Akibat Salah Pilih Kayu Manis Liver Terganggu

Akibat Salah Pilih Kayu Manis Liver Terganggu

Cassia Bukan Cinnamon (Perbedaan Tampilan)

Kayu Manis Bumbu Masak Banyak Manfaat

Untuk kalian yang biasa memasak di dapur tentunya sudah mengenali bumbu rempah kayu manis (Cinnamomum zeylanicum ). Kayumanis memiliki bau harum yang khas sehingga dapat menambah citarasa dalam masakan. Di beberapa situs kesehatan telah banyak mengulas tentang khasiat kayumanis bagi kesehatan. Karena manfaat luar biasa kayu manis ini menjadikannya sebagai superfood.

Para ilmuwan juga telah memberikan hasil penelitian kayu manis ini yang bermanfaat dapat menurunkan kadar gula darah, mengobati radang sendi, menurunkan kadar kolesterol buruk dan bahkan mencegeh Alzhemir !

Kayu Manis Yang Benar Untuk Kesehatan

Karena manfaat yang banyak rempah kayu manis ini sering digunakan. Tetapi tahukah Pembaca bahwa kayu manis yang biasa Anda pakai kebanyakan bukanlah kayumanis sebenarnya? Maksudnya? Dan akibat salah pilih kayu manis liver terganggu. Maka, pelajari bedanya !

Begini, yang biasa kita pakai memasak dan banyak dijual di pasar ataupun supermarket itu adalah Cinnamomum cassia atau Cinnamomum aromaticaum dan atau Cinnamomum burmannii.

Cassia juga disebut sebagai kayu manis Cina, kayu manis Saigon, kayu manis jawa dan cassia Padang. Jenis kayumanis ini aromanya lebih tajam dan tidak sewangi yang aslinya. Bentuknya tebal dan hanya terdiri dari satu lapis. Warnanya coklat tua kemerahan dan teksturnya keras, lebih susah untuk dipatahkan dan dihancurkan.

Sedangkan yang disebut dengan Kayumanis sesungguhnya adalah Cinnamomum zeylanicum dan Cinnamomum verum atau disebut juga kayumanis Ceylon. Jenis yang asli ini kebanyakanannya ditanam dan diproduksi di Sri Langka. Aromanya lebih harum dan halus serta warnanya coklat muda.

Terbuat dari lapisan batang kayu tanaman Cinnamon yang tipis yang digulung rapat kemudian dikeringkan. Karena tipis, mudah dipatahkan dan mudah juga dihancurkan. Jenis yang asli ini harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis cassia. Karena itulah berbagai produk makanan seperti roti dan sereal lebih menggunakan jenis Casia karena harganya yang jauh lebih murah.

Bahaya Kayu Manis Casia !

Dari sekian perbedaan antara jenis Casia Kayumanis dan Ceylon Kayu manis yang paling mendasar adalah pada kandungan coumarin pada cassia tinggi sekali mencapai 5% sedangkan ceylon hanya memiliki kadar coumarin rendah sekitar 0,4%. Yang menjadi berbahaya adalah Coumarin bersifat racun dan mengencerkan darah, hal ini juga dapat mempengaruhi kerja liver pada seseorang dengan konsumsi tinggi coumarin

Sementara itu, Jerman Federal Institute for Risk Assessment telah memperingatkan bahwa siapa pun yang secara teratur makan banyak cassia kayu manis - lebih dari dua gram (0,07 ons) per hari untuk orang dewasa 132-pon - bisa beresiko kerusakan hati.

Tentu saja hal ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana orang yang mendapatkan kayu manis mereka. Apakah mereka taburkan kayu manis secukupnya? Atau yang mereka makan terlalu banyak ?

Maka untuk pengobatan disarankan lebih baik menggunakan jenis Cinnamomum zeylanicum atau ceylon karena kadar coumarinnya yang rendah. Sedangkan untuk memasak bisa menggunakan ceylon atau cassia, hanya saja ceylon aromanya lebih ringan dari pada cassia.

Cassia kayu manis adalah salah satu yang lebih umum dipelajari untuk manfaat kesehatan; tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa Ceylon cinnamon yang lebih aman dalam dosis yang sangat tinggi dari cassia. (Meskipun kedua cassia dan Ceylon cinnamon dianggap oleh FDA untuk menjadi aman untuk konsumsi manusia, namun jumlah tertentu tidak disebutkan FDA.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry diuji kayu manis tersedia secara komersial di AS dan menemukan "sejumlah besar" dari coumarin di cassia kayu manis, tetapi hanya jumlah jejak coumarin di Ceylon kayu manis. Penelitian menemukan bahwa rata-rata, bubuk cassia kayu manis memiliki hingga 63 kali lebih coumarin dibandingkan dengan bubuk kayu manis Ceylon.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan banyak kayu manis, "Anda perlu menggunakan Ceylon karena akan menurunkan risiko kerusakan hati," Angela Ginn, juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan kepada The Wall Street Journal.

"Dari sudut pandang keamanan, Ceylon cinnamon lebih baik," kata Ikhlas A. Khan, asisten direktur untuk Pusat Nasional untuk Natural Products Penelitian di University of Mississippi Sekolah PHARMAC yang mendukung hal ini.

Artikel Terkait :

Related posts