Madu Mentah (Raw Honey)

Analogi Madu Mentah (Raw Honey)

pengertian madu mentah raw honeyApakah Madu Mentah ?
Mengapa Tidak Semua Madu Adalah Madu Mentah (Raw Honey) ??
Apakah Yang Membuat Madu Mentah Begitu Spesial ???

Hal ini mungkin lebih mudah untuk mengingat dan memahami dengan baik apa yang dimaksud “mentah” berarti ketika Anda mengaitkannya dengan sayuran mentah dan daging mentah di mana segala bentuk pemanasan dihindari sehingga untuk memastikan semua vitamin alami dan enzim hidup dan unsur gizi lainnya yang dapat bermanfaat untuk Anda.

Definisi (batasan) / Pengertian "Madu Mentah (Raw Honey)"

Hampir semua blog/website tentang kesehatan atau terkait madu tidak sedikit yang menggunakan istilah "madu mentah", tetapi tidak sedikit juga yang tidak paham beda maksud "madu mentah (raw honey) dan "madu tidak mentah (honey).

Tidak sedikit pula label madu yang salah mencantumkan dan hanya mencantumkan mentah (raw) saja dan tidak menjelaskan mengapa madu pantas disebut madu mentah.

Pada dasarnya ada 2 faktor yang menentukan kemantahan madu yaitu suhu dan tekstur.

Kemudian tentang madu mentah (raw honey) adalah cairan manis yang paling asli yang dihasilkan oleh lebah madu  berhan baku nektar terkonsentrasi dari bunga-bunga. Madu mentah juga madu yang dikumpulkan langsung dari sarang lebah (ditiriskan/diperas) yang tidak dipasteurisasi serta madu yang belum diproses ektraktor (ini benar-benar pemanas).

Madu mentah juga adalah sebuah jenis makanan basa (kandungan & komposisi madu) ,  jenis madu mengandung bahan mirip dengan yang ditemukan di dalam buah-buahan, yang menjadi basa dalam sistem pencernaan. Madu mentah itu tidak terjadi fermentasi di perut dan dapat digunakan untuk mencegah gangguan pencernaan asam seperti maag. Ketika dicampur dengan jahe dan lemon jus, secara efektif mengurangi mual dan juga pembangkit energi yang baik.  

RainForest Madu Hutan Mentah Rasa Lembut Ringan

Definisi (batasan) pengertian Madu Mentah / Raw Honey : cairan dengan beranekaragam rasa dan aroma yang dihasilkan (di buat) oleh lebah dan telah diproses di dalam perut lebah yang berasal dari nektar/sari bunga dimana tanpa melalui proses pemanasan/pemasakan baik dengan api/sejenisnya sehingga enzim-enzim lebah, zat antioksidant, antifungal, antibakterial, antiviral masih bagus/tidak rusak.

Alasan Memilih Madu Mentah (Raw Honey)

Secara khusus jika Anda mencintai madu untuk nilai manfaat yang luar biasa dari gizi madu dan kandungan amilase; sebuah enzim terkonsentrasi di serbuk sari bunga (bee pollen) yang membantu makanan bertepung predigest seperti roti maka madu mentah adalah pilihan tepat.

Banyak madu yang ditemukan di supermarket tidak/bukan madu mentah tapi “komersial” madu biasa. Beberapa di antaranya telah dipasteurisasi (dipanaskan pada 60-70 derajat Celcius atau lebih, diikuti dengan pendinginan cepat) dan juga telah disaring (berulang-ulang/dengan mikro filter) dengan sebab-alasan agar lebih mudah/praktis pada saat pengemasan/pembotolan sehingga tampak lebih bersih dan halus, lebih menarik di rak/etalase, dan lebih mudah ketika melakukan proses pengiriman paket-paket madu.

1.—Madu Pasterusisasi ?

