Fungsi Kandungan Madu Murni Mentah Asli Lebah

Pengertian Fungsi Kandungan Madu Murni Mentah Asli Lebah

Fungsi kandungan madu murni mentah asli lebah adalah semua hal-hal yang terdapat di dalam larutan madu (zat-zat terlarut madu) dimana setiap bagian-bagian dari larutan madu tersebut memiliki peranan fungsi manfaat tertentu yang membedakan antara zat yang satu dengan zat yang lain yang mana semua itu disebut sebagai kandungan madu.

Fungsi Kandungan Madu RumahMaduJogja

Fungsi kandungan madu murni mentah asli lebah berbeda dengan fungsi kandungan madu campuran atau fungsi kandungan madu murni olahan (tidak mentah), Apalagi dengan fungsi kandungan madu tiruan atau sintetis.

Mengapa demikian ? Karena kandungan madu di dalam masing-masing madu tersebut berbeda-beda baik karena pengaruh zat tambahan baru di dalam madu atau akibat madu diproses / diolah sedemikian rupa sehingga menjadikan fungsi dari setiap kandungan madu juga menjadi berbeda.

Kesimpulan : Jadi jika kandungan di dalam madu berubah maka fungsi (manfaat) madu juga akan berubah.

Fungsi Kandungan Di Dalam Madu Murni Mentah Asli Lebah

Perbandingan Fungsi Kandungan Madu

Madu memang kaya manfaat dengan fungsi kandungan madu untuk kesehatan manusia. Manfaat madu secara khusus dipengaruhi oleh kandungan yang ada di dalam madu tersebut. Madu hutan dan madu ternak secara khusus memiliki kandungan atau komposisi yang berbeda sesuai keanekaragaman sumber nektar makanan lebah, tempat hidup atau habitat lebah. Perbedaan inilah yang juga akan memberi pengaruh khusus akan fungsi kandungan madu.

Perbandingan nilai gizi dan kalori fungsi kandungan madu juga berbeda dengan makanan dan minuman sehat lain. Pada setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis.

Fungsi Kandungan Madu Secara Khusus

Di dalam madu terkandung beragam jenis gula ( glukosa, fruktosa, dan ada sekitar 15 jenis gula alami di dalam madu ), beragam mineral ( kalsium, potasium, magnesium, sodium klorin, sulfur dan fosfor ) dan vitamin-vitamin  ( A (retinol), B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), C (asam askorbat), D (kalsiferol), E (tokoferol) dan K (filokuinona)  ).

Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa macam hormon, enzim, tembaga, iodium dan zinc. Dengan kata lain hampir segala yang diperlukan oleh tubuh manusia terdapat di dalam madu.

