Khasiat Madu Asli Dengan Buah Pisang

Pisang (Banana) adalah pohon jenis Terna (pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu) dari suku Musaceae, yang tingginya mencapai enam meter, dengan batang yang kuat, dan daun-daun yang besar memanjang dan berwarna hijau tua. Buah pohon ini nampak dalam bentuk sisir-sisir, yang tiap sisirnya berisi (10 20) pisang, dan dalam buahnya tidak terdapat biji.

Khasiat-Manfaat-Kandungan-Dalam-Buah-PisangPohon Pisang merupakan jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di indonesia. Kita dapat menemukan pisang hampir diseluruh pualau di Indonesia. Hampir semua bagian dari pisang dapat dikonsumsi, selain buahnya kita juga pasti sudah mengenal jantung pisang, yang biasa dijadikan masakan, bahkan di daerah papua batang pisang juga bisa diolah jadi makanan. Tak lupa juga daun pisang sering dijadikan pengemas makanan tradisional.

Kandungan Dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pisang – Berbagai kandungan dalam buah pisang membuat buah ini mempunyai manfaat untuk kesehatan, untuk ibu hamil, dan untuk bayi. Tahukah anda bahwa sebenarnya dalam buah pisang terdapat kandungan gula alami, yakni fruktosa, glukosa, dan juga sukrosa. Dimana kandungan tersebut dapat diubah menjadi energi. Jika dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil, buah pisang dapat membantu perkembangan otak anak, karena dalam pisang terkandung asam folat yang terbilang cukup tinggi. Namun sayangnya tidak banyak ibu hamil yang menyadari hal tersebut. Padahal masih banyak lagi keuntungan yang akan didapatkan apabila mengkonsumsi secara rutin. Buah pisang sendiri mempunyai beberapa jenis dan keanekaragaman. Salah satu cirinya yakni terdapat pada kulit buah, pada umumnya buah pisang mempunyai warna kulit kuning ketika matang, namun ada beberapa yang berwarna merah, hijau, jingga, bahkan hampir hitam. Namun tenang saja karena setiap jenis pisang tersebut mempunyai manfaat bagi kesehatan kita. Penasaran ? Yuk langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Kandungan Nilai Gizi Buah Pisang

Pisang mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng, (68%) air, (2%) protein, (1%), (25%) gula, (1%) serat Selulosa, lemak dan minyak. Selain itu juga mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B : B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z.

Beberapa Khasiat Kandungan Buah Pisang

1. Meningkatkan energi tubuh

Buah pisang dikenal sebagai salah satu sumber energi untuk tubuh kita. Pasalnya dalam buah ini terdapat kandungan karbohidrat. Selain itu buah pisang juga mengandung gula alami yang dapat diubah menjadi energi, beberapa gula alami tersebut yakni fruktosa, glukosa, dan sukrosa.

2. Mengobati anemia

Apabila dikonsumsi secara rutin buah pisang dapat mengatasi anemia. Hal tersebut dikarenakan pisang mengandung zat besi yang mampu merangsang produksi hemoglobin dalam tubuh kita.

3. Mencegah stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit mematikan yang kini sudah semakin banyak penderitanya. Nah agar anda terhindar dari stroke sebaiknya mengkonsumsi buah pisang secara rutin. Kenapa ? karena dalam pisang terdapat kalium yang tinggi, sehingga mampu menjaga tekanan darah anda.

4. Mengobati diare

Buah pisang mampu menormalkan kembali sistem pencernaan pada penderita diare. Selain itu kandungan kalium yang cukup tinggi membuat pisang berfungsi sebagai antibakteri. Jadi konsumsi buah ini saat anda menderita diare agar lekas sembuh.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berbagai vitamin dalam buah pisang membuat pisang mampu untuk meningkatkan kekebalan sistem tubuh kita. Salah satu vitamin yang terdapat dalam buah ini yakni vitamin C. Selain itu vitamin B6 dalam pisang bermanfaat untuk produksi antibody.

6. Mengobati jerawat

Pisang dapat menjadi masker wajah alami untuk menghilangkan jerawat. Caranya yakni dengan mengoleskan pisang matang yang sudah dihaluskan pada wajah anda. Diamkan selama 15-30 menit kemudian bersihkan dengan air.

7. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dapat anda temukan dalam berbagai buah, buah pepaya dan pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Diaman kandungan serat sangat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh kita.

8. Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet sehat jangan pernah melupakan buah yang satu ini. Kandungan serat dalam buah ini dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh anda. Selain itu anda juga akan mendapatkan energi yang didapatkan dari kandungan gula alami. Namun pastikan anda tidak mengolahnya menjadi banana milk shake, kolak, maupun pisang goreng.

9. Untuk ibu hamil

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil ternyata cukup banyak dan mungkin belum anda ketahui. Pisang ini sebaiknya dikonsumsi setiap hari karena mengandung asam folat yang penting bagi kesempurnaan janin anda, membantu pembentukan sel-sel baru serta mencegah terjadinya cacat bawaan. Anda juga dapat terhindar dari morning sick atau mual-mual saat pagi hari karena buah ini mampu menjaga kadar gula darah.

Manfaat Khasiat Madu Asli Dengan Buah Pisang

Manfaat-Buah-Pisang-Dengan-Madu-AsliBerdasarkan jurnal kesehatan asam-basa makanan, buah pisang dan madu murni memiliki kandungan basa yang relatif rendah. Dengan mengkonsumsi pisang dan madu di pagi hari, dapat mengkondisikan tubuh kita agar bersifat sedikit basa. Khasiat madu asli dengan buah pisang cukup banyak. Kombinasi yang tepat madu pisang dan waktu serta dosis/takaran yang tepat akan memaksimalkan manfaat khasiat madu asli dengan buah pisang ini.

Konsumsi buah pisang dan madu asli secara teratur sebagai menu sehat diyakini dapat membantu mencegah datangnya penyakit-penyakit seperti flu, batuk, sakit maag, sembelit, wasir, asam urat, encok, hingga jantung dan kanker. Untuk menormalkan tingkat pH darah anda, tidak ada salahnya mengawali hari anda dengan mengonsumsi pisang dan madu setiap hari.

Tingkat keasaman atau pH darah yang baik ialah sekitar 7,35. Jadi, seharusnya kondisi pH tubuh kita adalah sedikit basa. Ternyata 80% manusia mengalami kelebihan asam dalam tubuh. Ciri-cirinya ialah kelebihan berat badan (obesitas), menderita rematik, asam urat, gula, kanker,  jantung, mudah terkena infeksi virus dan bakteri, seperti flu dan radang tenggorokan, mengalami masalah pencernaan berupa sakit maag, sembelit, wasir, serta mudah lelah, ngantuk dan kehabisan tenaga.

Artikel Terkait :

Related posts