Cara Simpan Madu Asli Lebah

Pentingnya Mengetahui Cara Simpan Madu Asli Lebah

Cara Menyimpan Madu Yang Baik Dan Benar

Madu baik madu asli lebah hutan (Apis dorsata) atau madu asli lebah ternak (Apis cerana,Apis meliferra,Apis trigona) memiliki fungsi kandungan madu yang berbeda-beda sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi kandungan madu tersebut.

Dan untuk menjaga agar fungsi kandungan madu dapat tetap terjaga dengan baik sehingga dapat di ambil manfaat madu dengan optimal bahkan maksimal maka, cara simpan madu asli lebah adalah suatu hal yang harus di ketahui oleh orang yang ingin mengambil manfaat madu itu.

Kesalahan atau tidak tepatnya  cara menyimpan madu asli lebah akan dapat merubah komposisi di dalam madu. Banyak faktor yang mempengaruhi perubahaan madu asli lebah terutama madu murni mentah asli lebah. Madu mentah dengan madu olahan memiliki perbedaan komposisi maka, cara untuk menyimpan madu asli lebah tersebut juga dapat berbeda secara khusus untuk menjaga fungsi kandungan madu tetap bekerja sebagai mana mestinya.

Cara Menyimpan Madu Asli Lebah Yang Baik, Benar, Aman

Cara simpan madu asli lebah yang baik hendaknya diketahui oleh para konsumen madu, peternak madu, petani madu, produsen madu, penjual madu dan semua orang yang menyisihkan/menyediakan/menaruh madu uuntuk waktu tertentu.

Dengan mengetahui cara menyimpan madu maka, anda dapat mencegah madu yang anda konsumsi menjadi cepat rusak atau menurun kualitasnya. Cara kita menaruh madu akan mempengaruhi kadar air madu, kesegaran madu, aroma/bau madu, rasa madu, warna madu.

Sebenarnya lebah madu juga telah mengajarkan kepada kita (manusia) jika kita memperhatikan bagaimana lebah madu menyimpan madu dalam sarang mereka. Dengan mengambil pelajaran cara lebah menyimpan madu maka. kita juga akan menjaga kualitas dan manfaat madu itu sendiri.

Berdasarkan karakter madu dan teknik menyimpan madu oleh lebah maka, Kami memberikan tips praktis tentang 4 cara menyimpan madu yang terbaik.

Cara menyimpan madu asli lebah yang baik dan benar adalah :

1.Tutup Rapat Wadah Madu

Cara simpan madu asli lebah di dalam wadah (tempat/kemasan madu) yang terbaik adalah dengan cara tertutup rapat agar tidak bereaksi dengan lingkungan, dan menyerap uap air yang ada di udara karena sifat madu higroskopis ( mudah menyerap air ) .

Akibat jika wadah madu tidak rapat adalah akan membuat madu menjadi lebih encer dari pada sebelumnya. Selain kadar air madu menjadi naik, aroma dan rasa madu juga bisa berubah karena kemasan madu tidak rapat.

2.Gunakan Wadah Kaca/Plastik

Cara simpan madu asli lebah yang terbaik terkait dengan jenis kemasan madu itu sendiri adalah dengan menggunakan bahan kemasan/wadah dari bahan kaca. Sedangkan kemasan plastik yang kedap udara ( wadah kaca lebih baik ) adalah solusi alternatif saja . Jadi, jika Anda berencana menyimpan madu dalam waktu lama gunakan wadah kaca.

Mengapa kemasan kaca adalah wadah terbaik untuk menaruh madu? Karena bahan kaca itu sendiri yang bersifat netral dan lebih stabil dari pada bahan plastik dan logam.  Bahan kaca tidak mudah terurai ketika terkena panas dan lebih dapat memisahkan lingkungan dalam madu dengan luar madu sehingga rasa, warna, aroma, kandungan air, komposisi madu tetap terjaga kualitas serta manfaatnya.

Jangan menyimpan madu dalam wadah logam, karena akan terjadi reaksi kimia antara wadah logam dengan asam-asam oganik madu yang akan menghasilkan senyawa beracun. Hindari pula menggunakan sendok logam saat mengambil madu.

3.Hindarkan Madu Dari Sinar Matahari Langsung

Cara simpan madu asli lebah yang menggunakan kemasan kaca bening atau plastik tembus cahaya adalah hindarkan madu dari jangkauan sinar matahari langsung dan terus-menarus terkena sinar matahari.

Mengapa madu di jauhkan dari sinar matahari? Karena zat anti bakteri dalam madu akan rusak, dan juga zat besi dalam madu akan teroksidasi yang menyebabkan penurunan manfaat dan kualitas madu.

Selain itu untuk tetap mempertahankan manfaat sesungguhnya dari madu mentah maka, Jangan memanasi madu ( memasak madu ) dengan api dalam waktu lama dan suhu tinggi karena juga dapat merusak kandungan, komposisi alami madu sehingga manfaat, khasiat dan fungsi akan jauh berkurang .

4.Taruh Madu Di Suhu Ruang Sejuk Dan Dingin

Simpan madu dalam suhu ruang yang wajar ( ±25º C ~ 10º C ) dan hindari menyimpan madu di dalam kotak pendingin ( frezer ) karena kadang-kadang ada madu yang mudah mengkristal ( bukan membeku ).

Tetapi jika anda ingin menggunakan madu untuk waktu yang lama anda dapat menyimpan madu di dalam lemari es karena  hal ini dapat juga mencegah zat inhibene (anti bakteri alami madu) menjadi rusak karena suhu ruang yang panas. Untuk mecegah/mengantisipasi madu yang mengkristal karena disimpan di lemari es maka, pilihlah jenis madu yang tidak mudah mengkristal seperti madu randu dan madu akasia

Itulah artikel tip menyimpan madu terbaik agar manfaat madu, kualitas madu, rasa madu, aroma madu, kekentalan madu terkait kadar air tetap terjaga-stabil. —Semoga berguna.

Artikel Terkait :

Related posts