RainForest Madu Hutan Mentah Rasa Lembut Ringan

1. Fungsi Kandungan Vitamin Di Dalam Madu

  • Vitamin A di dalam madu berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, dan sangat penting untuk indra penglihatan agar tetap sehat serta menjaga imunitas tubuh atau kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti ; katarak, rabun senja.
  • Vitamin B1 yang terkandung dalam madu memiliki fungsi yang sangat penting untuk sistem saraf dan fungsi kerja jantung serta dapat mencegah penyakit beri-beri. Akibat kekurangan vitamin ini dapat mengalami penyakit beri-beri, kulit kering, kulit bersisik, serta dapat mengalami penurunan daya tahan tubuh, nafsu makan menjadi berkurang dan susah untuk buang air besar.
  • Fungsi kandungan vitamin B2 pada madu memiliki fungsi yang penting untuk kulit, pertumbuhan jaringan tubuh,  serta dapat mencegah kepekatan mata terhadap cahaya.
  • Fungsi kandungan vitamin B3 madu yaitu membantu mengubah makanan menjadi energy, mencegah penyakit pellagra, membantu kinerja sistem saraf, serta dapat membantu dalam mencegah berkurangnya nafsu makan. Adapun penyakit yang akan timbul ketika kekurangan vitamin B3 seperti penyakit pellagra, dan akan merasakan badan lemas, otot mudah keram dan kejang serta insomnia mual-mual.
  • Fungsi kandungan madu yaitu; vitamin B5 di dalam madu berguna untuk membantu pemecahan nutrisi makanan ( terutama pada lemak ), memproduksi senyawa asam lemak, neurotransmiter, sterol, hormon tubuh serta dapat menjaga komunikasi sistem saraf dan otak. Kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan penyakit paresthesia, sulit tidur, kulit kering dan bersisik, dan otot mudah kram.
  • Vitamin B6  memiliki fungsi yang penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta sangat penting untuk sel-sel darah merah dan system saraf serta mampu menghasilkan anti body. Penyakit yang timbul karena kekurangan vitamin B6 adalah penyakit anemia atau kekurangan darah serta dapat mengakibatkan terjadinya gangguan dalam sistem saraf.
  • Vitamin B12 memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf, sangat penting untuk membantu dalam pertumbuhan anak-anak, serta dapat mencegah penyakit anemia.
  • Fungsi kandungan madu yaitu; Vitamin C di dalam madu berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi serta tulang,mencegah penyakit kudis,dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dapat membentuk sel-sel tubuh dan pembuluh darah, serta sebagai antioksidan.
  • Fungsi kandungan madu yaitu; Vitamin D di dalam madu dapat mencegah penyakit rahkitis atau yang disebut pelunakan tulang pada anak-anak, serta dapat membantu tubuh menggunakan kalsium dan phosphor.
  • Fungsi kandungan madu yaitu; Vitamin E memiliki fungsi penting untuk kelancaran fungsi darah dalam melakukan tugasnya, menjaga kesehatan kulit, mata, darah merah dan hati, sebagai antioksidan alami, melindungi paru-paru dari polusi udara serta dapat mencegah asam lemak yang berlebihan. Jika  kekurangan vitamin E dapat menimbulkan kemandulan, gangguan saraf dan otot.
  • Fungsi kandungan madu yaitu; Vitamin K berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh serta dapat mencegah penyakit diabetes,  dapat menurunkan resiko terkena penyakit osteoporosis dan dapat menekan proses pendarahan akibat pemakaian senyawa aspirin atau antibiotik yang berlebihan.

2. Fungsi Kandungan Gula Dan Mineral Pada Madu

Kandungan "gula dan mineral" di dalam madu dapat melindungi tubuh dari keluhan penyempitan kapiler dan arteriosklerosis ( saluran darah ke jantung ) dan juga membunuh bakteri.

 Bila diminum bersama air sejuk ( air dingin ), madu menyatu ke dalam aliran darah hanya dalam waktu rata-rata tujuh menit, dengan demikian merupakan unsur penyembuh dan pemulih yang cepat dan bagus untuk tubuh manusia.

Di dalam madu terdapat asetilkolin ( zat kimia yang dibuat oleh beberapa jenis sel saraf untuk mengirim pesan ke sel lain, termasuk sel-sel saraf lainnya, sel-sel otot, dan sel-sel kelenjar ) yang dapat memberikan efek kolinergik ( menyejukkan dan melancarkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah tinggi ) sehingga madu dapat mengobati hipertensi.

Kandungan gula dan mineral pada madu dapat menyehatkan dan memperkuat otot-otot jantung.

Prof. Dr. F.G. Winarno ( Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor ) dalam bukunya ‘Madu, Teknologi, Khasiat, dan Analisanya’, menyatakan bahwa gula dan mineral dalam madu dapat berfungsi sebagai tonikum bagi jantung. Otot-otot jantung bekerja tanpa henti sehingga selalu membutuhkan glukosa sebagai sumber tenaga untuk mengganti energi yang hilang.

Prof. M.B. Colomb, A. menyatakan; madu sebanyak 50-140 g ( rata-rata 70 g ) yang diberikan tiap hari kepada penderita jantung memperlihatkan perbaikan kondisi mereka dalam jangka waktu yang cepat.

Kandungan Sumber Energi Terbaik Dari Madu

Madu jika di konsumsi oleh olahragawan, atlet atau pekerja berat dapat meningkatkan performa ( ergogenic ). Madu sebagai ergogenik nutrisi mengacu kepada bahan atau zat konsumsi yang mampu memberikan peningkatan pada kapasitas performa olahraga, aktifitas fisik seseorang.

