Efek Samping Makan Minum Madu Asli Lebah

efek samping makan minum madu asli lebah murni mentah

Efek Baik∼Buruk Konsumsi Madu Asli Lebah !

Madu sudah digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun lalu sebagai sebagai makanan dan juga alasan untuk obat. Dan madu jelas sudah tidak diragukan lagi nilai manfaat kandungan di dalam madu. Madu, meskipun umumnya dianggap aman untuk di konsumsi oleh orang dewasa yang sehat, tapi kekhawatiran adanya efek samping terlalu sering dan banyak makan madu tetap ada. Selain kekawatiran akan efek samping madu untuk bayi dan orang-orang dengan sistem imun yang lemah, madu adalah aman jika kamu konsumsi dengan benar.

Untuk memperoleh manfaat kesehatan dan pengobatan dari madu maka, dalam mengkonsumsi madu harus dengan menggunakan aturan dan janganlah sembarang dalam mengkonsumsinya. Maka, mengetahui cara minum madu yang benar sangat penting !

Mengapa begitu?? Jangan karena madu yang enak rasanya, terus kamu bisa makan sepuasnya dengan tanpa memperhatikan takaran makan/minum dan waktu konsumsi !! Akan tetapi harus memperhatikan pula dosis dan efek samping madu.

Jadi madu ada efek sampingnya ya ?? Kami jawab: Iya jelas semua itu pasti ada efek nya ....entah efek kesamping, efek kedepan...yang jelas semua baik makanan atau minuman , bahkan kebiasan-kebiasan kita semua akan berefek (memberikan akibat). Tetapi efek atau akibat makan madu ini ada yang baik dan ada yang buruk. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat memperoleh efek baik dari makan / minum madu asli lebah ini ? Berikut penjelasannya

Anjuran Dosis Mengkonsumsi Madu

Yang pertama harus kamu perhatikan agar memperoleh efek yang baik dari madu adalah dengan memperhatikan dan mengikuti dosis anjuran takaran makan/minum madu. Dan disini kami anggap kamu sudah tahu cara memilih madu yang bagus ya...

RainForest Madu Hutan Mentah Rasa Lembut Ringan

Takaran Minum Madu Dalam Sehari

Manfaat minum madu tiap hari memang baik. Tetapi, dalam waktu setiap harinya jika akan mengkonsumsi madu kita harus dengan aturan tertentu yaitu menyesuaikan dengan usia, berat badan, tinggi badan dan aktifitas fisik harian.

Untuk orang dewasa di anjurkan untuk minum madu setiap harinya adalah antara 100 gram sampai 200 gram. Minumlah madu 3 kali dalam sehari yaitu pada waktu pagi sebanyak 30 sampai 60 gr, kemudian pada waktu siang 40 sampai 80 gr, dilanjutkan pada waktu malam sebanyak 30 sampai 60 gr.

Sedangkan aturan minum madu untuk anak adalah mulai dari ¼ sampai ½ dari takaran minum madu untuk orang dewasa. Takaran madu untuk anak 1 tahun ke-atas juga sama dengan aturan dan dosis madu untuk anak-anak. Saran: Hindari/Jangan minum madu sekaligus !

Berapa Sendok Minum Madu Tiap Hari ?

Tetapi, anjuran dosis mengkonsumsi madu diatas, kadang-kadang dapat berubah yaitu ditambah/dikurang dan menyesuaikan jumlah kebutuhan asupan nutrisi kamu saat itu.

Hal ini juga seperti yang dikatakan oleh ~ Dr Ron Fessenden, MD, MPM, The Honey Revolution: "Makanlah madu 3-5 sendok makan madu perhari yaitu 2-3 sendok makan dipagi hari dan 2-3sendok madu di malam hari/sebelum tidur. Madu mengandung sekitar 60 kalori per sendok makan.

Umumnya, persentase dari total kebutuhan kalori orang 'yang tersedia dari gula sederhana harus tidak melebihi 10%. dengan demikian, 180 sampai 300 kalori sehari tersedia dari madu cukup, kecuali kebutuhan energi yang berlebihan memungkinkan untuk konsumsi tambahan. "

Cara Minum Madu Yang Betul

Menurut para ahli menyarankan tentang "cara minum madu yang benar" , sebaiknya dalam mengkonsumsi madu di campur dengan menggunakan air dingin/hangat dan jangan menggunakan air yang panas, karena mencampurnya dengan menggunakan air panas justru malah akan menghilangkan kandungan enzim yang ada di dalamnya dan membuat manfaat madu berkurang !

