Khasiat Madu Apel Untuk Sembelit Dan Gangguan Sendi

KANDUNGAN APEL SERTA MANFAAT KHASIAT MADU APEL UNTUK SEMBELIT DAN GANGGUAN SENDI RINGAN

Sembelit dan Gangguan Sendi

Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Dan Gangguan Sendi adalah kelainan pada sistem gerak yaitu sendi ( sambungan antara tulang gerak ) sehingga mengakibatkan muncul rasa nyeri, bunyi ketika digerakkan. Artrithis, Reumatik, Ghout, Osteoporosis adalah jenis-jenis gangguan sendi. Untuk Gangguan sendi menahun ( berat ) perlu penangganan yang ahli di bidang ini.

Kandungan Nilai Gizi Apel Dan Cuka Sari Apel

Buah Apel Segar

Buah-Apel-Dapat-Atasi-Sembelit-Gangguan-SendiApel dikenal sebagai makanan yang mengandung serat, antioksidan dan flavonoid buah dimana di dalamnya terkandung quercetin, yang memiliki anti-inflamasi serta anti kanker. Selain itu, apel juga mengandung vitamin C.

Dengan fungsinya tersebut, buah apel dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol darah, sembelit dan bagus untuk kesehatan mata,kulit dan hati. Apel juga membantu masalah sendi dan membantu mencegah penyakit pada umumnya.

Cuka Sari Apel

Buah apel yang selama ini kita kenal dengan segala kandungan vitamin, mineral, serta unsur-unsur lainnya seperti fitokimian, serat tanin, dll, ternyata dapat juga diolah menjadi cuka. Cuka apel (apple cider vinegar) berasal dari hasil fermentasi buah apel segar. Cairan bening kuning keemasan ini memiliki rasa yang masam dan aroma segar menyengat. Konon, cuka apel sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu untuk mengurangi nyeri pada artritis, mengobati sakit tenggorokan, hipertensi, peningkatan kadar kolesterol, jerawat, dan gangguan kulit. Cuka apel juga telah dimanfaatkan oleh orang Mesir dan Romawi zaman dulu sebagai ramuan herbal.

Perlu diketahui bahwa cuka apel tidak menimbulkan keasaman di dalam tubuh, meslipun rasa dari cuka apel tersebut masam. Seperti kita ketahui, tidak selalu makanan yang rasanya asam memiliki pH asam. Contoh, jeruk, nanas, mangga, jeruk nipis, atau jeruk lemon termasuk makanan dengan pH basa. Sebaliknya makanan dengan pH asam tidak selalu rasanya asam.

Manfaat Cuka Sari Apel Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat Cuka Sari Apel Untuk Kesehatan Dan PengobatanAdapun khasiat dan manfaat dari cuka apel sebagai berikut:

  1. Antibakteri dan antiseptik.
  2. Hipokolesterolemik yaitu menurunkan lonjakan kadar kolesterol darah.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Melegakan saluran pernapasan.
  5. Meredakan saluran pencernaan yang terganggu, kencing sakit, asma, rematik, artritis, demam, dan radang hidung. Untuk membantu mengatasi demam, oleskan cuka apel ke bagian tubuh, terutama dada, punggung, dan lipatan (siku, ketiak, dan selangkangan).
  6. Meredakan rasa letih dan lesu yang diakibatkan oleh miskinnya pasokan darah yang kaya oksigen sehingga asam urat menumpuk. Jika disertai rasa tidak nyaman dan gatal, bisa jadi karena toksemia (keracunan dalam darah). Bisa diatasi dengan membuat ramuan 3/4 cangkir cuka apel, tambahkan 1/4 cangkir madu, aduk. Minumlah sedikit-sedikit. Agar badan segar sepanjang hari, enak tidur dan daya tahan tubuh lebih baik, minum setiap pagi setelah sarapan.
  7. Campurkan cuka apel dan air hangat dalam jumlah yang sama. Gunakan untuk berkumur di tenggorokan sambil menengadahkan kepala, lalu buang. Berkhasiat menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan.
  8. Sebagai obat luar, oleskan cuka apel pada luka goresan, kulit terbakar, atau tersengat matahari, bengkak, memar, eksim, keseleo, dan gigitan serangga.
  9. Minum 2 sendok teh cuka ditambah air hangat sampai menjadi segelas, 2 kali setiap hari bagi penderita hipertensi dan hiperlipidermia (kadar lemak darah berlebihan). Dapat mencegah serangan jantung, stroke, katarak, rematik, alzheimer, osteoporosis (pengeroposan tulang) dan melawan kanker. Boleh ditambahkan madu dalam penyajiannya.
  10. Tuang sedikit cuka apel pada kapas/perban, oleskan pada kadas, kurap dan kutu air. Bagi penderita kutu air dan kaki bau, rendam kaki dalam air hangat yang dibubuhi cuka apel.
  11. Mencegah dan mengobati ketombe dengan cara menghangatkan cuka apel kemudian oleskan pada kulit kepala.

Khasiat Madu Apel Untuk Sembelit Dan Gangguan Sendi

Manfaat-Jus-Apel-Madu-Atasi-Sembelit-Gangguan-Sendi-Ringan

Jika anda mengalami penyakit sembelit dan gangguan sendi biasa/ringan maka, anda dapat mengatasinya dengan hanya membuat ramuan minuman jus buah apel dengan madu murni asli lebah.

Kandungan yang terdapat dalam buah apel dan madu murni asli akan membantu mengurangi hingga menyembuhkan masalah sembelit dan gangguan sendi anda. Madu apel adalah langkah awal dan praktis atasi sembelit dan gangguan sendi ringan.

Khasiat madu apel juga adalah ramuan pencahar ringan alami sehingga melancarkan baung air besar dan membuat pencernakan menjadi nyaman. Itulah khasiat madu apel untuk sembelit dan gangguan sendi ringan. Tetapi terlalu banyak dan konsumsi terus-menerus dalam jangka lama akan membuat anda diare.

Dengan memakan buah apel dan madu murni yang di buat jus maka, khasiat madu apel menjadi lebih optimal bahkan maksimal.

Cara Membuat Madu Apel Untuk Sembelit Dan Gangguan Sendi

Masukkan buah apel beserta kulitnya dengan takaran untuk 1 gelas 200ml adalah ±1ons apel dan 2 sendok makan madu murni. Minum 2-3 kali sehari tetapi jangan terlalu sering dan kebanyakan karena jika berlebihan dan terus menerus dapat menjadi penyebab diare karena buah apel. Selain menggunakan buah apel segar kamu juga dapat memilih sari cuka apel yang dicampur dengan madu mentah. Madu plus cuka apel ini juga mampu memberikan manfaat penyembuhan/meringankan masalah sembelit dan gangguan sendi, nyeri sendi kamu.

Jika dalam 3-7 hari penyakit gangguan sendi atau sembelit anda tidak berkurang dan menghilang segera hubungi dokter.


Daftar Pustaka :
  • Hamad, Said. Terapi Madu, Depok : Pustaka Iman,2007.
  • Nazaruddin dan Fauziah,M.1996.Buah Komersial.Penebar Swadaya.Jakarta.
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Soelarso,R Bambang 1997. Budidaya Apel. Kanisius.Yogyakarta.
  • Suranto, Adji, dr, SPA,.Khasiat dan Manfaat Madu Herbal, Jakarta : Agromedia Pustaka,2004.
  • Suranto, Adji,dr, SPA,. Terapi Madu, Jakarta: Penebar Swadaya,2007.
  • Suriawira,U. ,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000

Artikel Terkait :

Related posts