Khasiat Antioksidan Madu Murni Mentah

Apakah Khasiat Antioksidan Madu Murni Mentah

Antioksidan Madu Murni Mentah Antioksidan adalah zat yang terdapat di dalam makanan atau minuman yang dapat mencegah dan menghambat terjadinya radikal bebas sehingga orang yang mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut akan terlihat lebih awet muda atau tidak cepat menua.

Ada cukup banyak makanan dan minuman yang sudah diketahui sesuai dengan hasil penelitian yang ada dengan kandungan zat antioksidan yang tinggi seperti; madu, minyak zaitun, jeruk nipis, buah manggis (terutama kulit manggis), kacang merah, blueberry, kacang pinto, blueberry, teh hijau, dll.

Tetapi, pada pembahasan artikel kali ini kita hanya akan membahas tentang : "Khasiat Antioksidan Madu Murni Mentah"

Khasiat antioksidan madu murni mentah terkait dengan fungsi kandungan madu karena pada madu murni mentah memiliki komposisi dan manfaat yang berbeda pada madu olahan berdasarkan beberapa hasil penelitian zat-zat apa sajakah yang akan menurun bahkan menghilang pada madu proses atau madu olahan.

Khasiat antioksidan pada madu mentah (raw honey) ini memiliki peran yang utama sebagai penangkal/mencegah terjadinya radikal bebas.

Radikal Bebas VS Antioksidan

radikal bebasRadikal bebas adalah molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan elektron bebasnya, atau merupakan hasil pemisahan homolitik suatu ikatan kovalen. Akibat pemecahan homolitik, suatu molekul akan terpecah menjadi radikal bebas yang mempunyai elektron tak berpasangan. Elektron memerlukan pasangan untuk menyeimbangkan nilai spinnya, sehingga molekul radikal menjadi tidak stabil dan mudah sekali bereaksi dengan molekul lain, membentuk radikal baru.

Asap rokok, asap kendaraan, dan makanan yang terkontaminasi pestisida merupakan contoh-contoh sumber radikal bebas dari luar tubuh yang berisiko merusak sel-sel dalam tubuh dan memicu penyakit. Dengan cara rutin dan takaran yang tepat dalam konsumsi sumber-sumber makanan dan minuman yang kaya antioksidan akan mampu melawan radikal bebas.

Namun untuk dapat menangkal proses radikal bebas ini kita harus konsumsi makanan / minuman yang kaya antioksidan secara berkelanjutan karena segera setelah antioksidan menetralkan radikal bebas, kemampuan antiosidan terlebut menjadi tidak aktif.

Begitulah manfaat kandungan antiokidan dalam madu yang selain berguna dalam melawan radikal bebas, mencegah terjadinya penyakit-penyakit akibat radikal bebas yang tidak terkendali (dicegah dengan antioksidan) dan membuat lebih awet muda.

Khasiat Antioksidan Madu Murni Mentah

antioksidan penting dalam madu mentah murni alami

Antioksidan memang terdapat di dalam madu, Meskipun aktivitas antioksidan dari madu telah dipelajari secara ekstensif, para ilmuwan belum setuju seluruhnya bahwa setiap madu mengandung kadar antioksidan tinggi.

Hal ini terjadi karena madu adalah suatu campuran yang sangat kompleks, yang mengandung bahan-bahan yang saling mempengaruhi di dalam madu itu sendiri termasuk "antioksidan".

Diantaranya: hidrogen peroksida, nitrit, nitrat, glukosa, oksidase glukosa, zat besi, tembaga, klorin, yodium, katalase, tirosin, tryptophane, arginin, flavonoides, asam fenolat, produk reaksi Maillard, pH-nya tidak stabil dl.

Antioksidan yang paling penting di dalam madu adalah:

√ polifenol (flavonoid flavonol, asam fenolik, catechin, dan turunan asam sinamat)

√ vitamin (C dan E),

√ enzim (katalase, peroksidase dan oksidase glukosa),

√ karotenoid

√ asam organik

√ asam amino dan protein

√ produk dari reaksi Maillard (di madu dipasteurisasi)

Antioksidan ini bekerja secara sinergis dalam madu. Para ilmuwan meneliti dengan memisahkan flavonoid dan asam fenolat dari madu dan diuji dalam in vitro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka memproduksi hanya sebagian dari total aktivitas antioksidan dari madu.

