Madu Mencegah Bahaya Pewarna Pengawet Kimia Sintetis Makanan Minuman Anak-anak

Rumah Madu Jogja (RMJ) – Kesehatan pada anak-anak selalu menjadi perhatian khusus untuk para orang tua dan pengasuh anak-anak yang baik dan benar. Pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak memiliki hubungan yang erat dan dekat dengan kesehatan pada anak-anak tersebut. Anak-anak yang sedang dalam masa atau waktu pertumbuhan dan perkembangan baik fisik dan mental memerlukan perhatian dari para orang dewasa secara rutin dan terus-menerus hingga mereka para anak-anak menjadi dewasa dan mandiri. Karena jika kita tidak membimbing mereka (anak-anak) akan dapat tersesat dan membahayakan kehidupan mereka sendiri.

madu-mencegah-bahaya-pewarna-pengawet-kimia-sintetis-makanan-minuman-anak-anak/ Pendidikan dan pengetahuan dari para orang tua untuk mendidik anak-anak mereka juga hal yang tidak kalah penting agar tidak terjadi salah asuh dan pendidikan. Anak-anak yang mudah terpengaruh dan dipengaruhi baik oleh orang dewasa atau lingkungan sekitar patut kita (orang dewasa) perhatikan agar supaya kita dapat menyaring, mengajarkan akan pengaruh atau akibat yang baik pada anak-anak kita.

Dalam hal pertumbuhan dan perkembangan fisik pada anak-anak, makanan dan minuman adalah faktor utama sebagai sumber pertumbuhan dan perkembangan fisik mereka. Kecukupan gizi dan nutrisi akan membuat perkembangan dan pertumbuhan anak-anak menjadi lancar, sehat dan normal. Tetapi, pada zaman modern (menurut orang-orang yang mengistilahakan begitu) banyak bermunculan makanan dan minuman instan  yang dimana hal tersebut sangat disukai oleh kebanyakan anak-anak. Anak-anak yang terlah mengenal dan mencicipi makanan atau minuman instan tersebut biasanya akan menjadi seperti kecanduan dan menjadi kurang suka makan dan minuma yang alami seperti sayuran, nasi,buah-buahan.

Menurut pendapat beberapa dokter anak yang kita ketahui, orang tua yang belum punya anak atau yang sudah tetapi anak-anak tersebut belum mengenal dan mencicipi makanan dan minuman instan maka, sebaiknya jangan dikenalkan saja dahulu karena biasanya mereka akan lebih gemar dan suka akan makanan dan minuman instan tersebut yang kebanyakan mengandung pewarna dan pengawet buatan / sintetis. Hal ini untuk mencegah mereka kecanduan meskipun bukan candu. Karena rasa yang lebih kuat dan warna-warna makanan dan minuman yang lebih menarik perhatian anak-anak mrmbuat anak lebih memilih makanan dan minuman instan ini. Apalagi, sifat anak-anak yang juga masih belum dapat mengatur dan mengendalikan pola hidupnya sendiri termasuk makan/minum.

MADU MENCEGAH BAHAYA PEWARNA  PENGAWET KIMIA SINTETIS MAKANAN MINUMAN ISTAN PADA ANAK-ANAK 

Bagaimana cara madu mencegah bahaya pewarna pengawet kimia sintetis makanan minuman instan terutama pada anak-anak ? Untuk anak-anak yang sudah terlanjur suka/gemar pada jajanan/camilan/snack instan ini maka, sebaiknya anda menasehati anak-anak anda. Madu asli lebah madu dapat juga digunakan untuk mengurangi efek negatif / bahaya pewarna dan pengawet sintetis/buatan pada makanan dan minuman instan ini.

Kebisaan mengkonsumsi madu secara teratur setiap hari akan dapat meminimalisir pengaruh buruk/bahaya yang ditimbulkan oleh zat pewarna dan pengawet buatan pada makanan/minuman instan. Zat pewarna/pengawet sintetis ini akan mengendap didalam lever khususnya pada anak-anak disebabkan kebiasaan anak-anak yang lebih menyukai dan sering makan/minum berperwarna/pengawet sintetis ini.

Sambil menasehati anak-anak akan bahaya dan tidak baiknya sering makan/minuman instan anda dapat memberikan madu sebagai pencegah dan mengurangi akibat negatifnya. Dan madu yang digunakan adalah madu yang murni asli lebah madu tentunya bukan madu olahan yang telah diproses dan di tambah dengan berbagai makanan/minuman tambahan sehingga madu formulasi tersebut juga akan membutuhkan pengawet tambahan lagi. Jadi, bukan makanan/minuman instan yang didalamnya mengadung sedikit atau ada komposisi madu.


Daftar Pustaka :

  • Hamad, Said. Terapi Madu, Depok : Pustaka Iman,2007.
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Suranto, Adji, dr, SPA,.Khasiat dan Manfaat Madu Herbal, Jakarta : Agromedia Pustaka,2004.
  • Suriawira,U.,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000
  • Winarno, F.G. Madu, Teknologi, Khasiat, dan Analisa, Jakarta : Ghalia Indonesia ,1982

Artikel Terkait :

Related posts