Jual Madu Kaliandra Asli Alami

Jual Madu Kaliandra Asli Alami - CalliandraHoney ASHLIY Brand

Apakah Madu Kaliandra?

Madu Kaliandra adalah madu yang dihasilkan atau diproduksi oleh lebah ternak atau lebah budidaya yang lebah tersebut menghisap nektar/bunga rata-rata adalah dari tanaman bunga kaliandra. Madu nektar bunga kaliandra ini biasanya diproduksi (dihasilkan) oleh jenis lebah ternak Apis mellifera (lebah Australia).

Karena lebah budidaya Apis mellifera yang digembalakan (“angon”) di sekitar tanaman bunga kaliandra dan secara alami kebanyakan menghisap bunga kaliandra sehingga madu yang dihasilkan disebut sebagai “madu kaliandra”.

Tanaman Bunga Kaliandra

Bunga Kaliandra Merah-Calliandra calothyrsusDi Indonesia tanaman kaliandra ini dapat dijumpai di dataran tinggi (daerah pegunungan). Tanaman kaliandra sendiri memiliki berbagai macam jenis (klasifikasi) bunga dan ada sekitar 200 jenis. Dari sekian banyak jenis bunga kaliandra yang paling dikenal di Indonesia adalah bunga kaliandra merah (Calliandra calothyrsus).

Nama asli tanaman kaliandra adalah Xilip de Qorcolorado. Tanaman kaliandra didatangkan pertama kali tahun 1936 dari Guatemala.  Nama ilmiahnya Calliandra callothyrsus Meissen. Di sana ia juga memiliki beberapa julukan, diantaranya “cabello de angel” yang berarti ”rambut malaikat” dan “barbe sol” yang artinya ”jenggot matahari”.

Di Indonesia bunga kaliandra sebenarnya berbunga sepanjang tahun tetapi produksi buah dan musim bunganya terbanyak terjadi dimusim kemarau (April-November). Tanaman kaliandra ini termasuk tanaman bunga yang tumbuh secara liar.

Kaliandra merupakan spesies tanaman multiguna memiliki sifat-sifat unggul yang bermanfaat baik bagi manusia maupun lingkungan. Kaliandra seperti yang kita ketahui merupakan tanaman multiguna karena mempunyai kegunaan dan keunggulan yang bermacam-macam seperti:

  • Kaliandra sebagai pakan ternak yang berprotein tinggi
  • Sebagai tanaman penghijauan, mencegah erosi tanah, sumber kayu bakar
  • Sebagai tempat pertenakan lebah madu
  • Dan tentunya sebagai tanaman yang menyuburkan tanah.
  • Tanaman kaliandra dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang tidak begitu subur.
  • Dapat mencegah, mengurangi perkembangan dan pertumbuhan gulma.
  • Kaliandra dapat tumbuh dengan baik pada kawasan dengan intensitas curah hujan rata-rata 700-4000 mm/tahun, namun dihindari tergenang air,
  • Tumbuh dengan baik pada ketinggian 400-1800 meter di atas permukaan laut.
  • Kaliandra dapat tumbuh pada bermacam-macam tipe tanah, pada tipe tanah asam, dan tanah yang tidak subur.

Tanaman Pohon Bunga Kaliandra Merah-Madu Kaliandra Asli Alami

Bagaimana Ciri-ciri Madu Bunga Kaliandra Yang Asli?

Dengan mengetahui ciri-ciri madu bunga kaliandra asli maka, Kami harapkan Anda dapat jadi lebih mudah didalam memilih madu yang akan Anda beli. Selain itu juga dapat mencegah salah pilih madu atau salah beli madu karena tidak mengetahui ciri-ciri (beda) madu ternak / madu budidaya terutama dari lebah Apis mellifera yang satu dengan yang lain berdasarkan sumber asal nektar bunga rata-ratanya. Apa saja ciri-ciri madu kaliandra asli, berikut penjelasan singkatnya:

