Kandungan Air Alami Madu Asli Lebah

Kandungan Air Madu Asli

Air adalah bagian yang tidak lepas dari makhluk hidup dan hampir seluruh yang hidup mengandung air. Terkait kandungan air alami madu asli lebah, Madu juga mengandung air. Mengetahui kandungan air alami madu asli lebah berarti mengetahui komposisi dan karakter madu asli juga karena ada standar khusus yang ditetapkan oleh lebah terhadap kandungan air di dalam madu produksinya .

Kandungan Air Maksimal Madu Asli Lebah

Kemudian bagaimana kandungan air madu; banyak yang percaya bahwa madu berkualitas baik pada dasarnya memiliki kadar air rendah. Madu cenderung terjadi fermentasi dan kehilangan kesegaran jika kadar air, yang dapat diukur dengan menggunakan gadget yang disebut refraktometer, lebih besar dari 19%. Kandungan maksimal air alami pada madu mentah yang telah matang (jadi madu yang ditandai sarang telah tertutup lilin dengan seluruhnya) adalah 22%.

Karena kandungan air madu yang terlalu tinggi maka hampir semua madu dipasteurisasi (proses pemanasan dengan suhu dan waktu tertentu). Pemicu lain fermentasi madu mentah adalah karena madu mentah mengandung ragi liar. Karena konsentrasi gula yang tinggi, ragi ini akan menimbulkan sedikit risiko dalam madu; Dimana kelembaban rendah karena osmosis akan menarik air yang cukup dari ragi untuk memaksa mereka menjadi dormansi. Namun, dalam madu yang memiliki proporsi yang lebih tinggi dari air, ada kemungkinan lebih tinggi bahwa ragi dapat menyebabkan fermentasi dalam penyimpanan, dimana peningkatan keasaman dapat menjadi masalah kualitas untuk madu.

Sifat Higroskopis Madu

Madu juga bersifat higroskopis, yang berarti bahwa itu mudah menyerap kelembaban dari udara. Dengan demikian, di daerah dengan kelembapan yang sangat tinggi bisa sulit untuk menghasilkan madu kadar air yang relatif rendah. Kadar air baku madu bisa serendah 14%, dan dianggap oleh sebagian orang sebagai lebih berharga. Madu mengandung sampai 22% air tidak dianjurkan untuk disimpan dalam waktu lama dan ditempat yang lembab serta kemasan yang tidak tertutup rapat karena akan memudahkan terjadi kondisi madu bertambah encer.

Kandungan air madu mentah asli yang bagus maksimal adalah 22% saja, Tetapi hal itu dapat bertambah jika cara panen dan simpan tidak tepat (terkait sifat higroskopis madu).

Salah satu cara sederhana untuk menilai kuantitas relatif kadar air (tidak kemurnian) dalam madu adalah ; dengan melibatkan dan mengambil dua ukuran yang sama yaitu; sama-suhu dan kemasan baik disegel pada madu dari sumber yang berbeda. Putar dua kemasan (jars madu) terbalik dan perhatikan gelembung=gelembung yang naik. Gelembung di madu dengan kadar air lebih akan naik lebih cepat. Inilah cara mengetahui kandungan air alami madu asli lebah ; banyak atau sedikit. (by:BN/TJ)

Artikel Terkait :

Related posts