Cara Alami Capai Berat Badan Ideal Sehat

Cara Alami Capai Berat Badan Ideal Sehat Dengan Mudah Murah Cepat Aman

Berbagai Cara Alami Mencapai Berat Badan Ideal dan Sehat

Ada cukup banyak cara/metode untuk menuju berat badan yang ideal dan sehat, Tetapi tidak semua cara tersebut mudah, murah untuk diterapkan. Dan tentunya cara enak dan alami untuk mencapai  berat badan menjadi ideal dan sehat adalah yang lebih bagus karena rata-rata cara agar menjadi gemuk sehat yang di sarankan tidak enak meskipun alami. Cara menaikan berat badan yang murah dan mudah juga tidak kalah penting karena percuma juga jika caranya sudah alami dan enak dijalankan tetapi tidak terjangkau alias tidak murah (mahal). Kemudahan metode untuk menambah berat badan/masa otot kamu juga menjadi faktor pertimbangan juga.

"Tubuh yang gemuk atau kurus adalah pilihan, Tetapi berat badan yang ideal dan sehat adalah hal yang lebih penting untuk efektifitas dan efisiensi hidup. Karena hidup begitu singkat" (admin-RMJ)

Jika kamu menginginkan untuk mencapai berat badan ideal dan sehat yang alami serta, mudah dan murah di jalankan maka beberapa langkah-langakah untuk menaikan berat badan atau masa otot ini semoga dapat menjadi solusi / pilhan tepat kamu. Berikut 4 tips mudah dan cepat menggemukan badan secara alami dan sehat:

1.—Cek Kesehatan Kamu

tip ke-1 menaikan berat badan ideal_cek kesehatan

Mengecek kesehatan kamu, mengapa kamu menjadi terlalu kurus atau terlalu gemuk sangat penting. Mengapa hal ini akan menjadi sangat penting? Karena bisa jadi hal-hal yang mengakibatkan kamu kurus/berat badan di bawah rata-rata ideal/sehat adalah disebabkan adanya penyakit atau kelainan pada tubuh kamu.

Disana ada beberapa yang menyebabkan tubuh kamu tetap kurus/sangat sulit menambah berat badan kamu meskipun kamu sudah banyak makan/minuman bernutrisi tinggi dan rajin olahraga.

Saran kami untuk anda yang terlalu gemuk (obesitas) atau terlalu kurus maka segera lakukan cek up ke dokter, klinik atau rumah sakit dan jangan biarkan berat badan yang tidak normal menjadikan hidup Anda juga tidak normal.

Terkait dengan pembahasan di artikel ini, berat badanmu tidak ideal dan sehat karena terlalu kurus karena penyakit, Maka penyakit itu harus kamu obati dahulu di dokter khususnya. Penyakit tersebut seperti; Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau akibat adanya penyakit coeliac yang membuat tubuh kamu tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan. Gangguan makan seperti anoreksia nervosa juga dapat membuat kamu sulit menaikan berat badan.

2.—Konsumsi Makanan Tinggi Nutrisi

langkah ke2 capai berat badan ideal dengan konsumsi makanan tinggi nutrisi

Langkah ke-2 yang penting untuk menaikan berat badan kamu hingga ideal yaitu dengan makan/minum yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Pilihan asupan nutrisi yang tepat akan sangat membantu kamu untuk mencapai berat badan ideal. Tetapi agar berat badan kamu naik dengan mudah dan cepat maka harus di dukung dengan pola makan yang tepat juga. Jadi tidak hanya sekedar banyak makan/minum yang bernutrisi tinggi saja, Waktu dan cara konsumsi juga tidak kalah penting agar nutrisi yang masuk ke tubuh dapat diserap dengan optimal.

Contoh makanan yang bernutisi tinggi yang dapat menambah berat badan/masa otot adalah:

  1. Protein; makanan/minuman dengan kandungan protein tinggi sangat cepat dan efektif dalam menambah berat badan dan masa otot. Makanan dan minuman berprotein tinggi tersebut seperti; susu murni, yogurt, telur, ikan, daging, kacang almond, kacang hijau, tahu dan tempe,dll
  2. Karbohidrat: makanan/minuman dengan kandungan karbo ini selain dapat menambah berat badan kamu juga sebagai sumber energi dan menjaga suhu tubuh selain lemak. Makanan/minuman berkarbohidrat bagus seperti; nasi merah, madu, kentang.
  3. Lemak: makanan/minuman dengan kandungan lemak yang bagus adalah susu, daging merah, ikan, kacang almond, ikan.
  4. Multivitamin: terutama dapat kamu peroleh dari jenis buah-buahan dan sayuran
  5. Mineral: kandunagn air dan mineral penting untuk melancarkan metabolisme dan kerja organ tubuh. Kami bisa peroleh dari madu, sayuran dan buah-buahan.

