Ciri Madu Hutan Asli

ciri madu hutan asli

Ketika Kamu akan membeli madu hutan pasti kamu akan mencari tahu terlebih dahulu sebelum membelinya tentang ciri madu hutan asli. Mengapa demikian? Karena kamu sedang mencari madu hutan maka dapat disimpulkan pula bahwa kamu juga adalah pembeli yang cerdas dan mementingkan kesehatan pastinya. Dan Kamu pasti juga tidak ingin salah di dalam memilih madu hutan yang sedang atau mau kamu beli tersebut.

Bagaimana jika Kamu salah pilih dan beli madu hutan yang tidak sesuai dengan apa yang Kamu butuhkan, disebabkan kamu tidak / belum mengetahui ciri-ciri madu hutan asli! Tentunya hal itu akan merugikan Kamu sebagai pembeli.

Sebenarnya, madu hutan asli itu ada 2 macam kelompok di Indonesia yaitu: Kelompok pertama adalah madu hutan mentah asli dan yang kedua adalah madu hutan pasteurized/condenced (bukan mentah) asli. Bagaimana perbedaan madu mentah dengan madu olahan (pasteurized/condenced) bisa Kamu baca di artikel Kami sebelumnya.

Ciri Rasa Madu Hutan Asli

Kembali lagi ke “ciri madu hutan asli”, madu hutan yang asli dapat dikenali ciri-cirinya dari rasa madu hutan asli tersebut. Satu hal yang harus Anda tahu tentang ciri dari rasa madu hutan yang asli adalah tidak akan selalu sama 100% baik itu madu hutan yang masih mentah atau madu hutan yang sudah dimasak (condenced,pasteurisasi).

Mengapa demikian? Karena rata-rata madu hutan bersumber dari nektar bunga yang beranekaragam (multiflora) sehingga madu hutan itu jadi lebih “kaya rasa”. Dan sangat jarang ditemui madu hutan dari sumber bunga monoflora (meskipun ada tapi jumlahnya sangat jarang dan sedikit). Meskipun sekiranya ditemukan madu hutan dari bunga monoflora tapi tetap tidak akan 100% sama rasa madu hutan karena pula jumlah persentase rata-rata bunganya juga tidak benar-benar sama.

Kecuali pada madu hutan yang telah distandarkan dengan memberikan perasa makanan tambahan agar rasa dapat selalu sama, meskipun madu itu tetap asli dari lebah hutan (Apis dorsata). → Jika Kamu ingin merasakan sensasi dari madu hutan asli maka, pilihlah madu hutan mentah (raw honey). Tetapi, jangan kaget dengan rasa yang TIDAK SELALU SAMA !

Ciri Aroma (Bau) Madu Hutan Asli

Aroma atau bau pada makanan dan minuman sering kali dapat membangkitkan atau menurunkan selera makan/minum seseorang tersebut. Memang kegemaran (selera) tiap-tiap orang dapat berbeda-beda untuka masalah aroma/bau.

Kemudian bagaimana ciri yang bisa Kamu ketahui dari aroma (bau) madu hutan asli? Aroma (bau) pada madu hutan asli kebanyakan selalu berubah-ubah pula. Tapi satu hal yang pasti dan harus Kamu tahu, aroma pada madu hutan asli ini tetap segar (alami) terutama pada madu hutan mentah. Aroma pada madu hutan mentah asli cenderung lebih kuat dan jelas.

Madu hutan  mentah memiliki aroma yang tidak membuat pusing seperti halnya ketika mencium aroma (wewangian) sintetis/buatan. Aroma khas bunga-bunga hutan pada madu hutan asli ini juga tidak akan hilang meskipun madu hutan tersebut telah disimpan dalam waktu yang sangat lama sejak dipanen. Bagaimana menarik bukan?

Ciri Warna Madu Hutan Asli

Warna pada makanan atau minuman dapat menjadi sumber penarik perhatian tersendiri. Warna pada madu hutan asli ini juga demikian. Pada madu hutan asli alami maka, memiliki warna yang beranekaragam pula. Anda akan memiliki warna-warni yang kaya dan unik. Warna madu hutan asli ada yang putih kekuningan, krem, coklat muda, kuning muda, warna emas terang, warna emas gelap, warna coklat tua, hitam terang dan hitam gelap ….

Warna-warni yang terjadi pada madu hutan asli ini adalah hal yang biasa jika Kamu adalah penggemar madu.

Ciri Tekstur Madu Hutan Asli

Kemudian yang terakhir tentang ciri madu hutan asli adalah tektur madu hutan tersebut. Tekstur ini erat kaitannya dengan jumlah kandungan air alami madu hutan tersebut dan jumlah partikel terlarut di dalam madu hutan tersebut seperti pollen, royal jelly, propolis.

Madu hutan yang dipanen dengan proses tiris umumnya memiliki tektur yang lebih kental dan keruh karena partikel terlatut yaitu pollen dan lilin lebah ikut masuk dalam madu tersebut (tidak ikut tersaring dan terbuang). Hal ini bebeda dengan madu saring (micro filtered) dimana tampilan dan tektur lebih bersih dan jernih serta nampak tidak terlalu kental dari pada madu hutan tiris.

Artikel Terkait :

Related posts