Pasteurisasi pada madu dapat membunuh setiap sel ragi dalam madu dan dapat juga mencegah fermentasi dan alasan ini yang sering menjadi perhatian produsen madu untuk menyimpan madu dengan kadar air yang tinggi dalam jangka panjang terutama dalam cuaca hangat.

Sementara fakta fermentasi yang dapat terjadi pada beberapa jenis madu tidak menimbulkan bahaya kesehatan (mead difermentasi madu), itu tidak mempengaruhi rasa madu secara khusus, Jadi mengapa di pasteurisasi ? Pemanasan madu juga dapat memperlambat kecepatan kristalisasi dalam madu cair.

Tetapi sisi negatifnya ketika madu dipanaskan; aroma yang lembut, ragi dan enzim yang bertanggung jawab untuk mengaktifkan vitamin dan mineral di dalam sistem tubuh manusia yang memakan madu mentah itu dapat rusak sebagian bahkan seluruhnya.

Kemudian masalah lain “madu mentah” terkait “pasterurisasi” ; diantara para produsen madu tidak terdapat kode seragam menggunakan istilah “madu mentah”.

Memang benar, Tidak ada persyaratan hukum yang ketat untuk mengklaim akan makna label madu sebagai “mentah” pada “madu mentah”. Namun demikian, pemasok madu  yang memahami bahwa madu yang telah mengalami perlakuan panas tidak akan bergizi dengan optimal/maksimal dan memiliki kesehatan konsumen yang lebih bagus dari pada madu mentah apa adanya.

Jika dalam pikiran akan memastikan madu mereka hanya sedikit menghangat (tidak dipasteurisasi), hanya cukup untuk memungkinkan madu mengalir ketika pengemasan/pembotolan.

Maka dengan demikian, Anda juga dapat menemukan madu mentah yang belum diolah tapi sedikit hangat untuk menghambat granulasi untuk waktu singkat dan memungkinkan lebih bagus secara yampilan kemasan ke dalam wadah untuk dijual. Menggunakan sesedikit panas mungkin merupakan tanda dari penanganan produsen madu yang hati-hati.

Madu mentah cenderung lebih sensitif terhadap suhu lingkungan dan goncangan saat dibawa sehingga sering kali madu mentah mudah mengkristal serta mengeluarkan gas karena goncangan (bedakan dengan gas madu fermentasi).

Maka dengan mengetahui hal ini diharapkan kita dapat memperlakukan madu mentah dengan lebih tepat karena dia (madu mentah) memang spesial.

2.—Madu Mentah Tanpa Filter

Biasanya mentah pada madu mentah tanpa filter (tanpa proses penyaringan dengan micro filter) hanya dapat dibeli langsung dari peternakan lebah atau pemburu madu untuk jenis madu hutan (Apis dorsata) .

Madu mentah ditandai oleh ; kristal bertekstur halus , terlihat keruh dan mengandung partikel dan bintik-bintik yang terbuat dari bee pollen , madu bit , propolis , dan bahkan ada fragmen sayap lebah yang rusak .

Hal baku “madu mentah” dan tanpa filter madu dan memiliki tingkat antioksidan yang tinggi dan biasanya akan menyerpihkan dan mengkristal untuk konsistensi tebal setelah beberapa bulan .

Hal ini biasanya disukai sebagai spread pada roti dan wafel , atau dilarutkan dalam kopi atau teh panas . Namun, karena kebanyakan konsumen secara alami tertarik untuk membeli dan makan kristal madu yang jelas dan bersih , madu tanpa filter yang terlihat keruh dan tidak menarik , tidak tersedia secara komersial di rak-rak supermarket .

Demikian artikel kali ini dari RumahMaduJogja.COM yang berjudul "Madu Mentah (raw honey)". Semoga dapat dipahami dengan baik dan benar.

Tolong dibantu untuk dibagikan dengan pengguna internet/pembaca yang lain agar lebih bermanfaat ya :) Terima kasih.

Artikel Terkait :

Related posts