Khasiat Madu Jahe

KHASIAT MADU JAHE UNTUK DEMAM, BATUK, PEGAL LINU, ENCOK, MENJAGA STAMINA

Minuman Madu Jahe Untuk Kesehatan

CMinum Madu Plus Jahe Enakara menikmati madu dengan jahe dengan dibuat minuman sehat yang dingin segar atau hangat akan mampu memberikan rasa nikmat dan membuat stamina / daya tahan tubuh lebih prima terutama di musim hujan dan pergantian cuaca atau cuaca yang semakin tidak menentu . Jika anda merasa kondisi kesehatan mulai menurun dan muncul gejala sakit ( flu, batuk, masuk angin ) segera konsumsi Madu Jahe. Dapatkan khasiat madu jahe dengan konsumsi berkala yang baik dan benar.

Rimpang Jahe ( Zingerber officinale )

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi. Di indonesia banyak macam jenis tanaman jahe sesuai penamaan dari masyarakat indonesia sendiri. Ada jahe merah, jahe gajah dan jahe emprit. Penduduk indonesia tidak asing dengan jahe tetapi pemnfaatan madu jahe untuk kesehatan masih sedikit yang rajin dan rutin meminumnya. Khasiat madu jahe juga telah lama dibuktikan oleh nenek moyang bangsa indonesia.

Sejarah Jahe

Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun, ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, maka budi daya jahe hanya bisa dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia. Indonesia sangat cocok untuk budi daya tanaman jahe. Pasar permintaan akan tumbuhan jahe sangat besar di indonesia.

Tanaman Jahe ( Batang Dan Bunga )

Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.

Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Ramuan Dan Khasiat Madu Jahe

Jahe-Madu-Khasiat-Manfaat-Stamina-Vitalitas

Khasiat Madu Jahe Obat Batuk dan Demam.

Batuk dan demam sering juga menyerang anda. Batuk dan demam kadang datang secara bersamaan. Batuk dan demam biasa terjadi karena bakteri. Pengobatan batuk dan demam karena bakteri dan cuaca adalah:

Caranya, ambil 1/2 jari jahe, lalu tumbuk halus dan rebus dengan 2 gelas air mendidih selama kurang lebih 1/2 jam. Minum airnya sebanyak satu gelas dan tambahkan madu sesuai selera. Dosis  2-3 kali dalam sehari.

Khasiat Madu Jahe Obat Alami Encok

Encok biasa terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut tetapi, para pemuda juga dapat mengalami sakit encok. Terlalu kerja berat fisik dan kurang gizi dapat memicu penyakit encok ini. Jika anda mengalami encok karena terlalu capek,kurang makan dan minum serta otot kaku maka, minumlah madu jahe sebagai solisi alaminya. Bagaimana cara membuat ramuan madu jahe untuk obat encok ?

Caranya, giling halus 2 jari jahe dan 5 siung bawang merah, kemudian campurkan bersama satu cangkir tepung terigu dan air. Gunakan untuk menggosok bagian yang terasa sakit dua kali sehari secukupnya.

Selanjutnya buat minuman madu jahe dengan cara, siapkan 3 siung jahe giling dan peras. Ambil airnya saja hingga ±2sendok makan dan campurkan dengan 3 sendok makan madu murni. Dapat diminum langsung atau ditambahkan air juga boleh. Jangan gunakan air panss untuk khasiat yang terbaik.

Khasiat Madu Jahe Untuk Pegal Linu

Caranya, ambil sejengkal jahe, lalu cuci bersih dan giling halus. Tempelkan pada bagian yang terasa pegal linu, lalu balut dan diselimuti. Lakukan sebelum tidur.

Selanjutnya ambil 1ons jahe emprit jika ada, potong tipis-tipis dan rebus dalam 5 gelas air hingga menjadi 3 gelas saja/ kira 20 menit direbus. Setelah menjadi dingin, ambil 1 gelas dan tambahkan 2 sendok makan madu murni asli lebah. Minum 3 kali sehari (8jam sekali 1gelas plus 2sendok makan madu).


Daftar Pustaka :
  • Hidayat, S. dan Tim Flona: “Khasiat Tumbuhan Berdasar Warna, Bentuk, Rasa, Aroma, dan Sifat” PT Samindra Utama, 2008
  • Mahendra, B: “13 Jenis Tanaman Obat Ampuh”. Penebar Swadaya, 2005
  • Purbaya,Rio,J,.“Mengenal dan Memanfaatkan Madu: Khasiat Madu Alami”, Bandung: Pionir Jaya, 2002
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Rukmana, R: “Temu-Temuan”, Kanisius, 2004
  • Sastrapradja, S., Naiola, BP, Rasmadi, ER, Roemantyo, Soepardjono, EK, Waluyo, EB: “Tanaman Pekarangan”. Jakarta. Balai Pustaka, 1981
  • Suranto, Adji, dr, SPA,.Khasiat dan Manfaat Madu Herbal, Jakarta : Agromedia Pustaka,2004.
  • Suriawira,U.,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000
  • Syukur, C. dan Hernani: “Budi Daya Tanaman Obat Komersial”. PT Penebar Swadaya, 2002
  • Tim Penulis Martha Tilaar Innovation Center: “Budidaya Secara Organik Tanaman Obat Rimpang”. Penebar Swadaya, 2002

Artikel Terkait :

Related posts