dan madu ternak untuk kesehatan, kecantikan? Berikut sedikit penjelasn manfaat madu hutan dan atau madu ternak secara umum.

Manfaat Madu Hutan dan atau Madu Ternak (secara umum):

√ Sebagai sumber energi yang efektif dan efisien. Berdasarkan kandungan (komposisi) madu murni mentah alami maka, madu adalah sumber energi. Sebagai sumber energi madu lebih bagus dari pada makanan/minuman lain sejenis.

√ Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas/antibody). Dengan rutin dan teratur konsumsi madu mentah (raw honey) maka, daya tahan tubuh akan terjaga dan bahkan meningkat tanpa menimbulkan efek resistensi !

√ Menjaga kesehatan pencernakan. Orang yang rutin dan teratur minum madu maka, akan terlihat efek pencernakan yang sehat (tidak sakit perncernakan/sembuh jika pernah ada masalah pencernakan).

Menyehatkan jantung. Kandungan madu membuat otot jantung kuat dan sehat serta mampu mencegah/menurunkan terjadinya penyakit dan resiko serangan jantung !

√ Madu Asli (raw honey) akan dapat menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil ! Karena kandungan zat dari lebah ini belum rusak/hilang akibat pemanasan seperti pada madu pasteurisasi / condenced .

√ Mencegah kanker. Hal ini berlaku pada madu mentah baik madu hutan atau madu ternak.

√ Sebagai nutrisi yang baik untuk segala usia (bayi, anak, remaja, dewasa, orang tua).

Supplemen terbaik untuk otak. Kandungan madu sangat bagus untuk otak Anda karena otak juga butuh makanan !

Baca Pula Artikel Lain Tentang MADU HUTAN dan MADU TERNAK yang sangat penting berikut ini:

Panen lestari madu hutan
Tip cara beli madu hutan
Madu hutan sialang 
Apa madu Apis dorsata?
Efek samping madu !
Artikel MADU MENTAH
Artikel PENGOBATAN MADU

Artikel Terkait :

Related posts