Manfaat Minum Madu Plus Asam Jawa Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat Minum Madu Plus Asam Jawa Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Fakta Dan Manfaat Konsumsi Asam Jawa Campur Madu Untuk Kesehatan

Asam jawa disebut demikian karena memang rasanya asam dan banyak ditemukan serta tumbuh subur di pulau jawa. Asam jawa memiliki nama latin Tamarindus indica merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh pada iklim tropis.

Secara klasifiklasi ilmiahnya tanaman ini berada pada kingdom plantae. Jenis tanaman berbuah polong ini sangat mudah ditemui di Indonesia. Batangnya cukup keras dan daunnya rindang.

Di Indonesia tanaman ini buahnya biasanya digunakan sebagai bumbu masak dan tidak jarang juga digunakan sebagai bahan minuman untuk jamu.

Selain untuk dimakan / diminum asam jawa juga dapat dijadikan bahan untuk “parem” (semacam ramuan yang dioleskan tubuh luar). Buah asam jawa ini sangat dikenal oleh orang jawa sendiri. Harga asam jawa ini juga murah dan mudah diperoleh tentunya.

pohon asam jawa banyak manfaat fungsi untuk kehidupan dan kesehatan

Buah asam jawa atau asam kiwak ini ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, kulit bijinya juga mengandung phlobatannin, dan bijinya mengandung albuminoid.

Daging buah asam jawa ini memiliki warna putih. Ketika buah asam jawi sudah matang warna buahnya menjadi coklat.

Cara tradisional mengolah buah asam jawa untuk dapat memperoleh manfaat kesehatan dan kecantikan ada 2 yaitu dengan dimasak dan tanpa dimasak. Keduanya digunakan untuk tujuan yang berbeda. Beda pengolahan akan dapat beda penggunaan dan nilai manfaat untuk kesehatan / kecantikan.

Manfaat buah asam jawa ini sudah teruji baik uji tradisional (pengalaman turun-temurun / fakta empiris di lapangan) atau uji klinis atau labolatorium.

Fakta manfaat bagi orang yang konsumsi asam jawa yang dicampur dengan madu mentah ternyata memberikan dampak yang bagus untuk pencernakan. Selain membuat lancar BAB dan kencing, Manfaat kombinasi minuman asam jawa dan madu juga mampu mencegah perut kembung, rasa mual akibat gas perut dan sejenisnya.

Selain itu asam jawa jika dicampur dengan madu mentah (raw honey) juga berguna untuk mereka yang sedang menjalankan program diet sehat. Dengan minum minuman madu plus asam jawa yang hangat sebelum makan akan membuat pencernakan lancar dalam proses mencernak dan memperbaiki kualitas metabolisme.

Untuk ibu hamil minuman asam jawa plus madu juga cocok karena mampu mengurangi rasa mual ketika hamil muda. Dalam hal kecantikan asam jawa dapat dimanfaatkan pula untuk memutihkan kulit dan mengurangi noda hitam. Untuk kecantikan kulit wajah kamu dapat aplikasikan madu plus asam jawa sebagai masker wajah ataupun untuk cuci wajah.

Itulah beberapa manfaat kombinasi dari madu plus asam jawa untuk kesehatan kamu. Kemudian bagaimana khasiat madu dengan asam jawa untuk pengobatan alami ? Penyakit apa saja yang dapat di atasi dengan menggunakan ramuan madu asam jawa ? Berikut ini penjelasan lanjutannya ….

Madu Plus Asam Jawa Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Alami

Madu dicampur dengan asam jawa adalah minuman sehat menyegarkan. Cara membuat minuman kesehatan dari asam jawa dengan madu dapat dalam kondisi dingin atau hangat.

Untuk menjaga kesehatan, asam jawa yang dicampur dengan madu mentah sangat bagus. Selain untuk sekedar menjaga kesehatan pengolahan / penggunaan asam jawa plus madu juga dapat dipakai sebagai obat berbagai macam penyakit.

Pengobatan tradisional dengan asam jawa dan madu ini juga sudah lama dipraktekan penduduk indonesia terutama orang jawa sendiri …

Bagaimana kamu tertarik menggunakan madu plus asam jawa untuk menyembuhkan penyakit ?

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan dan pengobatan yang bisa di atasi dengan minuman madu plus asam jawa :

1. Meredakan Demam Dengan Asam Jawa Campur Madu

Untuk yang belum tahu cara meredakan demam maka, madu yang ditambah buah asam jawa mampu atasi demam baik pada anak atau dewasa. Cara membuatnya yaitu  dengan rebusan asam jawa, jahe dan ditambahkan madu mentah ketika rebusan itu sudah dingin. Minumlah dua kali sehari, pagi dan sore.

2. Atasi Batuk dan Flu Dengan Madu Asam Jawa

Siapkan 3 polong asam jawa segar yang sudah matang kemudian rebuslah dalam 3 gelas air hingga tersisa ½ gelas saja. Dinginkan dan setelah dingin minumlah dengan cara ambil ½ sendok makan rebusan asam jawa dengan ditambahkan madu mentah ½ sendok makan. Minum 1 sendok setiap 3jam  sekali hingga sembuh.

3.Madu Campur Asam Jawa Obat Sakit Perut

Buat 2 cara ini yaitu ; Untuk parem… Ambillah tiga polong buah asam jawa yang sudah masak dicampur dengan kapur sirih dan minyak kayu putih. Dicampur merata dan digunakan sebagai obat gosok di perut. Untuk diminum, seduh tiga polong buah asam jawa bersama dengan bijinya dengan ±150ml air panas dan tunggu ±30menit. Setelah dingin tambahkan dengan satu sendok makan madu asli dan minumlah secukupnya.

4. Lancarkan BAB (buang air besar) Dengan Asam Jawa Plus Madu

Ambillah buah asam jawa yang sudah masak sebanyak 8 polong. Bersihkan kulitnya saja dan seduh menggunakan ±500ml air panas. Tunggu ±1jam agar air asam jawa larut dan menyatu dengan air baru tambahkan 5 sendok makan madu mentah. Bagi minuman menjadi 3 gelas dan minum 3 kali sehari 1 gelas sebelum makan/minum yang lain.

Itulah beberapa khasiat obat minuman madu yang ditambah asam jawa, semoga bermanfaat 👌👌👌 (BN).


Daftar Pustaka:

  • Amin, A 2009. Obat Asli Indonesia. Makassar : Universitas Muslim Indonesia Press.
  • Doughari JH. 2006. Antimicrobial activity of Tamarindus indica Linn. Surabaya: Grafrika.
  • Harborne JB. 1987. Metode Fitokimia . Penuntun Cara Modern Menganalisis Tumbuhan. Terjemahan K. Padamawinata & I.Soediro. Bandung: ITB.
  • Hariana, H. Arief , 262 Tumbuhan Obat & Khasiatnya, Penebar Swadaya.

 

Artikel Terkait :

Related posts