Kesimpulan mereka: setiap antioksidan memberikan kontribusi signifikan terhadap kapasitas antioksidan dari madu, tapi mereka bertindak "synergistically".

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada madu ini dapat mencegah radikal bebas, maka wajar orang yang rutin mengkonsumsi madu terlihat lebih awet muda. Kandungan antioksidan madu murni mentah dapat dilihat dari warna madu. Menurut beberapa penelitian semakin gelap warna madu maka menunjukkan semakin tinggi kandungan zat antioksidan didalam madu tersebut.

penelitian antioksidan madu mentah

Penelitian Khasiat Antioksidan Madu Murni Mentah

Journal Of Apicultural Researce; Madu yang memiliki warna lebih gelap memiliki kandungan zat antioksidan yang lebih tinggi dari pada madu yang berwarna lebih terang. Madu dapat dijadikan sebagai supplemen antioksidan dan pengganti gula yang tentu saja madu jauh lebih bernutrisi. (Dark honey has more illinois fighting agents than light honey, University of Illionis,1998)

National Honey Board-2005; mengungkapkan hasil penelitian yang menujukan madu kaya akan kandungan antioksidan. Ahli dari Illinois yang meneliti 19 sampel madu dari 14 sumber tumbuhan semakin menguatkan jika tiap jenis madu memiliki efek antioksidan berbeda-beda. Efek antioksidan madu dapat digunakan untuk melawan radikal bebas dari lingkungan seperti; asap rokok, kendaraan bermotor dan polusi lainnya. Dengan mengkonsumsi madu 1,5 gram madu/ kg berat badan atau sekitar 4-10 sendok makan madu selama satu bulan dapat membuat kadar antioksidan di dalam tubuh meningkat.

Madu yang berwarna lebih gelap menunjukkan kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan madu yang berwarna lebih terang (National honey board, www.honey.com)

Madu yang berwarna lebih gelap. memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat dan tajam dari pada madu yang berwarna lebih terang (www.homecooking.about.com)

Madu bermanfaat sebagai sumber antioksidan dan alternatif kesehatan dari pada gula (Antioksidant capacity of honey from various floral source,2002)

tinggi rendah antioksidan madu

Madu Apa Yang Tinggi Antioksidan?

Sifat antioksidan madu tergantung pada asal botani madu, semakin gelap madu lebih tinggi kekuatan antioksidan nya. Polifenol tampaknya menjadi agen antioksidan yang paling penting dalam madu, dan madu gelap adalah orang-orang dengan jumlah terbesar dari polifenol.

Dengan pengecualian dari beberapa madu yang relatif ringan seperti arbutus madu dari Eropa selatan dan Sourwood madu dari Malaysia.

Berikut adalah contoh madu gelap yang memiliki kekuatan antioksidan tinggi terutama:

1—Buckwheat (Fagopyrum sp.)
2—Susu vetch Cina (Astragalus adsurgens)
3—Heather (Caluna vulgaris, Erica umbellata)
4—Honeydew (semua jenis madu melon)
5—Manuka (Leptospermum scoparium
6—Strawberry madu pohon (Arbutus menziesii)
7—Manis chestnut (Castanea sativa)
8—Tualang (Koompassia excelsa)
9—Ceratonia
10—Peppermint

Tetapi, tidak sedikit pula madu gelap yang ditemukan di supermarket tidak gelap karena kandungan polyphenol tinggi, tetapi karena proses pemanasan / pemasakan / pasteurisasi.

Madu yang gelap karena pasteurisasi! Selama pasteurisasi, panas menyebabkan jenis browning yang disebut sebagai reaksi Maillard. Gula dalam madu (fruktosa dan glukosa) mengikat protein bebas dan bentuk coklat berwarna pigmen yang disebut Maillard. hal ini yang menggelapkan madu olahan (bukan madu mentah) dan juga menyebabkan kerugian dalam jumlah besar kandungan antioksidan pada madu alami.