  • Madu kaliandra (terutama dari jenis bunga kaliandra merah) memiliki karakter madu yang dihasilkan adalah tergolong madu yang mudah menggumpal (madu mengkristal). Jadi jika Anda membeli madu bunga kaliandra asli dan tidak ingin madu menjadi lebih kental karena mengkristal maka, caranya adalah dengan menghindari (jangan) menyimpan madu kaliandra di suhu rendah seperti lemari pendingin (frezzer) karena akan mempercepat proses kristalisasi madu kaliandra ini ! Dan jika Anda menginginkan madu ternak yang tidak mudah mengkristal (bisa disimpan di lemari es) maka, pilihlah madu randu
  • Ciri warna untuk madu kaliandra asli adalah berwarna kuning pekat (tidak tranparan/tembus pandang).
  • Bau atau aroma madu bunga kaliandra asli adalah harum, wangi dan segar serta tidak membuat pusing ketika dihirup dalam-dalam. Aroma sangat jelas tercium aroma bunga alami dan bukan aroma buatan (tiruan/kimia). Hal yang tidak kalah penting dari aroma madu asli kaliandra dan madu asli yang lain adalah aroma tidak akan hilang meskipun tutup kemasan madu telah dibuka.
  • Rasa madu kaliandra yang asli ini enak dan lembut ditenggorokan ketika dimakan dan ditelan langsung. Madu kaliandra yang asli berasa manis alami dan tidak ada rasa asam-asamnya. Rasa madu kaliandra sama/menyerupai rasa madu bunga kelengkeng dan madu bunga karet .
  • Madu kaliandra mentah asli (calliandra-raw honey) memiliki ciri khas mengeluarkan busa cukup dan tidak berlebihan. Dan busa pada madu kaliandra mentah asli dapat bertambah ketika kemasan yang berisi madu kaliandra ini diguncang-guncangkan (“dikocok”).
  • Madu kaliandra asli tidak ada kadaluarsanya (ekpired date) karena madu murni mentah asli alami sendiri memiliki komposisi (kandungan madu) yang berperan sebagai pencegah basi (kandungan antibakteri, antivirus dan antijamur).

Khasiat/Manfaat Madu Kaliandra

Secara umum madu hutan atau madu ternak memiliki khasiat yang sama antara madu satu dengan madu yang lainnya. Tetapi, berdasarkan sumber asal nektar bunga rata-rata madu tersebut akan menghasilkan pula karakter dan ciri-ciri khusus madu yang membedakan madu yang satu dengan madu yang lainnya. Lalu tentang khasiat atau manfaat madu kaliandra, berikut perincian singkatnya:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh secara alami (imunitas)
  • Melancarkan BAB, membuat enak perut dan memperbaiki fungsi kerja sistem pencernakan
  • Mencegah Flu, Batuk dan menyembuhkannya
  • Mencegah dan mengobati sariawan, radang tenggorokan, bibir pecah-pecah dan panas dalam
  • Memperlancar fungsi kerja otak, membuat enak tidur (diminum ½-¹ jam sebelum tidur) dan mengatasi Insomnia.
  • Memperkuat otot jantung, mencegah serangan jantung (gagal jantung) akibat jantung lemah.
  • Mengobati luka bakar, luka “borok” gangren diabetes,dll.

Selain manfaat madu kaliandra di atas Anda juga dapat mengkombinasikan dengan herbal atau sebagai ramuan madu herbal pada terapi pengoabatan madu. Konsumsilah dengan tepat dan benar madu kaliandra agar manfaat yang diperoleh juga bagus, optimal hingga maksimal.

Kemasan dan Harga Jual Madu Kaliandra Asli Alami

Kemasan madu kaliandra asli alami dengan merk CalliandraHoney∼ASHLIY Brand yang dikemas (diproduksi) oleh AHN Group-Yogyakarta ini tersedia dalam empat ukuran kemasan yaitu;

  1. Kemasan toples kaca (jar) hexagonal Isi: 250ml
  2. Kemasan toples kaca (jar) bulat Isi: 360ml
  3. Kemasan botol plastik PET Isi: 325gr dan,
  4. Kemasan jerigen plastik HDPE Isi: 1kg

Kemudian tentang harga jual madu asli bunga kaliandra merk ASHLIY Brand berbeda-beda sesuai dengan kemasan dan isi madu kaliandra terbsebut. Berapa harga jual madu kaliandra (CalliandraHoney) ASHLIY Brand? ⇒ Cek/lihat di Daftar Harga Lengkap Madu ASHLIY Brand

Artikel Terkait :

Related posts