Fungsi Khasiat Kulit Kayu Manis Untuk Kesehatan

FUNGSI KHASIAT KULIT KAYU MANIS UNTUK KESEHATAN

TANAMAN KAYU MANIS

Manfaat-Khasiat-Kayu-Manis-Untuk-Kesehatan-Rahim-Wanita

Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah ke dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.

Nama latin : Cinamomum Burmani,

Nama lokal : Manis jangan, Kayu legi, Kanigar, Hotim, Huru mentek, Kulit manis, Ki amis.

Diskripsi tanaman : Tanaman herbal kayu manis  ini, ketinggiannya bisa mencapai 15 m, dan diameter batangnya mencapai 30 cm. Tanaman ini bisa tumbuh didaerah antara 1000 hingga 1500 meter diatas permukaan laut.  Tanaman herbal ini bisa ditemukan dihutan, dan biasanya daunnya rimbun.

Tanaman ini banyak digunakan untuk menambah citarasa suatu masakan dan juga menambah aroma suatu makanan, dan juga sebagai bahan yabg diguna. Kayu manis ini termasuk golongan pohon penghasil rempah-rempah. Tanaman kayu manis ini termasuk bumbu tertua, bahkan sudah digunakan oleh bangsa mesir kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Kayu manis ini secara tradisional juga digunakan sebagai ramuan obat herbal,dengan ditambah madu misalnya untuk pengobatan radang sendi, Jantung, sakit kulit dan bisa digunakan juga bagi yang menderita perut kembung.

Ciri – ciri tanaman kayu manis :

  • Kayu : Agak berat, tidak keras, Pejal, struktur halus, dengan serat lurus.
  • Warna dan bau  : kayu manis ini berwarna merah muda coklat, dan berbau adhas.
  • Kulit : berwarna kelabu tua, berbau tajam.
  • Daun : Berwarna merah atau hijau.

KANDUNGAN FUNGSI KHASIAT KULIT KAYU MANIS UNTUK KESEHATAN

Kandungan Zat Berkhasiat Tanaman Kayu Manis : Tanaman kayu manis ini memiliki berbagai kandungan kimia yaitu minyak Pengobatan atsiri eugenol, sinamaldehyde, tanin, kalsium oksalat, damar dan zat samak.

Manfaat  Fungsi Khasiat Kulit Kayu Manis Untuk Kesehatan :

Selain untuk menambah citarasa masakan, juga pada pembuatan kue baik untuk aroma maupun rasa kayu manis juga dimanfaatkan sebagai obat herbal. Manfaat kulit kayu manis juga dapat dijadikan obat secara tradisional yang berfungsi sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, seperti untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung. Selain itu penggunaan madu dan kulit kayu manis untuk cepat hamil dan memperkuat rahim sudah tidak menjadi rahasia lagi oleh para perempuan asia timur khususnya. Adapun pemanfaatannya diantaranya adalah sebagai berikut  :

  1. Pengobatan diabetes melitus:. Berbeda dengan obat-obatan yang lain cara kerja obat herbal kayu manis ini adalah dengan cara mengoptimalkan atau optimalisasi fungsi organ tubuh yang masih baik, sehingga ia akan memperbaiki fungsi dari organ pankreas ( karena dalam hal ini /diabetes) yang bermasalah adalah organ pankreas.
  2. Pengobatan asam urat : Ambil 1 ibu jari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 4 lembar dan sosor bebek. Bersihkan terlebih dahulu bahan-bahan tersebut dengan dicuci. Rebus dengan 600 ml air. Didihkan dan sisakan 300 ml. Saring dan minumlah.
  3. Obat perut kembung dan masuk angin : Gunakan 5 gram kayu manis, 5 gram pulosari, 5 gram jahe, 5 gram pulosari dan 5 gram adas, serta 5 gram biji pala. Rebus semua bahan tambahkan gula aren secukupmya. Rebus hingga mendidih dengan air 800 ml. Sisakan 450 ml. Minum selagi hangat 150 ml, 3 x sehari.
  4. Pengobatan diare : Gunakan 5 gram kayu manis,     5 lembar daun jambu biji. Bersihkan terlebih daulu dengan dicuci. Rebus dengan air 600 ml dan sisakan 300 ml.
  5. Pengobatan sakit maag. : Gunakan 10 gram kayu manis yang direbus dengan air 200 cc, dan sisakan 100 cc. Saring dan minumlah selagi hangat.
  6. Untuk obat sakit kepala : ambil 10 gram kayu manis, 3 bitur cengkeh, 5 gram pala, 5 gram merica, 10 gram  jahe. Semua bahan ditumbuk dan diseduh dengan air. Saring dan m,inumlah secara teratur.