Apakah Setiap Madu Mengandung Antioksidan Sama?

Jawaban pertanyaan diatas tentunya adalah TIDAK. Kandungan antioksidan pada madu tergantung pada beberapa faktor seperti: spesies lebah, sumber botani, musim, cuaca, lingkungan dan metode pengolahan.

Tergantung pada jenis madu, kandungan antioksidan dapat berkisar 56-500 miligram antioksidan per kilogram madu.

Menurut Dewan Madu Nasional, dalam sebuah studi yang dibuat pada tahun 2011, air kadar oksidan yang larut dari sampel madu bervariasi lebih dari 20 kali lipat, dari nilai yang tinggi dari 4,32 x 10-³ Persamaan untuk Illinois backwheat madu untuk nilai yang rendah dari 21,3 x 10-5

Memanfaatkan Antiokasidan Madu Murni Mentah

Di Selandia Baru, terapi madu berhasil menyembuhkan lecet pada punggung pasien yang terlalu lama terbaring di ranjang rumah sakit. Di Uni Emirat Arab, terapi madu untuk luka akibat herpes bibir dan alat kelamin mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.

Sementara itu untuk membuktikan peran madu sebagai antioksidan peneliti di Universitas California membuktikan konsumsi madu mampu meningkatkan antioksidan dalam darah. Uji coba pada tikus untuk mengkaji kemampuan madu meningkatkan penyerapan kalsium memberikan hasil memuaskan. Riset di Universitas Purdue itu menyimpulkan, konsumsi suplemen kalsium bersama madu mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

Peneliti Heidrun Gross dari University of California-Davis dan rekan-rekannya mengatakan bahwa antioksidan diduga melindungi manusia dari penyakit dengan memperlambat proses penyakit yang berpotensi berbahaya dalam tubuh. Senyawa bekerja dengan pemulungan radikal bebas, senyawa tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat dan kompromi fungsi mereka.

Dalam studi lain 25 peserta menerima 4 sendok makan madu soba setiap hari selama 29 hari di samping diet rutin mereka. Dua jenis madu mengandung jumlah yang berbeda dari polifenol diuji. sampel darah yang diambil pada awal dan akhir penelitian menunjukkan hubungan langsung antara konsumsi madu dan tingkat polifenol melawan penyakit. Semakin polifenol yang mengandung madu mereka makan, semakin tinggi kadar antioksidan yang dalam darah mereka.

Umumnya, antioksidan dan hepatoprotektor sifat berkorelasi dengan baik dengan satu sama lain, seperti penurunan radikal berbahaya akan melindungi hati dari mereka. (Stefan Bogdanov, 2014)

Penelitian Madu dengan Tingkat Tinggi Antioksidan Dapat Memberikan Perlindungan ke Subyek Manusia Kesehatan, oleh Derek D. Schramm et al., Dari Departemen Nutrisi dan Internal Medicine di University of California, yang diterbitkan pada tahun 2003, menunjukkan bahwa substitusi madu di beberapa makanan untuk pemanis tradisional dapat mengakibatkan sistem pertahanan antioksidan ditingkatkan pada orang dewasa yang sehat.

Untuk memanfaatkan kandungan antioksidan madu murni mentah adalah dengan dibuat minuman sehat seperti : membuat minuman madu,teh dan bubuk kayu manis. Anda cukup siapkan teh yang sudah jadi dan tambahkan madu murni mentah yang telah dicampur dengan bubuk kayu manis sebelumnya. Atau anda dapat juga membuat minuman madu dan jeruk nipis, selain bermanfaat untuk antioksidan, madu jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar kolesterol


Daftar Pustaka :
  • Purbaya,Rio,J,.“Mengenal dan Memanfaatkan Madu: Khasiat Madu Alami”, Bandung: Pionir Jaya, 2002
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Suranto, Adji, dr, SPA,.Khasiat dan Manfaat Madu Herbal, Jakarta : Agromedia Pustaka,2004.
  • Suriawira,U.,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000

Artikel Terkait :

Related posts