Zat ergogenic ini dapat berupa nutrisi utama tubuh seperti cairan, karbohidrat atau juga protein, berupa ekstrak bahan pangan atau juga kandungan zat tertentu dalam bahan makanan seperti kreatin ( ikan & daging ) atau kafein ( kopi, teh & coklat ). Madu dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan juga membantu penyembuhan otot serta pemulihan stamina setelah aktifitas berat.

Madu walaupun memiliki rasa yang lebih manis dari pada gula pasir, madu memiliki indeks glikemik rendah. Rendahnya kadar glikemik pada madu karena madu lambat diserap ke dalam aliran darah. Anda yang memiliki penyakit diabetes atau kencing manis harus mengurangi makanan berindeks glikemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah. Maka madu yang murni, mentah dan asli lebah cocok untuk diabetesi.

Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL ( kolesterol buruk ) dalam tubuh.

3. Fungsi Kandungan Hormon Dan Enzim Madu

Fungsi kandungan hormon dan enzim-enzim lebah pada madu murni mentah asli lebah memang sangat mujarab untuk kesehatan.

Fungsi kandungan hormon dan enzim lebah pada madu mentah ini memliki khasiat-manfaat sebagai antiseptik atau antibiotik, antioksidant, anti kanker alami pada madu.

Kandungan Antibiotik Dalam Madu Dapat Melawan Parasit

Madu dapat melawan parasit pada manusia dengan minuman yang terbuat dari madu, cuka, dan air adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi masalah perut ketika bepergian. Sebab ketiga campuran bahan tersebut merupakan penangkal parasit. Efek anti bakteri pada madu awal mulanya di duga karena kandungan gula yang tinggi dalam madu dan disebut sebagai efek osmotik.

Tetapi penelitian terbaru selanjutnya menemukan adanya zat inhibene pada madu yang pada akhirnya di ketahui sebagai hidrogen peroksida yang berfungsi sebagai anti bakteri. Hidrogen peroksida jumlah akan meningkat jika bereaksi dengan air. Konsentrasi hidrogen peroksida madu sekitar 1 mmol/l yang 1000 kali lebih kecil jumlahnya dari pada larutan hidrogen peroksida 3% yang biasa di pakai sebagi antiseptik. Walaupun konsentrasinya lebih kecil, efektivitasnya tetap baik sebagai pembunuh kuman.

Efek samping hidrogen peroksida pada madu akan diatasi oleh zat antioksidan dan enzim-enzim lainnya. Kadar inhibine dalam madu ternyata sangat bergantung pada jenis, umur dan kondisi madu. Inhibine sangat sensitif terhadap panas suhu 60ºC , keaktifan inhibine dalam madu hilang hanya dalam waktu 15 menit.

Dr.WG Sackett ( Ahli Baktreologi dari Agriculture Academy Colorado ) menyatakan : “Madu secara in vitro dapat mematikan kuman tifus dalam 48 jam. Kuman penyebab radang paru-paru mati pada hari keempat bersamaan dengan kuman penyebab perotinitis, radang selaput paru dan kuman penghasil nanah. Sedangkan bakteri penyebab diare disentri mati hanya dalam 10 jam.”

Peter C Molan ( 1992 ), Peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto , Selandia Baru. Menurutnya: “Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.”

Departement of Biochemistry , Faculty of Medicine , University of Malaya di Malaysia, Kamaruddin (1997) , menyebutkan: “bahwa di dalam madu terkandung zat anti mikrobial, yang dapat menghambat penyakit.”

Manfaat Kandungan Zat Antikanker, Antioksidant & Tonikum Terbaik JANTUNG Dalam MADU

Kandungan bio-flavonoids yang terdapat di dalam madu serta zat-zat jenis antioksidan dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada madu ini dapat mencegah radikal bebas, maka wajar orang yang rutin mengkonsumsi madu terlihat lebih awet muda. Kemudian kandungan karsinogen pada madu murni asli lebah juga dapat mencegah beragam penyakit tumor.