CONTOH PENGGUNAAN KULIT KAYU MANIS UNTUK KESEHATAN

Kayu manis adalah rempah-rempah yang sering digunakan untuk penguat aroma minuman atau makanan. Kamu tentu pernah menemukan minuman atau kue yang beraroma kayu manis. Ternyata kulit kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut merupakan manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh antara lain :

1. Menurut studi yang dilakukan di banyak universitas, 1/2 sdt bubuk kayu manis sangat efektif mengurangi kolesterol LDL.

2. Kayu manis terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Rempah-rempah ini mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

3. Kayu manis dapat mencegah infeksi jamur. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari kayu manis.

4. Menurut sebuah jurnal dari Departemen Pertanian Amerika di Maryland, kayu manis berguna untuk penyembuhan kanker. Ia dapat mengurangi pembagian sel yang tidak merata, khususnya leukemia dan limfoma sel kanker.

5. Kayu manis juga memiliki efek anti pembekuan darah dan merupakan sumber zat besi, mangan, serat, dan kalsium.

6. Campurkan 1 sdt bubuk kayu manis dan madu. Minum ramuan ini saat perut masih kosong. Ramuan ini dapat mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan memori.

FUNGSI KHASIAT KULIT KAYU MANIS UNTUK PENGOBATAN BERBAGAI PENYAKIT

  • Mengurangi Kolestrol Jahat

Rempah-rempah dengan citarasa eksotis ini juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Taburkan 1-2 sendok teh bubuk kayu manis ke makanan Anda setiap hari untuk mencegah peningkatan LDL di dalam tubuh. Sebaiknya dibarengi juga dengan pilihan makanan sehat lainnya yang rendah kolesterol seperti sayuran dan buah segar.

  • Membantu Mengatur Gula Darah

Kayu manis membantu mengatur kadar gula darah, sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu kayu manis juga bisa dikonsumsi bagi Anda yang ingin menstabilkan tingkat energi.

  • Berfungsi Menyeimbangkan Hormon

Mengandung senyawa kimia alami cinnamaldehyde Menurut sejumlah studi, zat ini bisa meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon.

  • Memenuhi Kebutuhan Serat & Mineral

Kayu manis mengandung sedikit serat, kalsium, zat besi dan mangan. Meskipun jumlahnya sedikit, tapi manfaat nya bisa membantu melengkapi kebutuhan serat dan mineral harian Anda.

  • Berkhasiat sebagai anti-bakteri

Banyak digunakan untuk menyingkirkan bakteri jahat tanpa merusak gigi atau gusi. Itu sebabnya kayu manis banyak digunakan pada produk pasta gigi, obat kumur dan permen penyegar napas. Khasiatnya juga bisa didapatkan dengan mencampurkan bubuk kayu manis ke dalam teh, cokelat panas atau susu hangat.

  • Mencegah & Mengobati Kanker

Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis memiliki manfaat untuk dapat mengurangi proliferasi sel kanker, baik untuk pencegahan kanker dan mengobati penderita penyakit kanker.

  • Meringankan flu

Kandungan yang ada dalam kayu manis juga dapat mengurangi flu, terutama bila dikombinasikan dengan jahe. Di mana kandungan anti-inflamasi-nya membantu mengalirkan sirkulasi peredaran dalam tubuh. Sehingga perlahan flu pun bisa membaik, dan sembuh.

  • Meringankan nyeri rematik

Seseorang yang sedang mengalami nyeri rematik bisa mengandalkan kayu manis untuk mengatasi keluhan itu. Menurut sebuah hasil penelitian Universitas Copenhagen, pasien yang mengonsumsi bubuk kayu manis dapat membantu menghilangkan rasa sakit karena rematik. Tentunya kayu manis sangat berguna bagi Anda yang memiliki penyakit rematik.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya cukup  efektif dalam melindungi jantung terhadap sebuah kerusakan maupun infeksi, terutama di arteri yang dikarenakan makanan berlemak.

Demikian informasi mengenai “fungsi khasiat kulit kayu manis untuk kesehatan”, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Related posts