Ciri-Ciri Madu Murni Mentah Asli Lebah

PENTINGNYA MENGETAHUI 7 CIRI-CIRI MADU MURNI MENTAH ASLI LEBAH UNTUK MENCEGAH SALAH PILIH "MADU"

Pengenalan Ciri-ciri Madu Murni Mentah Asli Lebah

Ciri-ciri madu murni mentah asli lebah adalah semua hal-hal yang menunjukkan atau menjadi tanda-tanda (indikasi/petunjuk) umum dan khusus kepada madu, dimana hal-hal/tanda-tanda tersebut melekat dan ada pada madu yang murni mentah asli lebah.

Ciri-Ciri Madu Murni Mentah Asli Lebah

Dengan mengetahui tentang ciri-ciri madu murni mentah asli lebah tersebut, Maka diharapkan akan dapat mencegah terjadinya salah memilih atau salah di dalam membeli madu. Karena banyak juga pembeli dan pelanggan setia madu asli lebah yang tidak mengetahui ciri-ciri madu murni mentah asli lebah.

Mengandalkan kemampuan dan pengetahuan sendiri akan lebih baik dari pada hanya menjadi pengikut dan asal menurut pada perkataan penjual madu.

Dengan mengetahui ciri-ciri madu murni mentah asli lebah ini maka dapat juga sebagai bahan acuan/timbangan anda untuk mengenali dan memahami bahwa madu yang akan anda beli/pilih adalah madu murni mentah asli lebah.

Selain itu ada pula hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui pula, yaitu tentang cara menguji/mengetes suatu madu asli atau palsu, murni atau campuran. Anda bisa membaca artikel Kami yang lain dengan mengklik link dibawah ini:

Baca Juga: Cara Tes Ketahui Madu Murni Mentah Asli Lebah

7 Ciri-Ciri Madu Murni Mentah Asli Lebah

1. Kekentalan ( viskositas ) Madu Asli

Kekentalan Viskositas Madu AsliKekentalan yang terdapat pada madu asli lebah madu yang masih murni dan alami tentu saja tidak akan selalu sama. Kekentalan pada madu asli lebah hutan atau lebah ternak berkaitan dengan tempat sarang lebah berada ( letak habitat lebah madu ) yang akan mempengaruhi jumlah kadar air alami dalam madu tersebut. Kekentalan madu juga dipengaruhi oleh cuaca dan geografis habitat lebah dan sarang lebah.

Meskipun madu berasal dari satu pulau seperti : sumatera contohnya maka, kekentalan dan jumlah kadar air akan berbeda-beda kecuali jika madu tersebut telah di standarkan secara pabrikan ( diolah dengan cara dikurangi kadar air madu tersebut ).

Kekentalan (kandungan kadari air alami di dalam madu) sebagai ciri-ciri madu murni mentah asli lebah adalah 18-24% (madu ternak jawa) dan 20-25% (madu hutan sumatra), 19%-23% (madu hutan sumbawa). Kekentalan (viskositas) madu hutan yang bagus adalah maksimal 22%

Baca Juga: Perbedaan Madu Mentah Dengan Madu Olahan

2. Kepadatan ( Densitas ) Madu Asli

Kepadatan Densitas Madu Asli Murni MentahKepadatan pada madu asli adalah satu satu ciri madu asli lebah madu dimana kepadatan madu asli ini memiliki sifat akan mengikuti gaya gravitasi bumi sesuai dengan berat jenis madu tersebut.

Madu asli yang disimpan dalam jangka waktu cukup lama maka zat-zat terlarut dalam madu tersebut akan memisah dengan pelarutnya dan akan membentuk lapisan-lapisan sesuai dengan berat jenis madu tersebut.

Maka, Ciri-ciri madu murni mentah asli lebah akan memiliki lapisan-lapisan pada madu asli yang telah disimpan dalam waktu lama. Madu mentah/non proses akan jelas terlihat bee pollen, royal jelly dan propolis akan memisah dan naik ke atas/permukaan madu murni mentah yang cukup lama di simpan.

Hal ini tidak akan terlihat pada madu yang telah mengalami proses penyaringan berulang-ulang untuk memisahkan propolis, bee pollen dan royal jelly sebagai bagian zat-zat terlarut alami pada madu.

Baca Juga: Membongkar Mitos Tentang Madu Mengkristal

3. Sifat Menarik Air ( Higroskopi ) Madu Asli

Sifat Menarik Air_Higroskopi Ciri Madu AsliCiri-ciri madu murni mentah asli lebah adalah bersifat menarik air (higroskopis).

Madu yang disimpan dan diletakkan diruangan yang lembab dengan wadah yang tidak tertutup dengan rapat maka kekentalan dan kandungan air madu akan berubah atau lebih cepat berubah karena madu memiliki sifat mudah dan dapat menyerap air di sekitar madu tersebut.

Sifat higroskopis madu asli ini juga sering digunakan dalam dunia medis untuk mengompres luka, borok terutama pada penderita diabetes melitus. Ciri madu asli lebah yaitu memiliki sifat higroskopi (menarik air).