National Honey Board-2005 mengungkapkan hasil penelitian yang menujukan madu kaya akan kandungan antioksidan. Ahli dari Illinois yang meneliti 19 sampel madu dari 14 sumber tumbuhan semakin menguatkan jika tiap jenis madu memiliki efek antioksidan berbeda-beda. Efek antioksidan madu dapat digunakan untuk melawan radikal bebas dari lingkungan seperti; asap rokok, kendaraan bermotor dan polusi lainnya.

Dengan mengkonsumsi madu 1,5 gram madu/ kg berat badan atau sekitar 4-10 sendok makan madu selama satu bulan dapat membuat kadar antioksidan di dalam tubuh meningkat. Meskupun kadar antioksidan masih tidak dapat dapat menandingi kadar antioksidan pada buah dan sayur, tetapi penggunaan madu tetap memberi akibat antioksidan yang baik.

Kandungan Madu Sebagai Obat Luka

Kandungan propolis ( antibiotik alami lebah ), beberapa vitamin dan mineral serta enzim-enzim alami lebah yang masih sangat aktif terutama pada madu yang masih segar dapat memiliki manfaat merangsang tumbuhnya jaringan baru sehingga madu mentah dapat di fungsikan untuk mengobati luka bakar ( madu mentah asli dapat mengurangi jumlah jaringan parut sehingga luka bakar lebih cepat sembuh ).

Penelitian yang dimuat disebuah jurnal bedah tahun 1991 menunjukkan keunggulan madu dibandingkan salep silver sulfadiazin untuk luka bakar.

Madu juga telah di teliti untuk luka infeksi dan sulit sembuh, seperti luka gangren diabetik ( luka yang terjadi pada penderita diabetes melitus ). Luka gagngren biasanya bersifat kronis dan sukar sembuh tetapi dengan terapi madu terbukti mempermudah kesembuhan dan dari penelitian 143 luka gangren hanya 1 yang gagal tidak sembuh. Asam glukonat dan asam organik yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi sel kulit, mengurangi keriput, garis penuaan, menyeimbangkan kandungan minyak pada kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit. Makanya madu asli sangat bagus untuk kecantikan kulit.

Kandungan Dalam Madu Dapat Meredakan Cemas

Madu juga dapat  meredakan  rasa  cemas untuk yang mengkonsumsi madu. Madu murni asli lebah jika dicampur di dalam teh atau diminum secara langsung tidak menghilangkan manfaat madu tersebut asal air teh yang digunakan bukan dari air mendidih ( karena di khawatirkan air panas akan merusak enzim-enzim alami lebah dan mengurangi khasiat madu ). 

Madu cukup dikenal ampuh meredakan rasa cemas. Madu juga bisa di konsumsi setelah dicampur bersama jahe dan air lemon ( untuk mencegah masuk angin dan flu atau sekedar menyegarkan tubuh dan kombinasi cara meminum madu ).

Apabila anda mengalami sulit tidur ( insomnia ) madu juga dapat mengatasinya. Sulit tidur tentu bisa memperburuk kesehatan tubuh, maka makanlah madu jika anda menderita insomnia ( sulit tidur ) sebagai terapi alami. Sebab sensasi rasa madu sifatnya mampu menurunkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rilek ( santai ) .

Ibnu Sina ( bapak kedokteran islam dunia ) menyatakan, jika madu dalam dosis kecil dapat mengatasi kurang tidur tetapi dosis besar dapat membuat sulit tidur dan tubuh akan aktif terus-menerus. Selain efek menidurkan madu juga dapat mengurangi sakit kepala, tubuh menjadi lebih kuat, tidak gelisah serta tenang.

Produk Madu Mentah Pilihan Terbaik

Demikian penjelasan singkat oleh RumahMaduJogja.Com tentang fungsi kandungan madu murni mentah asli lebah. Semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan anda. Terima kasih telah.


Daftar Pustaka :
  • Hamad, Said. Terapi Madu, Depok : Pustaka Iman,2007.
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Suranto, Adji, dr, SPA,.Khasiat dan Manfaat Madu Herbal, Jakarta : Agromedia Pustaka,2004.
  • Suriawira,U.,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000
  • Winarno, F.G. Madu, Teknologi, Khasiat, dan Analisa, Jakarta : Ghalia Indonesia ,1982

Artikel Terkait :

Related posts