Manfaat Khasiat Madu Untuk Diabetes Melitus

Cegah Penyakit Diabetes/Kencing Manis Dengan “Madu” Murni Asli Sebagai Pengganti “Gula”

Cara-Cegah-Kencing-Manis-Kegemukan-Ganti-Gula-Dengan-Madu

Gula dan pemanis buatan lainnya merupakan salah satu sumber diabetes, untuk mencegah diabetes salah satu caranya adalah dengan mengurangi jumlah konsumsi gula pasir, gula buatan/sintetis.

Apakah madu bisa menyebabkan diabetes ?

Madu meskipun mengandung “gula” tetapi, gula pada madu murni asli lebah tidak sama dengan gula putih atau pemanis buatan.

Kombinasi yang tepat dari fruktosa dan glukosa sebenarnya membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Jumlah kadar “gula” yang terdapat dalam “madu murni asli lebah” memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyebabkan kenaikan gula darah Anda.

MANFAAT KHASIAT MADU UNTUK DIABETES MELITUS

Madu Dapat Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Manfaat madu untuk kesehatan memang begitu banyak dan sangat beragam. Salah satu manfaat madu yakni bisa menambah stamina tubuh kita dan mencegah penyakit kencing manis. Selain itu dengan menggunakan madu sebagai pengganti gula juga dapat terhindar dari obesitas. Dari penyakit kegemukan (obesitas) juga dapat meningkatkan resiko mengidap diabetes, Stroke, Jantung, dll.

Maka, memang tidak mengherankan jika  banyak sekali iklan makanan dan minuman sehat penambah stamina di televisi, radio, koran, yang hampir selalu mengandung dan menempatkan madu sebagai bahan campuran tambahan meskipun dengan kadar yang kecil.

Bolehkah madu untuk penderita diabetes?

Manfaat khasiat madu untuk diabetes melitus adalah dapat digunakan sebagai pengganti makanan lain dalam hal untuk sumber energi yang aman dan efisien.

Madu boleh dan lebih aman dikonsumsi oleh pengidap kencing manis dari pada gula karena kadar glikemik indeks rendah. Meskipun sama-sama manis, madu untuk diabetes adalah hal yang paling sesuai. Yang penting tetap jangan berlebihan karena apapun yang berlebihan tidak bagus.

Kandungan “Gula” Pada Madu Asli

Penggunaan madu murni mentah untuk penderita diabetes jauh lebih baik dari pada menggunkan gula jagung dan sejenisnya karena madu murni akan langsung diserap oleh darah dan digunkana sebagai sumber energi.

Baca Juga: Fungsi Kandungan Madu Murni Mentah Asli Lebah

Madu diserap secara perlahan tapi pasti dan tanpa membutuhkan bantuan hormon insulin pada pankreas sehingga kerja pankreas tidak berat. Madu obat diabetes juga adalah hal yang sering di pakai di dunia medis untuk mengatasi luka basah (gangren) penderita diabetes.

Manfaat madu untuk diabetes melitus (kencing manis) akan membuat tubuh penderita diabetes menjadi lebih segar dan tidak lesu karena kekurangan / kelebihan energi. Proses penyerapan madu oleh tubuh tidak memerlukan bantuan hormon insulin. Dimana penderita diabetes kekurangan hormon insulin ini. Sehingga penggunaan madu murni mentah asli lebah akan memberikan banyak manfaat khasiat madu untuk diabetes melitus

Baca Juga: Madu Herbal Pare Untuk Terapi Kencing Manis

GANTI GULA PASIR/SINTETIS DENGAN MADU DAPAT MENCEGAH DIABETES MELITUS

Orang yang memahami perbedaan madu murni dengan gula pasir meskipun sama-sama mengandung “gula” dan ingin / memiliki gaya hidup sehat maka, pasti akan lebih memilih memakan madu murni dari pada gula pasir.

Madu lebih kaya sumber energi dan vitamin serta mineral, mudah di serap tubuh dan aman untuk hati, pankreas serta menyehatkan dan menguatkan jantung.

Baca Juga: Fakta Gizi Madu

Untuk mereka yang membutuhkan makanan alami dengan asupan nutrisi yang lengkap madu sangat cocok. Madu akan mencegah timbulnya penyakit kegemukan, kencing manis akibat terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat tinggi.

Maka pilihlah madu murni asli lebah sebagai pengganti gula untuk campuran makanan dan minuman anda sebagai pengganti gula pasir dan gula sintetis.


Daftar Pustaka :
  • Hamad, Said. Terapi Madu, Depok : Pustaka Iman,2007.
  • Purbaya,Rio,J,.“Mengenal dan Memanfaatkan Madu: Khasiat Madu Alami”, Bandung: Pionir Jaya, 2002
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Suranto, Adji,dr, SPA,. Terapi Madu, Jakarta: Penebar Swadaya,2007.

Artikel Terkait :

Related posts