Fakta Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Fakta Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Baguskah Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil dan Janin ?

Manfaat madu untuk kesehatan setidaknya terdapat lebih dari 30 manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.  Khasiat Madu lainnya yang mungkin sudah diketahui banyak orang yakni sebagai pemanis alami untuk minuman ataupun bahan makanan lainnya. Manfaat madu untuk kesehatan begitu banyak dan sangat beragam. Salah satu manfaat madu yakni bisa menambah stamina tubuh kita. Jadi memang tidak mengherankan kalau banyak sekali iklan makanan dan minuman sehat penambah stamina di televisi, majalah, radio, media online selalu mengandung dan menempatkan madu walaupun dengan kadar yang sedikit

Bolehkah madu untuk ibu hamil ? Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi madu tiap hari? Amankah ibu hamil muda makan madu? Fungsi guna madu untuk kehamilan? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan selain melalui forum tanya-jawab online ...

Bolehkah Madu Untuk Ibu Hamil ?

Jawab: Boleh. Madu dapat diminum oleh ibu hamil baik hamil muda atau hamil tua. Dari zaman dulu, madu sudah dimanfaatkan baik bagi Ibu hamil maupun Ibu menyusui. Bahkan, di Negeri China sendiri madu dimanfaatkan untuk mempermudah kelahiran sang bayi. Para ahli di negeri China sendiri menyatakan bahwa madu dapat mempermudah pembukaan pada jalan lahir bayi. Hal ini karena madu memiliki kandungan prostaglandin yang bisa mempercepat jalannya kontraksi rahim dan memudahkan melebarnya leher rahim. Tak hanya bagi kehamilan dan kelahiran, tetapi juga madu bermanfaat bagi Ibu menyusui.

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Madu Tiap Hari ?

Jawab: Boleh. Madu sudah sejak lama banyak dimanfaatkan oleh manusia karena di dalamnya mengandung nutrisi penting diantaranya adalah vitamin, thiamin, asam amino, glukosa, fruktosa, riboflavin, fruktosa, asam pantotenat, niasin dan kandungan mineral seperti kalium, magnesium, natrium, phospor, kalsium, mangan, sulfut, dan zat besi.

Disini ibu hamil baik hamil muda atau tua sangat boleh mengkonsumsi madu. Yang penting di dalam mengkonsumsi madu adalah tetap patuhi dosis/takaran minum madu karena madu juga ada efek sampingnya jika terlalu banyak minum madu dan lupa dosis karena rasa madu yang enak.

Amankah Ibu Hamil Muda Makan Madu ?

Ibu hamil muda tidak usah takut untuk makan madu, apalagi ibu hamil tua. Ada yang menghubungkan antara bahaya madu dan bayi dengan bahaya madu dan ibu hamil. Tetapi hal ini berbeda seperti yang dijelaskan dalam sebuah jurnal Canadian Family Physician menjelaskan sistem pencernaan orang dewasa terdapat bakteri yang dapat melindungi dari botulisme atau penyakit yang menyebabkan kekakuan pada otot setelah anak lahir dan berpotensi menyebabkan kematian. Namun toksin dari botulisme sendiri tidak akan sampai kepada plasenta. Jadi. ibu hamil muda tetap aman untuk makan madu.

Beberapa Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Madu ternyata madu juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Fakta bahwa masa kehamilan bisa membuat wanita rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, bagi para wanita, anda harus mengetahui manfaat madu untuk ibu hamil. Madu terbukti bisa menjaga kondisi ibu hamil termasuk si jabang bayi (calon anak/janin). Tetapi jika kamu masih sedang berencana untuk hamil dan ingin cepat hamil maka, terapi madu hamil dapat menjadi solusi alternatif alami.

Mengapa Ibu Hamil Minum Madu ?

Mungkin beberapa dari kamu bingung mengapa bisa demikian. Faktanya, fungsi kandungan madu banyak nutrisi seperti glukosa, fruktosa, asam pantotenat, riboflavin, asam amino, dan berbagai elemen lainnya yang berfungsi bagi ibu hamil dan tumbuh kembang janin mereka. Tidak heran jika dokter kandungan sering menyarankan ibu hamil untuk rutin mengonsumsi madu.

Selain itu, madu juga kaya akan mineral seperti natrium, zat besi, kalsium, magnesium, phosphor dan lain sebagainya. Dengan kata lain, madu adalah sumber energi dan vitamin bagi ibu selama masa kehamilan. Tapi ingat, anda harus tahu cara membedakan madu asli dan palsu untuk mendapatkan manfaat yang bagus dari madu ! Mengonsumsi madu palsu tidak akan memberikan manfaat yang diharapkan pada tubuh anda. Bagi beberapa orang, madu palsu malah bisa menimbulkan reaksi alergi. Oleh sebab itu, akan sangat berbahaya jika seorang ibu hamil mengonsumsi madu palsu.

Beberapa Manfaat Madu Asli Untuk Ibu Hamil Adalah:

  1. Menambah tenaga dan memberikan daya tahan selama kehamilan
  2. Madu dapat meningkatkan nafsu makan ibu hamil
  3. Memudahkan BAB bagi bumil
  4. Membantu janin dalam kandungan tumbuh normal dan sehat
  5. Menguatkan Janin
  6. Vitamin C yang terdapat pada madu, efektif untuk meningkatkan kecerahan dan daya tahan tubuh ibu hamil
  7. Madu membantu mengurangi rasa mual
  8. Mencegah terjadinya penyakit hepatitis B pada janin kelak
  9. Madu dapat mencegah ibu hamil terhindar dari berbagai penyakit selama kehamilan yang mungkin mengganggu janin.
  10. Madu memiliki nutrisi yang sangat kaya untuk kebutuhan ibu saat hamil

Demikian artikel Fakta Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil , semoga bermanfaat ...


Daftar Pustaka:

  • Aden R. (2010).Manfaat dan Khasiat Madu: Keajaiban Sang Arsitek Alam.Yogyakarta: Hanggar Kreator.
  • Elizabeth, 2008, Buku Pintar Kesehatan Kehamilan, Jakarta, Ladang Pustaka.
  • Irmayanti, 2007, Kebutuhan Gizi Ibu Hamil, Yogyakarta, Khasanah Ilmu-ilmu Terapan.
  • Purbaya,Rio,J,.“Mengenal dan Memanfaatkan Madu: Khasiat Madu Alami”, Bandung: Pionir Jaya, 2002
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Suriawira,U.,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000
  • hamil.co.id
  • forumibuhamil.com

Artikel Terkait :

Related posts