Bentuk-Bentuk Madu Mentah

Madu Sisir Sarang_Madu Cair_Madu Krim Kristal_RumahMaduJogja

Berbagai Bentuk Madu Mentah (Raw Honey)

Bentuk-bentuk madu mentah beranekaragam. Madu mentah dapat ada dalam sejumlah bentuk fisik, dan memahami berbagai bentuk fisik madu mentah pasti (diharapkan barang kali) akan membantu Anda memilih bentuk yang lebih sesuai dari pada apa yang biasa dijual di supermarket, toko ecer, apotek, agen madu.

Ketika Anda ingin menggabungkan madu dengan bahan-bahan lain yang digunakan dalam resep/menu makanan Anda . Cobalah berbagai bentuk dan selera madu saat Anda memiliki kesempatan!

RainForest Madu Hutan Mentah Rasa Lembut Ringan

Inilah Bentuk-Bentuk Madu Mentah :

1. Sisir Madu (Madu Sarang)

Sisir madu (madu dalam sarang) sekarang lebih sulit untuk menemukan penjual/toko madu sarang /sisir madu, tapi kadang-kadang Anda dapat menemukan satu topeles madu cair yang ada beberapa potong sisir/sarang lebah madu yang telah ditambahkan. Sebelum penemuan proses pengemasan/produksi madu baru/modern, madu sebagian besar diproduksi / dikemas dalam bentuk madu sisir (madu sarang). Hari ini, sangat sedikit madu diproduksi / dikemas sebagai madu sisir.

Madu mentah dengan bentuk "Sisir Madu" (madu sarang) mentah adalah bagian madu murni yang diambil langsung dari sarang  lebah madu dimana sisir lilin dipotong-potong melintang kemudian dikemas dengan tanpa penanganan lebih lanjut sama sekali.

Ini adalah bentuk paling sederhana di mana madu mentah disajika yang lebah mengisi sel lilin segi enam berbentuk sisir dengan madu dan topi itu dengan lilin lebah. Anda dapat makan sisir madu seperti permen kenyal. Karena madu di sisir terasa dan dianggap murni, Tetapi madu yang disajikan dalam bentuk ini sering dengan label harga yang relatif lebih tinggi/mahal.

2. Madu Cair

Contoh Madu MentahUntuk madu cair Anda dapat dengan mudah menemukan madu ini di mana-mana.

Karena tampaknya, ini adalah bentuk paling umum dari madu di kebanyakan tempat, dan dengan demikian paling akrab bagi konsumen.

Jelas, madu cair dapat mentah atau dipasteurisasi. Telah disaring (di berbagai luasan tergantung pada pemasok / pengemas madu) untuk menghilangkan partikel halus, serbuk sari, dan gelembung udara setelah diekstrak dari sisir madu dengan gaya sentrifugal atau gravitasi.

Karena madu cair bercampur dengan mudah ke berbagai makanan serta penggunaannya yang lebih beragam menjadi alasan madu mentah kebanyakan berbentuk cair.

Bentuk madu mentah cair ini praktis digunakan sebagai sirup untuk pancake dan wafel dan dalam berbagai macam resep. Madu cair ini lebih nyaman dan praktis untuk dimakan, tetapi kebanyakan madu cair yang beredar dipasaran adalah madu proses baik pemanasan/pasteurisasi, pengeringan dan atau dengan penyaringan ultra.

Bahkan tidak sedikit yang sering beredar di pasaran adalah madu sintetis/madu tiruan yang belum banyak diketahui/dipahami konsumen madu ! Genjarnya promosi para "mafia madu" di pasar madu indonesia bahkan dunia internasional menjadikan madu tiruan/madu palsu ini lebih dikenal dan dicari...

3. Cream Madu

Madu mentah yang berbentuk "Krim Madu" adalah salah satu pilihan lain untuk Anda jika Kamu adalah satu dari orang-orang yang mengeluh bahwa madu berantakan untuk digunakan Maka, krim madu  yang juga dikenal sebagai madu kocok, madu berputar, madu pasir, atau madu fondant, akan menjadi alternatif yang sangat baik untuk selain madu sisir dan madu cair. Krim madu tidak menetes seperti madu cair, memiliki konsistensi halus dan dapat menyebar seperti mentega.

Pada proses pembentukan madu krim ini memiliki satu bagian halus pasir madu yang terdapat pada  beberapa bagian madu cair. Madu tersebut kemudian ditempatkan dalam penyimpanan yang dingin untuk mempercepat proses granulasi  dan menghasilkan struktur kristal kecil yang menghasilkan tekstur krim halus.

Maka disebut krim madu/madu kristal. Karena banyak varietas bunga madu mentah yang dapat mengkristal dengan cepat dan muncul sebagai kristal gula kasar, banyak pemasok mengatasi masalah ini dengan creaming madu mereka.

Jadi tidak semua madu mengkristal (bukan membeku) / mudah mengkristal dan hal ini dipengaruhi oleh sumber asal nektar madu tersebut. Madu yang dapat mengkristal tidak berarti madu palsu/tiruan !

Selama creaming, proses kristalisasi yang tepat dikontrol juga untuk mencerahkan warna madu, tapi tidak mempengaruhi rasa dan kebaikan nutrisi sama sekali madu krimer ini. Misalnya, krim premium lavender madu dari selatan Perancis yang berwarna putih dalam toples, namun bagi mereka yang tinggal di negara-negara iklim yang lebih hangat, Anda mungkin mungkin telah memperhatikan bahwa madu krim yang sama yang dibeli dari supermarket muncul dengan tampilan warna lebih gelap dan menjadi runnier ketika ditempatkan di suhu kamar dari waktu ke waktu. Fenomena ini menunjukkan bahwa suhu hangat dapat membuat madu kembali ke keadaan cair aslinya. (by:BN)

Demikian sedikit penjelasan tentang “Bentuk-bentuk madu mentah” , Semoga bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi website rumahmadujogja .

Produk Madu Mentah Pilihan Terbaik

Artikel Terkait :

Related posts