Madu Menjaga Dan Mencegah Sakit Gigi Pada Anak-anak

Madu Menjaga Dan Mencegah Sakit Gigi Pada Anak-anakMadu menjaga dan mencegah sakit gigi terutama pada anak-anak yang suka makan minum dengan rasa manis. Sakit gigi katanya lebih sakit dari pada sakit hati. Kemudian, bagaimana jika penyakit gigi seperti gigi berlubang,gigi keropos (gigis bahasa jawanya) ini terjadi pada anak-anak yang kita cintai. Tentunya hal ini akan membuat anak-anak menjadi tidak tenang dan sering menangis (rewel) karena gigi yang sakit.

Sakit gigi pada anak-anak (selain sakit gigi karena gigi yang sedang tumbuh meskipun tidak sesakit gigi berlubang) seharunya tidak akan terjadi jika mereka memperhatikan makan dan minum mereka. Coba anda para orang tua lihat sejarah dari para nenek moyang kita dimana anak-anak mereka jarang mengalami sakit gigi akibat gigi berlubang.

Mengapa demikian ? Salah satu sebabnya karena makan dan minum mereka adalah yang alami meskipun mengandung gula. Kemudian orang-orang dahulu juga rajin menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga gigi mereka agar kuat dan tidak keropos bahkan berlubang. Salah satu caranya mereka menggunakan arang atau serbuk batu bata untuk pasta gigi dan hal ini terbukti mampu membuat gigi lebih kuat, awet dan tahan lama.

MADU MEMBANTU MEMPERBAIKI PERTUMBUHAN TULANG DAN GIGI PADA ANAK-ANAK

Kandungan madu sangat baik untuk membantu memperbaiki pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan fisik. Kecukupan nutrisi/gizi pada anak-anak akan menjamin pertumbuahan dan perkembangan tulang dan gigi mereka khususnya menjadi lancar dan normal.

Membiasakan konsumsi madu pada anak-anak dan menggunakannya sebagai pengganti gula olahan (gula pasir) akan dapat mencegah terjadinya pengeroposan gigi pada anak-anak. Rasa manis yang terdapat pada madu tidak akan membuat gigi menjadi keropos. Madu murni tidak seperti gula olahan seperti gula tebu yang disterilkan sehingga menghasilkan gula yang putih bersih. Seringnya anak-anak makan dan minum yang mengandung gula olahan ini dapat memicu terjadinya gigi berlubang dan gigi keropos. Hal ini juga karena gula olahan ini banyak di dapatkan pada makanan-makanan modern dan kembang gula yang sangat disukai oleh anak-anak.

Sebenarnya setelah makan atau minum yang mengandung gula olahan mereka para anak-anak dapat terhindar dari penyakit gigi berlubang dan keropos jika mereka rajin menggosok atau membersihkan gigi setelah makan dan minum yang mengandung gula olahan ini. Hal ini berbeda dengan madu murni dimana tidak merusak gigi meskipun lupa atau malas gosok gigi setelah makan atau minum madu yang sama-sama manis. Oleh sebab itu madu dapat menjaga dan mencegah sakit gigi pada anak-anak.


Daftar Pustaka :

  • Sarwono,B., Lebah Madu, Jakarta: Agro Media Pustaka,2001.
  • Suranto, Adji,dr, SPA,. Terapi Madu, Jakarta: Penebar Swadaya,2007.
  • Winarno,F.G, Madu,Teknologi, Khasiat dan Analisa, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1982.

Artikel Terkait :

Related posts