Dengan mencampur menggunakan air maka madu akan lebih mudah dicerna sampai ke peredaran darah, ke jaringan dan masuk dalam sel-sel tubuh kamu. Dan di anjurkan pula dalam terapi madu sebaiknya dengan rutin mengkonsumsinya selama 2 bulan berturut-turut.

Fakta Akibat/Efek Samping Minum Madu

Dalam penelitian para ahli mengatakan bahwa efek samping madu itu ada, akan tetapi efek samping dari madu hanya sedikit dan tidak terlalu fatal (membahayakan).

Efek samping madu yang terjadi biasanya pada orang normal (sehat) karena terlalu banyak makan madu adalah madu dapat menyebabkan gangguan perut (perut kembung, kram perut) dan diare. Hal ini sebabkan madu memiliki kandungan fluktosa yang sangat tinggi, sama kadarnya dengan buah pir dan apel.

Dengan tingginya fluktosa yang terkandung di dalam madu, pada sebagian jenis madu seperti madu randu, dapat mengakibatkan adanya gangguan dalam sistem pencernaan dan juga malabsorbsi fruktosa pada seseorang yang memiliki pencernaan yang sensitif. Akan tetapi bagi seseorang yang memiliki keluhan dalam susah buang air besar dengan mengkonsumsi madu justru akan menguntungkan, dikarenakan memiliki efek laksatif yang dapat melancarkan buang air besar.

Indonesia sendiri termasuk negara yang banyak menghasilkan madu hutan dan madu ternak. Jenis madu ternak sesuai nektar bunga rata-rata seperti madu randu salah satunya yang memiliki kandungan flukosa yang sangat tinggi dan memiliki rasa yang khas yaitu manis agak kecut. Sedangkan jenis madu kaliandra, madu klengkeng, dan madu rambutan, justru malah sebaliknya yaitu kandungan glukosanya lebih besar dari pada flukosanya.

Agar Aman dan Sehat Dalam Konsumsi Madu

Di Negara Amerika (USA) ada satu kasus yang menyebabkan bayi terkena penyakit botulisme karena bayi tersebut diberikan madu. Namun pada penelitian di Inggris, tidak menemukan bukti yang kuat bahwa jika bayi diberikan madu akan menderita penyakit botulisme.

Namun menurut Riches, menganjurkan agar memberikan peringatan pada label madu bahwa bayi dibawah 1 tahun tidak boleh mengkonsumsi madu. Akan tetapi label tersebut masih menjadi perdebatan hangat. Bayi yang masih berumur dibawah 1 tahun memanglah belum memerlukan madu karena masih mendapatkan ASI dari sang ibu.

Jadi janganlah memberikan madu pada balita dibawah 1 tahun agar terhindar dari efek samping madu yang "berbahaya". Namun disarankan pada balita yang sudah berumur 2 tahun keatas untuk mengkonsumsi madu, karena pada umur tersebut sudah tidak mendapatkan asupan ASI dari sang ibu.

Informasi tambahan juga agar kamu lebih berhati-hati dalam memilih madu, karena tidak semua jenis madu aman untuk dikonsumsi. Ada juga madu yang mengandung zat-zat yang bersifat racun. Seperti madu yang berasal dari tumbuhan yang bernama rhododendron panticum, madu ini mengandung andromedotoksin yang bisa meracuni manusia. Tetapi, tumbuhan itu ditemukan di eropa.

Cara terbaik agar aman dalam konsumsi madu dan memperoleh manfaat kesehatan adalah:

  1. Pilih madu mentah murni asli lebah dengan kualitas terbaik dan terpercaya
  2. Perhatikan dosis dan waktu konsumsi, kemudian ikuti anjuran itu dengan baik dan benar.
Produk Madu Mentah Pilihan Terbaik

Demikian fakta penjelasan efek samping makan minum madu, semoga berguna dan terima kasih.


Daftar Pustaka:

  • Ihsan, Abdul Aziz. (2011).Terapi Madu: Hidup Sehat Ala Rasul.Yogyakarta: Javalitera
  • http://www.livestrong.com
  • http://www.medicalnewstoday.com
  • http://doanihoney.weebly.com
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Suriawira,U.,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000

Artikel Terkait :

Related posts