Agar efektif dan efisien dalam menambah berat badan/masa otot maka, pilihan pola makan dan menu yang tepat sangat penting sebanding dengan aktifitas harian kamu. Contoh menu pola makan untuk menaikan berat badan seperti:

  • Makan pagi: pilih menu utama yang mengandung protein:karbohidrat/lemak dan multivitamin&mineral. Perbandingan ideal protein:karbohidrat/lemak:serat adalah 40%:30%:20%
  • Makan siang: pilih menu utama yang mengandung protein:karbohidrat/lemak dan multivitamin&mineral. Perbandingan ideal protein:karbohidrat/lemak:serat adalah 30%:30%:40%
  • Makan sore/malam:Makan siang: pilih menu utama yang mengandung protein:karbohidrat/lemak dan multivitamin&mineral. Perbandingan ideal protein:karbohidrat/lemak:serat adalah 50%:25%:25%

Perbandingan nutrisi tersebut dapat berubah sesuai kebutuhan dan aktifitas Anda.

3.—Olahraga Teratur

tips ke-3 capai berat badan ideal dengan olahraga teratur

Olahraga selain bagus untuk menjaga vutalitas, meningkatkan stamina, kebugaran bisa juga kita gunakan untuk menaikan berat badan dengan cepat.

Mengapa olahraga dapat meningkatkan berat badan dengan cepat?

Hal ini karena olahraga sendir dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga tubuh akan mendapatkan asupan kalori yang lebih banyak. Dengan olahraga secara tertaur maka, regenerasi sel (masa otot) akan diperbaiki kualitas dan kuantitasnya sebanding dengan aktifitas dan asupan nutrisi.

Yang penting cukupilah asaupan nutrisi kamu baik sebelum dan setelah berolahaga. Dan jangan berlebihan tentunya, baik olahraganya maupun asupan nutrisinya.

Contoh olahraga yang bagus untuk menambah berat badan adalah; aerobik, fitnes kemudian gerakan-gerakan ringan yang mudah dan murah seperti push-up, sit-up, scotjump juga membantu dan mempercepat menaikan masa otot kamu. Dan contoh untuk menjaga berat badan tetap ideal bahkan atletis adalah renang, bersepeda,dll.

Jadikan olahraga sebagai gaya hidup sehat Anda dan hobi dan jangan hanya sebagai rutinitas biasa saja.

4.—Resep Alami Penggemuk Badan

Strategi dan cara memperberat massa badan agar tidak kurus menuju ke gemuk ideal dan gemuk itu tidak harus selamanya dengan makan banyak (walaupun makan banyak menjadi salah satu faktor penting agar badan gemuk) cobalah dengan konsumsi madu. Ini solusi alami dan mudah serta murah.

Cara ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki tubuh yang kurus atau terlalu kurus. Setelah sobat pembaca website rumahmadujogja.com  yang setia mengambil 3 langkah diatas (cek kesehatan, konsumsi makanan bernutrisi tinggi dan olahraga teratur) tetapi, berat badan Anda belum bertambah pula/nambah tapi sangat sedikit maka, penjelasan cara menaikan berat badan dari DR. Oldfield berikut ini patut sobat terapkan. Karena DR. Oldfield adalah orang yang ahli dibidangkannya yang telah membantu banyak orang dengan metode ini.

Langkah Ke 4.—Resep Alami Penggemuk Badan (DR. Oldfield)

Bagi kalian yang mengalami masalah dengan berat badan yang kurus , cepat lelah dan kurang darah, juga berkaitan dengan pencernaan yang bermasalah ,kami sajikan tips sehat madu / resep madu dari DR. Oldfield berikut ini :

  • Siapkan satu gelas susu segar
  • Satu sendok makan madu
  • 2 potong roti kering
  • Mentega secukupnya

Campurkan satu gelas susu segar dengan satu sendok makan madu kemudian hangatkan dan jangan terlalu panas, minumlah dengan ditemani 2 potong roti kering tadi yang diolesi dengan mentega secukupnya.

Dr. Oldfield  berkata “Saya juga membuat resep untuk yang susah tidur, terutama untuk orang lanjut usia dan mulai menurun vitalitasnya serta mengalami lemah badan, saya sarankan minum satu sendok madu yang dilarutkan dalam air hangat."

Dalam RS Lady Margareth , Kami menggunakan Madu sebagai makanan paling baik untuk orang sakit dan mengembalikan vitalitas disamping menguatkan saraf saraf dan seluruh amggota badan.

Madu sendiri terkait dengan berat badan ideal (tidak terlalu gemuk/tidak terlalu kurus) adalah selain mampu sebagi sumber energi, mineral, vitamin ... juga sangat bagus untuk menjaga dan mencegah kegemukan. Jadi jika berat badan kamu telah ideal maka, jagalah kesehatan dan berat badan kamu dengan madu atau kombinasikan dengan madu herbal untuk manfaat lebihnya.

Itulah cara alami mencapai berat badan ideal dan sehat, semoga bermanfaat.


Daftar Pustaka:

  • Almatsier, Sunita. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
  • alodokter.com
  • Arisman, 2007, Gizi Dalam Daur Kehidupan, Jakarta, EKG
  • Depkes RI, 2006, Pedoman Umum Gizi Seimbang (Panduan Untuk Petugas), Jakarta, Departemen Kesehatan
  • Kartasapoetra. 2007. Ilmu Gizi. Penerbit Rineka Cipta : Jakarta.
  • Misnadiarly. 2007. Obesitas Sebagai Faktor Resiko Beberapa Penyakit. Pustaka Obor Populer : Jakarta.

Artikel Terkait :

Related posts