4. Tegangan Permukaan

Ciri Madu Asli_Tegangan Permukaan Rendah Jadi Mudah BerbusaCiri-ciri madu murni mentah asli lebah memiliki tegangan permukaan rendah sehingga madu mentah mudah bereaksi dan mengeluarkan busa ketika digoncangkan/dikocok.

Busa yang muncul pada madu asli adalah ciri madu asli karena sifat tegangan permukaan madu yang rendah dan kekentalan yang tinggi ( kadar air rendah ).

Hal ini bebeda dengan busa yang muncul pada madu yang telah terjadi fermentasi ( madu rusak ) karena pada madu yang terfermrntasi kekentalan madu rendah ( madu encer ).

Aroma madu muda (belum siap panen) juga berubah/bau harum bunga-bunga yang khasi jadi menghilang dan rasa fermentasi ini menjadi sangat asam seperti air tape.

5.Suhu Dan Termperatur

Sesuai dengan nilai derajat pengkristalan pada madu maka, madu memiliki ciri-ciri yang lambat dalam menyerap suhu lingkungan. Ciri-ciri madu murni mentah asli lebah adalah mudah menghantarkan panas sehingga madu asli lebah akan mudah kelebihan panas apalagi ketika dipanasi dengan api maka, madu asli akan sangat cepat mendidih kemudian meluber.

Anda dapat mengujinya dengan menuangkan madu pada satu sendok makan stainless stell kemudian bakar dan panasi dengan api. Madu asli yang baru saja dipanasi juga memiliki ciri tidak sama dengan gula yang dipanasi.

6. Warna Madu Asli

Ciri Warna Madu Asli BeranekaragamCiri-ciri madu murni mentah asli lebah memiliki warna yang beranekaragam sesuai sumber asal madu dan tempat lebah madu mendapatkan makanannya ( nektar ).

Warna madu tidak akan selalu sama persis bahkan untuk madu hutan yang diperoleh dari satu pulau dan diambil dalam waktu yang sama.

Untuk madu yang masih baru saja di panen dari sarang lebah-nya maka, warna madu tersebut akan cenderung berubah-rubah dan tidak stabil. Apalagi jika anda mengocok-kocok madu mentah tersebut. Untuk mendapatkan dan mengetahui warna asli/asal madu maka anda dapat mendiamkan madu untuk beberapa minggu/bulan.

7. Aroma dan Rasa Madu Asli

Ciri-ciri madu murni mentah asli lebah memiliki aroma dan rasa yang bervariasi, spesifik dan unik. Aroma dan rasa madu asli akan berubah-ubah dalam artian tidak dapat dipastikan meskipun tempat dan asal lebahnya sama. Aroma dan rasa madu asli yang mentah akan lebih jelas lagi perbedaanya dengan madu palsu atau tiruan.

Baca Juga: Fakta Rasa Madu Asli Lebah Sesuai Seleramu

Aroma madu hutan murni mentah ada yang berbau tajam dan keras dan ada yang lembut. Demikian juga dengan rasa madu murni mentah ada yang manis sekali, manis asam dan manis pahit.

Demikian artikel dari RumahMaduJogja dengan judul "Ciri-Ciri Madu Murni Mentah Asli Lebah

Semoga dapat dipahami dengan benar, indah, baik. Jangan lupa berbagi kebaikan dengan yang lain ya !!! Karena hanya orang yang baik yang membagikan yang baik-baik... Cukup dengan membagi-bagikan artikel ini Anda terbukti baik :) . Itupun jika egoisme Anda rendah!

Terima kasih.

Apabila Anda Mencari Madu Yang Sama Dengan "7 Ciri-Ciri Madu Murni Mentah Asli Lebah"  Di Atas, Maka Kamu Bisa MemilihnyaDISINI

 


Daftar Pustaka :
  • asun, Sadyi,M,.Jeli Memilih Madu, Penerbit: Adicita Karya Nusa,2005.
  • Purbaya,Rio,J,.“Mengenal dan Memanfaatkan Madu: Khasiat Madu Alami”, Bandung: Pionir Jaya, 2002
  • Rakhmad R., Basuki, “Madu dan Khasiatnya: Panduan Kesehatan dan Pengobatan untuk Pribadi dan Rumah Tangga”, Yogyakarta:1998
  • Sarwono,B., Lebah Madu, Jakarta: Agro Media Pustaka,2001.
  • Suranto, Adji,dr, SPA,. Terapi Madu, Jakarta: Penebar Swadaya,2007.
  • Suranto, Adji, dr, SPA,.Khasiat dan Manfaat Madu Herbal, Jakarta : Agromedia Pustaka,2004.
  • Suriawira,U.,Madu untuk Kesehatan,Kebugaran dan Kecantikan, Jakarta : Papar Sinar Sinanti,2000
  • Winarno,F.G, Madu,Teknologi, Khasiat dan Analisa, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1982.

Artikel Terkait :

Related posts